spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapReview Smartfren Andromax R2: Unggulkan Komunikasi Voice over LTE (VoLTE)

Review Smartfren Andromax R2: Unggulkan Komunikasi Voice over LTE (VoLTE)

-

Smartfren-Andromax-R2Jakarta, Selular.ID – Bersama layanan Voice over LTE (VoLTE) yang baru saja diluncurkan, Smartfren juga merilis Smartfren Andromax R2. Memiliki keunggulan pada teknologi VoLTE, Smartfren Andromax R2 siap diguanakan untuk dapat berkomunikasi dengan kualitas terbaik. Tapi bagaimana secara keseluruhan performa ponsel ini? Berikut adalah reviewnya.

[quote_box_center]

Kelebihan:

  • Desain kokoh dan elegan
  • Layar dilapisi Dragon Trail Glass
  • Dibekali VoLTE

kekurangan:

  • Slot kedua belum 3G

[/quote_box_center]

Metal Frame
Andromax R2 hadir dengan desain yang cukup stlyish dan kokoh. Dengan balutan warna dasar hitam dengan sentuhan metal frame yang membingkai bodi ergonomisnya, membuat tampilan R2 nampak begitu premium dan kuat. Pada bagian permukaan ponsel ini juga dilapisi dengan lapisan kaca sehingga membuatnya permukaannya lebih glossy. Namun sayang, dengan lapisan ini ponsel mudah terlihat kotor, lantaran sidik jaring mudah melekat di sekujur bodinya.

Bentuknya hampur mirip seperti tren smartphone saat ini. Andromax R2 terkesan ergonomis karena didesain dengan menghulangkan ujung bodi dengan membulat. Ponsel besutan vendor Hisense ini memang tidak jauh berbeda dengan ponsel besutan sebelumnya, Hisense PureShot.  Bedanya ponsel yang satu ini dibentuk dengan dimensi yang tipis dan kompak. Dibentuk dengan konsep unibodi backcover Andromax R2 tidak dapat dibuka.

Kesan simpel juga tampak pada bodi ponsel ini. Pada bagian depan Hisense masih emenampatkan tombol sentuh dibawah layar. Pada bagian ini Hisense juga menempatkan kamera depan beserta kampu flash yang berada diatas layar. Pada bagian belakang pula kamera utama yang dibekali dengan Dual LED Flash ditengahnya terdapat tulisan 4GLTE yang emanandakan bahwa ponsel ini memiliki koneksi 4G. Dibawahnya masih ada logo Hisense dan Andromax yang merupakan merek darang dan vendor pembuat ponsel.

Andromax-R2Disamping kanan ada tombol On/off dan dua slot MicroSIM card. Sedangkan disebelah kiri terdapat tombol volume dan slot MicroSD. Di bodi atas yang tertanam lubang untuk masukan earset/headset. Sedangkan di bodi bawah disematkan port microUSB sebagai masukan charger sekaligus kabel data.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Dragon Trail Glass “]

Dragon Trail Glass
Andromax R2 sudah dibekali dengan layar berukuran 5 Inci resolusi HD (720 x 1280piksel) membuat tampilan sangat terang dan jelas. Tidak hanya itu, untuk keamanan, layarnya juga dilapisi dengan Dragon Trail Glass, yakni lapisan kaca yang bertugas menjaga layar agar terhindar dari goresan dan menjadikan handset ini terlindungi dengan baik.

InterfaceBerjalan diatas Android v5.1.1 (Lollipop) R2 tanpa lapisan interface apapun, sehingga pengguna akan melihat tampilaan default android. Pada halaman lockscreen, layar akan menampilkan dua shortcut tambahan yakni dial dan camera, shotcut ini dimaksudkan agar mempermudah pengguna langsung mengakses fitur tersebut dari halaman lockscreen.

Menuju kehalaman homscreen, secara default akan ada empat icon fitur yang bisa ditentukan menurut keinginan. Untuk menuju ke appdrawer pengguna dapat mengakses ikon pada bagian tengah. Menggeser layar dari atas, tersedia bar notifikasi yang akan menampilkan informasi notifikasi dan beberapa pengaturan.

Fitur1

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Dolby Digital Plus”]

Dolby Digital Plus
Untuk urusan hiburan, R2  menyediakan fitur seperti music player, video player dan radio FM. Agar terasa lebih memuaskan, ponsel ini menyediakan dua lubang speaker di bagian bodi bawah. Dengan begitu suara akan terdengar lebih optimal. Tidak hanya itu, juga ditanamkan fitur Dolby Digital Plus untuk mendongkrak performa kualitas suara. Untuk video player, pengguna bisa menonton film berkualitas 1080P dengan lancar tanpa lagging.

Apalagi Video Player sudah mendukung format video h.265 (HVEC), yang merupakan format video tercanggih saat ini sekaligus lebih hemat ukuran file. Saat sedang memutar video, disediakan fitur minimize, dengan begitu pengguna bisa menjalankan fitur lainnya sambil tetap menonton video.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”13 Megapiksel”]

13 Megapiksel
Untuk keperluan fotografi, Andromax R2 sudah dibekali dengan kamera utama 13 MP dengan Dual LED Flash, serta kamera depan 5 MP wide angle dilengkapi LED Flash. Dengan kamera ini pengguna dapat menggunakan resolusi maksimal dengan rasio 4:3.  Sedangkan untuk menggunakan rasio 16:9 anda harus menurunkan resolusi menjadi 4 MP.

KameraDidalamnya tersedia fitur seperti HDR, 3 mode Scene, 9 effect (mono, sepia, negatif, solarize, posterize, aqua, emboss, sketch, dan neon) dan panorama. Untuk pengatuan lainnya tersedia geo tagging, ISO, Exposure, Redeye, reduction, saturation, contrast dan lainnya. Urusan merekam video, kamera di Andromax R2  mampu menghasilkan video hingga resolusi HD (High Definition) 1080p. Ini membuat momen yang Anda rekam dengan smartphone ini, akan terlihat memuaskan.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”VoLTE (Voice Over LTE)”]

VoLTE (Voice Over LTE)
Andromax R2 merupakn salah satu smartphone yang memiliki keunggulan pada layanan Voice Over LTE atau VoLTE. Menggunakan Jaringan 4G LTE Advanced dari Smartfren, layanan VoLTE dapat dirasakan pengguna saat melakukan penggilan atau video call. Layanan VoLTE digadang-gadang akan menjadi salah satu senjata andalan Smartfren untuk menambah popularitas 4G di Tanah Air.

Dengan VoLTE, Smartfren mengklaim dapat memberikan kepuasan kepada pelanggannya dengan banyaknya benefit yang diberikan oleh VoLTE itu sendiri. Memiliki keunggulan pada fitur VoLTE, otomatis ponsel pintar ini sudah mendukung kamampuan koneksi 4G LTE. Dengan kata lain smartphone ini juga sanggup menyuguhkan akses internet sekelas 2G atau 3G.

internet

Selanjutnya>>

[nextpage title=”RAM 2GB”]

RAM 2GB
Untuk komponen dapur pacunya R2 ditenagai dengan chipset Qualcomm MSM8929 Snapdragon 415 prosesor Octa-core berkecepatan 1.4 GHz Cortex A53. Prosesor ini akan didukung dengan RAM 2 GB untuk memastikan agar smartphone ini memiliki kinerja yang baik dan mampu menangani proses multitasking. Untuk pengolahan grafis dan memperlancar kinerja saat pengguna bermain game, R2 sudah dibekali dengan GPU Adreno 405.

Tersedia juga ROM atau memori internal 16 GB untuk menyimpan data. Kelebihan dari R2 dengan ponsel lain saat ini juga nampak apda slot MicroSD. Jika biasanya ponsel saat ini menyatukan slot SIM2 dengan MicroSD, Andromax R2 justru dipisahkan, hal ini dimaksudkan agar pengguna masih dapat menggunakan kartu SIM tambahan dan memori eksternal tambahan hingga 32GB.
Dengan komposisi hardware yang dimilikinya, ponsel ini mampu mendapatkan skor di kisaran 30 ribu-an. Dengan skor ini maka Andromax R2mampu mengakomodasi semua penggunaan sehari-hari.

BechmarkPonsel ini dibekali baterai Li-Ion dengan kapasitas 2.320 mAh. Dengan kapasitas ini nampaknya mampu mengakomodasi pengguna untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Pada penggunaannya ponsel ini mampu bertahan hingga satu hari, atau sekitar 10 jam pada penggunaan standart.

Untuk hasilnya sendiri sangat baik baik pada kondisi pencahayaan yang cukup baik, artinya objek dapat di tangkap dengan tajam dan jelas. Begitu juga pada kondisi pencahayaan yang kurang, objek masih dapat ditangkap dengan jelas dan terang, hal ini berkat lampu dual LED flash yang dibekalinya.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru