Sunday, June 16, 2019
Home Headline Kolaborasi Telkomsel dan BTPN Ciptakan Layanan Keuangan Terhubung

Kolaborasi Telkomsel dan BTPN Ciptakan Layanan Keuangan Terhubung

-

image

Jakarta , Selular.ID – Utuk memepercepat inklusi keuangan, Telkomsel bersama Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) menghadirkan layanan keuangan terhubung TCash – BTPN Wow. Kerjasama tersebut dilakukan secara nasional melalui acara peresmian dan edukasi masyarakat di Desa Ciampea, Bogor, Jawa Barat (18/4/2016).

Layanan ini menghubungkan mobile money TCash serta rekening tabungan BTPN Wow! yang merupakan layanan perbankan dengan memanfaatkan telepon genggam, sehingga menjadikan TCASH – BTPN Wow! sebagai layanan keuangan terhubung pertama di Indonesia yang mengkombinasikan kekuatan produk dan jaringan telekomunikasi dengan produk dan jaringan perbankan.

Diharapkan melalui kerjasama ini akan memperluas layanan keuangan terhubung, sekaligus memberikan kemudahan bertransaksi dan menabung melalui telepon genggam, khususnya bagi masyarakat yang belum tersentuh layanan lembaga keuangan formal (unbanked segment).

Kerjasama ini juga menjadi komitmen Telkomsel dan BTPN untuk membantu pemerintah dalam Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) dan percepatan keuangan inklusif di Indonesia. Selain itu kemitraan yang lebih luas dari Telkomsel dan BTPN akan membuka akses masyarakat pada layanan keuangan lainnya seperti micro-loan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta produk asuransi.

Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel mengatakan bahwa kolaborasi antara Telkomsel TCASH dengan BTPN Wow! merupakan salah satu upaya Telkomsel dalam menciptakan ekosistem layanan keuangan mobile yang terintegrasi dengan tujuan untuk turut  mengakselerasi keuangan inklusif bagi masyarakat Indonesia.

“Dengan memanfaatkan sebaran pengguna layanan telepon seluler Telkomsel di penjuru Indonesia dapat mendorong penyediaan akses layanan keuangan, menggabungkan layanan uang elektronik dengan layanan laku pandai,” jelasnya.

Sebelum diluncurkan secara nasional, layanan keuangan terhubung TCash – BTPN Wow telah diuji coba sejak pertengahan bulan Maret 2016 di lima kota, yaitu Lampung, Bandung, Tasikmalaya, Cirebon dan Bogor.  Uji coba tersebut menunjukan hasil positif dan sambutan yang baik dari masyarakat. Untuk terus menyempurnakan layanan, Telkomsel dan BTPN berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan guna melanjutkan kesuksesan tersebut pada roll out nasional.

Uji coba layanan ini dilakukan salah satunya untuk mendukung program Nestlé dalam membuka akses ke perbankan dan pendanaan bagi 20.000 petani swadaya yang menyediakan bahan baku untuk produksi kopi Nescafé. Program ini diharapkan dapat membantu para petani dalam mengelola pendapatan dari hasil tani dengan lebih baik serta menyalurkan pinjaman bagi mereka untuk melakukan budidaya demi meningkatkan produktivitas.

Selain itu, uji coba juga dilakukan untuk pembayaran honor santri karya dan belanja para santri di lingkungan Daarut Tauhiid Bandung. Ke depannya, layanan ini berpotensi untuk dikembangkan di 3.000 pesantren di Indonesia, serta berbagai komunitas petani maupun komunitas ekonomi menengah ke bawah lain yang belum terjangkau layanan keuangan formal.

“Dengan terobosan ini kami ingin memberikan akses keuangan ke masyarakat luas dengan berbagai kemudahan dan manfaat. Telkomsel bersama dengan BTPN juga terus melakukan pengembangan sehingga produk ini senantiasa memberikan solusi yang powerful untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi, yang pada akhirnya memberi kontribusi bagi Indonesia.” tutup Ririek.

Latest