Sabtu, 22 Juni 2024
Selular.ID -

Teknologi AR Dipakai Untuk Ukur Tinggi Permukaan Air Sungai di Manado

BACA JUGA

Manado-Fujitsu-JICAJakarta, Selular.ID – Manado menjadi wilayah pertama uji coba implementasi teknologi realitas tertambah (AR) oleh Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Sulawesi I, Provinsi Sulawesi Utara, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PERA BWS Sulawesi I). Sistem ini dibangun oleh Fujitsu bersama-sama dengan Fujitsu Indonesia berdasarkan pengalaman mereka dalam mengembangkan sistem informasi persungaian di Jepang.

Melalui sistem ini, pengamat lapangan tidak perlu lagi menginstal Sensor Fisik di sepanjang sungai untuk memonitor tinggi muka air, melainkan bisa memanfaatkan aplikasi pengukuran muka air berbasis smartphone untuk mengukur tinggi muka air, mengambil gambar, serta melengkapi informasi kondisi di sekitar lokasi. Data kemudian dikumpulkan dan dikonsolidasikan di datacenter Fujitsu, lalu diplotkan pada peta.

Pemantauan perubahan tinggi ambang muka air banjir dan penyebaran informasi dengan cepat akan memudahkan aparat pemerintah dalam penyelenggaraan mitigasi dan proses evakuasi bencana yang cepat tanggap. Hal tersebut menjadi sorotan utama dalam program uji coba yang dilaksanakan.

Sistem ini memanfaatkan produk platform AR terintegrasi milik Fujitsu, yakni FUJITSU Software Interstage AR Processing Server, untuk menjalankan aplikasi pada smartphone. Pengamat lapangan menggunakan kamera yang ada di smartphone untuk memindai dan membaca alat penanda AR yang terdapat di sebuah lokasi di daerah aliran sungai di wilayah Manado. Aplikasi akan menampilkan sebuah mistar skala yang ditimpakan di atas gambar sungai. Dari sini, pengamat bisa mengukur tinggi muka air secara digital dengan cara menandai luasan air yang dimaksud seperti yang ditampilkan di atas layar.

Pada uji coba tersebut, alat penanda AR diinstal di satu lokasi di aliran sungai untuk melihat tingkat akurasi pengumpulan setiap informasi yang dibutuhkan untuk kalkulasi pencegahan bencana. Pengujian juga dilakukan sebagai langkah verifikasi seberapa cepat badan PU-PERA BWS Sulawesi I yang berwenang dapat mencatat, merekam dan menyebarkan informasi akan setiap perubahan tinggi muka air yang terjadi dengan cepat dan akurat yang berguna untuk proses assessment kondisi untuk sistem tata kelola sungai yang efektif.

Pembangunan sistem ini dilaksanakan oleh Fujitsu atas undangan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) kantor Indonesia. Uji coba lapangan dilaksanakan dari tanggal 23 Februari hingga 18 Maret 2016.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU

Realme GT 6 Ada Versi Murahnya!