Sunday, May 26, 2019
Home Apps Apple Umumkan WatchOS 3, Bertabur Fitur Baru

Apple Umumkan WatchOS 3, Bertabur Fitur Baru

-

Apple-WatchOS-3Jakarta, Selular.ID – Perhelatan tahunan Apple World Wide Developers Conference (WWDC) tengah bergulir. Salah satu pembaruan yang diumumkan adalah OS untuk jam tangan pintar, watchOS 3. Update ini terbilang sangat dibutuhkan untuk sistem operasi Apple Watch. Banyak fitur yang ditambahkan agar Watch lebih nyaman digunakan dan lebih bermanfaat dalam aktivitas sehari-hari.

Lebih Cepat
Salah satu keluhan utama pengguna Apple Watch adalah kenyataan bahwa reaksi arloji terhadap input pengguna tergolong lambat, hal yang sama yang dirasakan pengguna saat meluncurkan sebuah aplikasi. Maka, di antara update, Apple membuat peluncuran aplikasi dan reaksi Watch lebih cepat.

Hal itu dimungkinkan karena pada OS generasi ketiga, aplikasi favorit akan pre-loaded dalam memori jam. Pembaruan dan penyegaran aplikasi tetap diizinkan.

WatchOS 3 juga menyajikan dock aplikasi baru, yang akan menjadi rumah bagi aplikasi favorit agar memudahkan akses, daripada memaksa pengguna untuk men-tap sebuah aplikasi dari area mini yang penuh dengan ikon.

Memulai aktivitas kebugaran akan jauh lebih mudah dilakukan, langsung dari wajah baru, Activity Ring, dengan sebuah tombol yang akan langsung mengatur Watch untuk melacak pelatihan kebugaran apa yang akan dimulai.

Juga ada beberapa aplikasi baru, mirip di iPhone, seperti Reminders dan Find My Friends untuk menjaga kontak keluarga dan orang-orang dekat. Sebuah aplikasi baru Breathe hadir untuk memandu meditasi, dimana pengguna mengambil napas dalam-dalam dengan mesin TapTic.

SpeedMudah Reply
Sejak pertama, membalas pesan teks melalui Apple Watch memang dimungkinkan. Namun pengguna jarang menggunakannya karena mengeluarkan iPhone dari saku akan lebih mudah dilakukan. Maka dari itu, Apple berusaha untuk meningkatkan kegunaan Watch dalam hal messaging.

Pertama-tama, perusahaan menyingkirkan tahap di mana pengguna harus menekan tombol “Reply” untuk membalas teks dengan frase instan. Sekarang, cukup gulir ke bawah untuk membalas cepat. Selanjutnya, fitur baru bernama Scribble, memungkinkan pengguna untuk benar-benar mengetik sebuah teks balasan pada Watch. Sudah mendukung bahasa Inggris dan Cina saat peluncuran, fitur akan mengenali tangan yang menggambar huruf pada layar Watch dan menjahitnya menjadi kata-kata.

Screenshot-48Wajah baru
Apa arti sebuah update OS tanpa wajah baru? Maka Apple mengumumkan tiga watchface baru: Minnie Mouse, wajah “Numeral” yang indah dan minimalis yang mendukung font berbeda untuk opsi kustomisasi, dan Activity Ring, dibuat untuk pengguna yang berusaha menjaga kebugaran setiap hari.

Gesture baru juga akan memungkinkan pengguna untuk langsung beralih antar wajah. Menggeser layar dari tepi ke tepi akan mengaktifkan siklus tampilan Watch yang berbeda. Hal ini memungkinkan pengguna untuk beralih tampilan dengan cepat, tergantung pada situasi dan aktivitas mereka.

Antarmuka ramah
Selain gesture siklus wajah, pengguna juga mendapatkan dua gesture baru yang sangat penting. Seperti di iPhone, menggeser layar dari atas akan menampilkan pemberitahuan terbaru, sementara menggeser dari bawah akan menarik sebuah menu Control Center, yang merupakan lokasi toggle Watch berada: Do Not Disturb, Airplane Mode, volume, battery meter, lock, dan “Find Phone”.

Apple mengatakan banyak pengguna Watch yang terus menghindari Activity Ring sehari-hari. Padahal, selain mendapat ucapan selamat dari gadget di pergelangan tangan, Anda juga bisa mendapatkan dukungan sosial dengan sedikit kompetisi sebagai penyemangat terbaik untuk mempertahankan kebiasaan aktivitas sehat Anda. Jadi, dengan watchOS 3, pengguna akan dapat berbagi prestasi Activity Ring mereka untuk hari itu, mengirimkan sebuah tantangan ke teman-teman, atau bahkan berbagi penghitungan detak jantung pada akhir pelatihan.

Sebuah fitur SOS baru akan memungkinkan pengguna untuk langsung menghubungi pusat layanan darurat. Dengan menekan tombol samping Watch, menu Power Off akan muncul, dan di bawahnya, terdapat penghitung waktu mundur 3 detik. Setelah penghitung waktu mencapai angka 0, Watch akan menghubungi 911 dan panggilan dapat dilakukan melalui iPhone atau Watch itu sendiri.

Apple juga memaparkan tentang peningkatan aktivitas pelacakan untuk orang-orang yang berada di atas kursi roda. Masalahnya, pengguna dengan kebutuhan khusus ini kerap mengeluarkan energi lebih untuk mengayuh roda atau aktivitas lain yang berpusat di tangan. Sehingga perhitungan otot di pergelangan tangan mereka akan berbeda dengan pengguna biasa. Oleh karena itu, watchOS 3 sekarang memiliki fitur pelacakan baru mode aktivitas kursi roda, yang sudah dikembangkan untuk mencatat gerakan mereka dalam penghitungan dan melacak kalori serta tingkat kebugaran yang lebih akurat.

Screenshot-29Untuk pengembang
API baru juga akan tiba, membuka pintu bagi pengembang untuk menciptakan aplikasi yang lebih rumit untuk Apple Watch. Pembuat perangkat lunak sekarang akan memiliki akses ke latar belakang pelacakan kebugaran, digital ring, dan gerak tubuh touchscreen supaya mereka bisa membuat aplikasi yang jauh lebih menarik. Selain itu, pengembang sekarang akan dapat menanamkan audio dan video langsung ke antarmuka aplikasi watchOS mereka. Para pengguna pasti tidak sabar melihat bagaimana semua tools itu menghasilkan aplikasi Watch yang unik di masa mendatang.

WatchOS baru akan bergulir ke pengguna pada musim gugur, mungkin sekitar akhir September, jadwal yang sama untuk update iOS 10 tiba.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest