Friday, October 18, 2019
Home News Enterprise Arab Saudi Usung Teknologi LTE 3CA, Indonesia Menyusul

Arab Saudi Usung Teknologi LTE 3CA, Indonesia Menyusul

-

nokia-3caJakarta, Selular.ID – Nokia mengumumkan penggelaran teknologi 3CA (tiga komponen carrier aggregation) LTE-Advanced bersama salah satu operator di Arab Saudi, Zain. Teknologi 3CA akan memungkinkan Zain memberikan kecepatan data yang belum pernah ada sebelumnya yaitu sebesar 187,5 Mbps di seluruh jaringannya. Kabarnya, Smartfren segera mengusung teknologi serupa bersama vendor jaringan di tanah air dan dijadwalkan komersil pada kuartal ketiga tahun ini.

Carrier aggregation adalah sebuah tehnik yang banyak digunakan dalam standar-standar LTE-Advanced. Teknologi ini memungkinkan operator menyatukan pita-pita spektrum yang tidak berdampingan untuk menciptakan kanal-kanal yang lebih luas, yang menghasilkan kecepatan LTE lebih tinggi.

Implementasi dari tiga komponen carrier aggregation di pita FDD-LTE (FDD-LTE 3CC) merampungkan ujicoba jaringan komersial yang luas oleh Nokia dan Zain. Sebagai hasilnya, Zain akan dapat meningkatkan kecepatan data di pinggiran sel (dekat dengan sel-sel tetangga, di mana interferensi dan kehilangan sinyal dapat berdampak pada pengalaman pelanggan) memenuhi permintaan yang terus berubah dari para pelanggannya, dan pada gilirannya mendukung pertumbuhan bisnis dan basis konsumennya.

Konsumen Zain akan dapat menikmati kualitas pengalaman yang lebih diperkuat ketika mengunduh video HD atau berbagi gambar di acara-acara di mana kemacetan jaringan dapat terjadi akibat tingginya kebutuhan akan akses data.

Jaringan yang diluncurkan di distrik residensial dan bisnis papan atas di Jeddah, akan membawa kota terbesar kedua di Kerajaan Arab Saudi selangkah lebih maju menuju smart city.

Kecepatan lebih tinggi telah tersedia di beberapa area bertraffic tinggi di Jeddah, memungkinkan pengguna perangkat yang mampu menjalankan CAT 6 (Category 6) mendapatkan manfaat dari layanan-layanan data intensif yang telah tersedia maupun yang akan datang, seperti contohnya realitas virtual.

Latest