Monday, October 14, 2019
Home Apps Perpanjang SIM Kini Bisa Lewat Aplikasi Smartphone

Perpanjang SIM Kini Bisa Lewat Aplikasi Smartphone

-

simobo1

Jakarta, Selular.ID – Buat Anda yang malas untuk memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM), sekarang ada cara lebih mudah untuk melakukannya. Yaitu dengan menggunakan aplikasi mobile yang ada di smartphone. Anda tidak akan lagi direpotkan mengantri untuk pengurusan perpanjangan SIM.

 

Inilah cara yang disediakan oleh Kepolisain Daerah Jawa Barat, yaitu dengan menyediakan aplikasi smartphone bernama ‘Simobo’ atau singkatan dari SIM Mobile Order. Namun aplikasi ini baru tersedia untuk sistem operasi Android.

simobo

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Setelah selesai menginstall aplikasi ‘Simobo’, Anda akan diminta untuk melakukan registrasi, dengan memasukan Username, Nama dan Email. Setelah itu, Anda akan diminta mengisi Usernam dan Password untuk login ke dalam aplikasi ini.

 

Selanjutnya, Anda harus mengisi formulir sampai mendapatkan notifikasi untuk aktivasi melalui email atau SMS. Setelah aktif, pemilik smartphone diminta memilih tanggal kedatangan dan lokasi penerbitan SIM. Jika antrean masih terbuka, pengguna langsung mendapatkan nomor anteran melalui SMS maupun email.

Pada tanggal yang dipilih pengguna harus datang ke Satlantas dan melakukan pembayaran sesuai harga resmi di bank yang ditunjuk. Setelah semua syarat dipenuhi, pengguna wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan dan foto. Tak perlu menunggu lama, SIM sudah diterbitkan. Anda juga bisa memilih untuk melakukan perpanjangan SIM di SIM Keliling. Anda bisa mencari jadwal dan lokasi SIM Keliling yang terdekat melalui aplikasi ini.

poster-a3-revisi

Namun sayangnya, terkadang masih terjadi error di aplikasi ini. Hal ini kami rasakan sendiri. begitu juga ketika membaca komentar pada aplikasi Simobo yang ada di Google Play Store, banyak pengguna yang juga mengalami error.

Latest