Thursday, September 19, 2019
Home Buyer's Guide Compare Smartphone Baterai Kapasitas Besar : Asus Zenfone Max vs Lenovo Vibe...

Compare Smartphone Baterai Kapasitas Besar : Asus Zenfone Max vs Lenovo Vibe P1 Turbo

-

asus vs lenovoJakarta, Selular.ID – Asus dan Lenovo, dua vendor smartphone ini bisa dikatakan sedang naik daun. Berbagai seri smartphone yang dikeluarkan laku keras di pasar. Hal itu membuat kedua vendor ini makin rajin mengeluarkan smartphone terbarunya dengan membawa berbagai fitur baru. Salah satunya fitur daya tahan baterai yang lebih lama berkat disokong kapasitas baterai yang besar. Asus dan Lenovo pun merilis seri smartphone dengan kemampuan ini. Yaitu  Asus Zenfone Max dan Lenovo Vibe P1 Turbo.

Selain kemampuan daya baterai yang tahan lama, ada berbagai fitur lain yang juga diunggulkan.Kali ini pun akan coba diadu kemampuan dan fitur kedua smartphone ini. Siapa yang unggul di antara keduanya ? Berikut perbandingannya :

 

4G Dual Sim

Hadir sebagai smartphone saat ini, baik Asus Zenfone Max dan Lenovo Vibe P1 Turbo sama-sama sudah mendukung akses 4G. Ini berarti keduanya bisa diandalkan untuk berinternet lebih cepat di jaringan 4G. kedua smartphone ini juga sudah menyediakan Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)

 

Dimensi

Soal ukuran bodi, Asus ZenFone Max terasa sedikit lebih besar, dengan ukuran 156 x 77.5 x 10.6 mm. Bodi ini terasa cukup tebal. Bobotnya pun lebih terasa, dengan berat  202 gram. ZenFone Max tersedia dalam dua pilihan warna, hitam dan putih. Pada bagian bodi belakang didesain dengan tekstur menyerupai kulit, namun sebenarnya berbahan plastik. Asus Zenfone Max tidak bersifat unibodi, alias casing belakangnya bisa dilepas. Serta slot SIM card yang juga ditempatkan di bagian dalam bodi. Namun meskipun casing belakang bisa dilepas, namun ternyata baterai di smartphone ini tidak bisa dicopot.

 

Untuk Lenovo Vibe P1 Turbo yang memiliki ukuran dimensi 152.9 x 75.6 x 9.9 mm, memang terasa sedikit lebih kecil. Bobotnya juga agak lebih ringan, dengan ukuran berat  189 gram. Bodi Lenovo Vibe P1 Turbo juga terasa cukup besar dan tebal. Penggunaan dengan satu tangan mungkin agak kesulitan bagi mereka yang memiliki jari yang kecil.

 

Lenovo Vibe P1 turbo menyematkan tombol home fisik di bodi depan bawah. Pada tombol home ini juga dijadikan sebagai sensor sidik jari. Juga ada tombol back dan recent berupa tombol sentuh yang dilengkapi dengan backlit yang terletak di samping kanan kiri tombol Home. Smartphone ini Memiliki konsep semi unibody. Hampir seluruh tubuh Lenovo Vibe P1 Turbo dibalut dengan material logam, kecuali strip plastik di bagian atas untuk menyembunyikan slot untuk kartu SIM dan microSD card.

 

Lenovo Vibe P1 turbo dilapisi dengan lapisan yang mulus bagian belakang, membuat ponsel mudah slip saat digenggam. Pada bagian sisi terdapatn tombol power dan volume di sebelah kanan, jack 3.5mm audio dan mikrofon sekunder di bagian atas, port Micro-USB dan lubang speaker terdapat dibagian bawah. Yang membedakan dengan smartphone lainnya adalah dengan adanya switch slider power-saver yang mengontrol mode hemat daya di sebelah kanan.

 

Layar
kedua smartphone ini  mengusung layar sentuh dengan ukuran dan spesifikasi ketajaman yang sama. Layar keduanya berukuran 5,5 inchi berteknologi IPS capacitive touchscreen, dan dengan ketajaman 16 juta warna  1080 x 1920 pixels (Full HD). Keduanya juga sudah mengadopsi sistem operasi Android OS, v5.0 (Lollipop).

 

Sedikit yang berbeda dari layar kedua smartphone ini yaitu versi dari lapisan layarnya. Asus Zenfone Max dilapisi Corning Gorilla Glass 4, sedangkan Lenovo Vibe P1 Turbo dilapisi Corning Gorilla Glass 3. Sedikit perbedaan lain tampak dari user interfacenya, tampilan user interface Android Lollipop di Asus Zenfone Max, sudah sedikit dimodifikasi dengan adanya Asus ZenUI

Android OS, v5.0 (Lollipop). Sedangkan Lenovo menyuntikkan user interface Lenovo Vibe UI sebagai modifikasi user interfacenya. Dengan adanya tambahan user interface ini, tampilan layar baik Asus Zenfone Max maupun Lenovo Vibe P1 Turbo tidak seperti android murni pada umumnya, karena telah dikustumisasi.

Selanjutnya >> 

[nextpage title=”next”]

Memori

Beralih ke soal kapasitas penyimpanan, Asus Zenfone Max menyediakan memori internal dengan dua pilihan kapasitas, yaitu 8/16 GB. Juga disediakan slot microSD yang mendukung hingga 64 GB. Sedangkan Lenovo Vibe P1 Turbo membawa memori internal berkapasitas 32 GB. Sebagai tambahan, juga disiapkan slot microSD yang mendukung hingga 128 GB.

 

Kamera

Baik Asus Zenfone Max maupun Lenovo Vibe P1 Turbo bisa dikatakan berimbang soal kekuatan fitur kameranya. Keduanya sama-sama membawa kamera utama (belakang) berresolusi 13 Mpix dan kamera depan (selfie) 5 Mpix. Kamera ini juga dilengkapi berbagai fitur pendukung (Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR, dual-LED (dual tone) flash). Termasuk kemampuan video recorder yang mencapai resolusi 1080p@30fps.

 

Sedikit perbedaan tampak pada aperture dan autofocus di lensa kamera kedua smartphone ini. Kamera 13 Mpix Asus Zenfone Max berkekuatan f/2.0 dengan fitur laser autofocus. Sedangkan Kamera 13 Mpix di Lenovo Vibe P1 Turbo memiliki aperture f/2.2 dengan fitur phase detection autofocus.

 

Fingerprint
Fitur ini menjadi keunggulan Lenovo Vibe P1 Turbo, karena Asus Zenfone Max ternyata tidak dilengkapi dengan fingerprint. Sensor sidik jari yang berada terintegrasi pada tombol home fisik, membuat pengguna dapat langsung membuka perangkat dari mode sleep. Sensor ini terbukti sangat mampu bekerja dengan baik. Dengan Sensor Synaptics, maka pengguna dapat menyimpan atau membaca sampai dua sidik jari.

 

Sayangnya sensor ini hanya dapat dipergunakan sebagai pembuka kunci perangkat saja tidak untuk fungsi lainnya. untuk melakukan pengaturan dan mendaftarkan sidik jari pada ponsel, Anda dapat melakukannya melalui menu settings>fingerprint. Pengguna akan disarankan untuk tetap menggunakan pattern, PIN atau password.

Selanjutnya >>

[nextpage title=”next”]

 

Prosesor

Soal kinerjanya, kedua smartphone ini disokong prosesor yang berbeda. Asus Zenfone Max mengusung prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53

GPU. Juga didukung  2 GB RAM. Ditambah prosesor grafis (GPU) Adreno 306.

 

Sedangkan prosesor yang dibawa Lenovo Vibe P1 Turbo berupa Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.1 GHz Cortex-A53. Plus dukungan 3 GB RAM dan GPU Adreno 405

 

Secara spesifikasi prosesor , Lenovo Vibe P1 Turbo memang lebih unggul. Namun secara umum kedua smartphone ini memiliki kinerja yang memuaskan. Kinerja handal ditunjukan saat pengujian, kebutuhan kinerja sehari-hari umum dapat dilakukan dengan baik, karena smartphone ini tidak mengalami lag dan crash.  Untuk pengujian dilakukan penggunaan standart sehari-hari browsing, chatting, steaming dan sesekali menerima telepon, hingga bermain game seberat Asphalt8:Airborne.

 

Baterai

Dan ternyata fitur kapasitas baterai besar yang diusung kedua smartphone ini, sama kuat. Karena keduanya sama-sama dibekali dengan baterai  Li-Po 5000 mAh. Perbedaannya hanya pada kemampuan tambahan yang dibawanya. Asus Zenfone Max, membawa fitur Power Bank function, di mana smartphone ini bisa juga difungsikan sebagai power bank. Sedangkan Lenovo Vibe P1 Turbo mengusung fitur Fast battery charging (Quick Charge 2.0), proses pengisian baterai yang lebih cepat, yaitu 60% dalam 30 menit.

 

Secara umum kemampuan daya tahan baterai kedua smartphone ini mampu bertahan hingga dua hari untuk pemakaian normal.  Setelah tersisa sekitar 5%, Anda dapat mengaktifkan fungsi dasar telepon dengan modus power saver sehingga dapat membantu ponsel tetap aktif.

 

Oiya, Lenovo Vibe P1 Turbo juga menyertakan fitur Slider power-saver. Dengan adannya fungsi slider power-saver, ponsel akan beralih dari antara konsumsi baterai normal dan mode hemat daya ekstrim. Ketika mode power-saver diaktifkan, ponsel akan mematikan semua konektivitas dan sebagian besar fungsi lainnya. Pengguna hanya diperkenankan melakukan fitur dasar, seperti panggilan, SMS, kontak, kalkulator, kalender, jam, dan radio.

 

Pada mode ini layar juga akan menampilkan perkiraan waktu yang tersisa penggunakan ponsel. Mode ini sangat berguna saat ponsel hanya memiliki sisa daya yang rendah. Sehingga pengguna masih dapat menggunakan fungsi dasar ponsel. Dengan penggunaan slider ini maka mampu memudahkan penggunakan untuk mengakses fitur ini tanpa harus melakukannya dari aplikasi atau fitur tertentu.

 

Dan ternyata pada paket penjualannya juga Lenovo menyediakan adaptor OTG yang memungkinkan pengguna agar Vibe P1 Turbo dapat dijadikan sebagai sebagai powerbank untuk mengisi daya bagi perangkat lain.

 

Harga

Nah.. bicara soal harga, kedua smartphone ini dijual dengan harga yang cukup berjauhan. Asus Zenfone Max dibanderol seharga berkisar Rp 2,4 juta. Sedangkan Lenovo Vibe P1 Turbo dijual di kisaran harga Rp 3,8 juta.

Latest