Beranda News Indonetwork dan PT Pos Bantu UMKM Go Online to Go Global

Indonetwork dan PT Pos Bantu UMKM Go Online to Go Global

-

IMG_20160329_47800Jakarta, Selular.ID – Indonetwork.co.id, e-commerce market place dan direktori bisnis di Indonesia mencoba untuk memberdayakan para pengusaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Bekerja sama dengan Dinas Koperasi & UMKM Karawang dan PT. Pos Indonesia, Indonetwork.co.id melaksanakan acara Bimtek (Bimbingan Teknologi) di kabupaten Karawang.

 

“Di acara ini kami fokus memberikan edukasi bisnis melalui internet kepada para pengusaha UMKM, mencakup pengenalan mengenai internet dan implikasinya dalam berbisnis. Juga mengajarkan bagaimana mengembangkan bisnis secara online. Kami ingin rekan-rekan pebisnis maupun pengusaha UMKM Karawang dapat menggunakan dan mendapatkan manfaat maksimal dari teknologi internet dan tumbuh bersama kami.” ujar Ryn Hermawan selaku Co Founder Indonetwork.co.id.

 

Saat ini Indonetwork.co.id telah memiliki satu juta member tergabung dalam komunitas, Indonetwork juga diakses jutaan visitor domestik maupun internasional. Dengan bergabung bersamaIndonetwork.co.id, berkesempatan mempromosikan produk dan perusahaannya kepada seluruh pengguna website .

 

“Dengan lebih dari 150 ribu visitor setiap hari atau lebih dari 4,5 juta visitor per bulannya ke website kami, potensi bisnis yang dapat direalisasikan setiap member sangat besar,” ujar Wisnu Purnama Aji, CFA, selaku Head of Business Intelligence, Development and Strategy Indonetwork.co.id.

 

Optimisme Indonetwork.co.id sangat tinggi melihat geliat industri e-commerce di Indonesia yang terus berkembang pesat. Bahkan diprediksikan akhir tahun 2016 total nilai transaksi industri e-commerce Indonesia mencapai Rp 283 triliun, sebagian besarnya disumbangkan segmen B2B.

 

“Kami menargetkan pengunjung kami tumbuh hingga lebih dari 10 juta visitor per bulannya pada akhir tahun 2016. Dengan menawarkan fitur yang tepat dengan inisiatif yang tepat, kami optimis target kami akan tercapai. Pelatihan Bimtek di Karawang ini salah satu inisiatif yang kami lakukan dan akan kami lakukan secara kontinu sebagai komitmen kami terhadap dunia bisnis dan UMKM di Indonesia.” Tambah Wisnu.

 

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang Drs.H.Asep Junaedi,M.Pd sangat senang adanya Bimtek UMKM yang bersinergi dengan Indonetwork dan PT Pos. Terlebih potensi UMKM di Karawang sampai Desember 2015 mencapai 38.904 UMKM.“Selama ini andalan UMKM Karawang selain aktif promosikan produknya melalui pameran, promosi, pasar modern, rest area dan individu. Juga pembinaan melalui fasilitasi dan bimbingan teknis serta studi banding. Dengan pengenalan dan pelatihan internet yang dilakukan Indonetwork ini nantinya UMKM kita harus bisa lebih berkembang. Karena pasarnya tidak saja Karawang, Indonesia bahkan dunia,” jelasnya.

 

“Secara khusus produk unggulan UMKM Karawang belum ada yang menembus pasar global. Tetapi ada produk yang sudah diminta oleh negara Jepang dari produk sparepart mesin dan kendaraan dari pelaku usaha APEK. Harapannya makin banyak produk UMKM yang bisa go global mengingat peluang terbuka luas,” ujar Asep.

 

Sementara itu, PT Pos Indonesia siap membantu UMKM maju dan berkembang di pasar domestik dan global. Seperti dikatakan Andi Rosa selaku Kepala Kantor Pos Karawang dari PT Pos Indonesia memandang UMKM sebagai bagian dari pelanggan potensial. Untuk itu PT Pos akan melakukan bimbingan sesuai kebutuhan baik dari sisi packaging yang sesuai standar, knowledge mengenai barang yang dilarang pengirimannya melalui pos, atau barang yang memerlukan persyaratan khusus agar bisa dikirimkan melalui pos.“PT Pos menyediakan layanan khusus menangani kiriman UMKM  dengan berbagai kemudahan untuk tujuan dalam dan luar negeri,” tegas Andi Rosa

 

Untuk kiriman domestik tarif yang berlaku untuk UMKM  tarif publish disertai discount. Juga menyediakan website untuk display produk UMKM, menerima pesanan dan pembayaran, mendistribusikan dan menyerahkan kiriman kepada pembeli atau penerima.

 

Tidak hanya itu, juga memberlakukan UMKM sebagai Agenpos sehingga dapat menerima transaksi pengiriman dari hasil produksinya sendiri dan atau dari tempat lain. Fasilitas pick up service untuk kiriman UMKM yang telah bekerjasama.

 

“Untuk kiriman luar negeri tersedia layanan premium yakni EMS (Express Mail Service). Untuk kiriman yang mengutamakan kecepatan, tarif yang berlaku adalah tarif publish dengan pemberian discount untuk UMKM yang telah melakukan kerjasama.  Untuk kiriman skala besar tersedia layanan Pos Ekspor yang  memang dicreate untuk melayani kiriman bisnis UMKM,” ujarnya.

Antisipasi persaingan dengan jasa kurir lain, PT Pos melakukan pentarifan lebih terjangkau  dan khusus untuk membantu tumbuh kembang bisnis UMKM. Dilengkapi juga dengan sistem jejak lacak yang handal guna memantau proses distribusi kiriman, mulai dari posting sampai dengan delivery.

 

“Keunggulan PT Pos jaringan luas  menjangkau hampir ke seluruh pelosok negeri. Juga membantu dari sisi permodalan UMKM melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan,” tambahnya.

Buyer's Guide

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Meluncur di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi kembali merilis anggota baru dari jajaran Redmi 9 Series. Perangkat...

Oppo Reno4 Pro Banting Harga

Jakarta, Selular.ID - Memasuki bulan November, dua ponsel Oppo mendapat penyesuaian harga. Baru diluncurkan...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait