Senin, 20 Mei 2024

Review Sony Xperia Z5 Premium: Kasta Teratas, Desain Lebih Berkelas

BACA JUGA

Sony Xperia Z5 PremiumJakarta, Selular.ID – Diluncurkan awal bulan November 2015, Sony Xperia Z5 Premium menjadi salah satu kasta tertinggi di seri Xperia Z Series. Sebagai smartphone dengan layar 4K pertama di dunia, Xperia Z5 Premium diklaim memiliki performa yang sangat mumpuni dan dibentuk dengan bahan material yang premium menjadikannya salah satu smartphone flagship terbaik saat ini.

[quote_box_center]

Kelebihan:

  • Bodi premium
  • Hasil kamera bagus
  • Layar cerah
  • Kinerja mumpuni

kekurangan:

  • Bodi licin saat saat digenggam
  • Desain tidak banyak berubah dari pendahulunya
  • Bodi cepat panas

[/quote_box_center]

Bodi Chrome
Sama seperti pendahulunya, Z5 memberikan sedikit evolusi dari perangkat sebelumnya, yakni Z3+. Dikenal sebagai desain OmniBalance, Z5 Premium memiliki bentuk yang simetris dan proporsional, Hal ini mencerminkan keseimbangan antara desain yang unik dengan berbentuk persegi panjang sempurna dan material premium yang digunakan, yakni aluminium yang membingkai bodi Z5 dan panel kaca di permukaan depan dan belakang yang membuat Z5 tampil apik. Tidak bisa dipungkiri, bahwa desain ini memang memberikan kesan yang sangat premium.

Uniknya dibagian belakang Sony Xperia Z5 Premium juga memiliki kombinasi warna yang sangat elegan, pada pilihan warna Chrome, Sony melapisi bagian belakang bodi dengan lapisan warna chrome dan kaca anti baret dengan finishing oleophobic coating. Dengan lapisan yang mengkilap ponsel ini sangat mudah meninggalkan sidik jari. Ponsel ini juga diapit dengan bingkai logam plus lapisan kaca dibagian depan dan belakang.

Sony Xperia Z5 Premium memiliki kemampuan tahan air, karena sudah dibekali dengan sertifikasi rating IP68. Sehingga pengguna masih mampu menggunakan ponsel dibawah air sedalam 1,5 meter selama 60 menit, meski port Micro-USB dan 3.5mm terbuka. Namun perlu diingat, ketahanan ini tidak termasuk untuk air laut. Karena jika terkena air laut, maka garansi anti air bakal hilang.

Memiliki ukuran layar 5.5 inci memang dianggap terlalu besar untuk digenggam oleh tangan ukuran asia. Namun lama-kelamaan anda akan terbiasa untuk membawanya kemana saja. Pada bagian depan, Xperia Z5 Premium masih didominasi dengan layar 5,2 inci. Dimana diatasnya terdapat LED notifikasi, kamera depan, sensor proximity dan cahaya, earpiece/mic. Sedangkan Speaker stereo di atas dan bawah layar.

Yang membedakan dari pendahulunya, adalah bentuk tombol power on/off, dimana pada Sony Xperia Z5 dirubah bentuknya menjadi oval. Perubahan bentuk ini mungkin disesuaikan untuk membenamkan pembaca sidik jari. Pada sisi yang sama tersedia tombol volume dan tombol shutter kamera yang posisinya tepat dibawah tombol power. Hal ini memang agak aneh mengingat biasanya tombol volume dibenamkan dibagian atas. Namun setelah diselidiki lebih lanjut, peletakan ini akan memudahkan pengguna untuk melakukan fungsi Zoom-ing pada kamera.

Xperia Z5 Premium memiliki fitur double-tap-to-wake, hal ini digunakan untuk memudahkan pengguna dalam mengaktifkan layar tanpa dan tidak dapat langsung membuka kunci layar. Selebihnya Z5 Premium juga diperkuat dengan pemindai sidik jari.
Dibekali tombol fisik kamera, akan memudahkan pengguna untuk mengambil foto didalam air. Cukup tekan hingga bergetar, maka pengguna siap untuk mengambil foto didalam air. Sony juga menyediakan fitur Touch Block, fitur ini berguna untuk melindungi layar dari sentuhan saat ada didalam air.

[nextpage title=”Layar 4K”]
Layar 4K

Sebagai smartphone kasta teratas, Xperia Z5 Premium memiliki layar yang paling mumpuni dari varian lainnya. Sony telah memasang layar 5,5 inci dengan resolusi 2160 x 3840 pixels atau 4K pertama di dunia. Dengan ukuran dan resolusi ini tampila terasa sengat jelas dan detail. Layar IPS yang didukung dengan teknologi Mobile BRAVIA Engine 2, Triluminos dan X-Reality engine for mobile. Kecerahan dari layar Z5 premium terbilang sangat pas dan nyaman dimata. Tidak hanya didalam ruang, kami juga merasakan kenyamanan saat layar dilihat diluar ruang bahkan dibawah pancaran sinar matahari. Tidak pula juga tampilan dari ponsel ini juga memiliki sudut pandang yang cukup luas, sehingga tampilan layar masih dapat dilihat dengan jelas dari sudut manapun.

InterfaceBerjalan diatas OS Android Android 5.1.1 Lollipop, Sony menjaminan adaya update Marshmallow.  Tidak menggunakan lapisan interface apapun, namun begitu kami masih melihat ciri khas Xperia masih menempel pada Z5 Premium. Selebihnya Sony juga melakukan modifikasi ikon sehingga tampilannya tidak seperti Android murni.

Memiliki tampilan homescreen khas Xperia, pada halaman homescreen, pengguna dapat mengkostumisasi tampilan dengan mengubah wallpaper, themes dan ukuran icon melalui menu settings. Untuk menambah tema, Anda juga dapat mendownload tema di Google Play Store. Selebihnya pengguna Sony masih dapat merasakan aplikasi khas Sony, seperti Lifelog, Live Screen Streaming, Lounge, Movie Creator, Playstation, Sketsa, Smart Connect, Sociallife, Track ID, What’s New, dan lainnya.

video_createSony juga memasukan kemampuan multi tasking app dimana pengguna dapat membuka beberapa aplikasi sekaligus. Aplikasi dapat dibuka dalam ukuran yang kecil, dan tanpa meninggalkan aplikasi yang tersebut pengguna, dapat membuka aplikasi lain. Aplikasi yang mendukung fitur ini diantaranya adalah Active Clip, Browser, Kalkulator, Kalender, Timer, Touch Blok, Musik, Bookmarks dan Gmail. Pada fitur multimedia, Z5 Premium juga dibekali dengan aplikasi Music. Aplikasi Music ini juga dilengkapi beragam fitur pendukung seperti ClearAudio+, Noise Cancelling, DSEE HX, Surround sound (VPT), dan yang menarik adalah fitur optimalisasi otomatis di mana keluaran suara melalui earphone akan diatur otomatis untuk memberikan kualitas terbaik.

[nextpage title=”Exmor RS Baru”]
Exmor RS Baru

Seperti pada seri sebelumnya, fitur kunci pada seri Xperia Z5 Premium adalah pada fitur kamer. Pada fitur ini Sony telah membenamkan kamera Exmor RS dengan resolusi 23MP Exmor RS dan lensa F2.0 G. Lensa ini terbilang baru dan belum digunakan pada seri sebelumya. Tidak hanya lensa yang baru, Sony juga menterapkan interface yang lebih user friendly. Tampil dengan interface yang sederhana, kemudahan dalam pengoperasian dapat dirasakan saat perpindahan mode dimana pengguna tinggal menggeser layar ke atas atau ke bawah.

DisplayDi dalamnya terdapat fitur seperti Manual, Superior Auto, Video dan aplikasi Xperia Camera. Mode Superior Auto sangat memudahkan pengguna dalam mengambil foto, karena Anda tidak harus melakukan pengaturan secara menual untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sedangkan pada mode manual, pengguna dapat mengatur white balance, ISO dan exposure. Berkat teknologi Hybrid AF (Phase Detection AF dan Contract Detection AF), Z5 memiliki kecepatan autofokus yang terbilang cepat untuk sebuah smartphone. Sehingga memungkinkan pengguna menangkap momen-momen penting. Fitur ini sangat cocok digunakan untuk mengambil objek yang bergerak.

Hasil foto dari kamera sangat memuaskan, pada kondisi cahaya yang cerah, foto terang dan jelas. Tidak hanya kondisi terang, kondisi minim cahaya juga Z5 mampu memberikan hasil foto dengan kualitas yang memuaskan, meski masih terdapat noise dan blur.

Selain untuk mengambil foto, Z5 sangat mumpuni untuk merekam video, karena Sony memiliki fitur SteadyShot dengan mode Intelligent Active. Fitur ini berfungsi agar perekaman video bisa lebih halus halus dan tidak ada guncangan dan getaran. Tidak hanya itu smartphone ini juga memiliki kemampuan merekam video dengan kualitas 4K.

[nextpage title=”Multimedia”]
Multimedia

Hasilnya kualitas audio yang dihasilkan terdengar sangat mantap ditelinga, kencang, dan tidak pecah. Keseimbangan suara yang diperdengarkan melalui kedua speakernya sangat pas ditelinga. Pengalaman lebih baik jika dirasakan saat akan menggunakan headset.

fiturTidak hanya memutar musik, Z5 Premium juga sangat mumpuni untuk memutar video. Dengan kualitas layar resolusi 4K, dipastikan pengguna tidak akan kesulitas untuk memutar file video dnegan resolusi tinggi. Tidak hanya itu aplikasi video pada Xperia Z5 Premium juga sudah mampu menampilkan subtitle format srt, lengkap dengan pengaturan seperti jenis dan ukuran huruf.

[nextpage title=”Internet 4G/LTE”]
Internet 4G/LTE

Untuk dapat terkoneksi ke internet, Sony telah menyediakan fitur koneksi sekelas 4G LTE. Smartphone ini telah menyediakan Dual SIM (Nano SIM) dimana keduanya dapat dimasukan kartu Sim 4G. Namun untuk penggunaannya, pengguna hanya perkenankan salah satu slot untuk menggunakan data 4G.

Koneksi lainnya tersedia juga koneksi Wi-Fi yang memiliki fitur seperti Wi-Fi Direct, DLNA dan Wifi hotspot. Untuk mentransfer data Sony juga membenamkan koneksi NFC,  Bluetooth, kabela microUSB v2.0 (MHL 3 TV-out), GPS, USB Host dan Jack audio 3.5mm,

[nextpage title=”Hardware”]
Hardware

Masih menggunakan chipset Snapdragon 810, ponsel ini memiliki 8 prosesor inti dengan dua kecepatan prosesor berbeda, yakni, Quad-core Cortex-A53 kecepatan 1.5 GHz dan Quad-core Cortex-A57 kecepatan 2 GHz. Untuk dukungan grafis tersedia chipset GPU Adreno 430. Didukung pula dengan RAM berkapasitas 3GB. Akan membuat ponsel ini mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

bachmarkDengan spesifikasi yang dimilikinya, performa ponsel ini tak perlu diragukan lagi. Hal ini terbukti dengan skor bechmarking yang didapatkan mencapai 67 ribuan. dengan performa ini game sekelas HD atau 3D menjadi tidak masalah. Karena saat kami memainkan game Asphalt8: Airborne, ponsel dapat menjalankannya dengan lancar tanpa ada masalah. Namun sayangnya temperatur memang masih menjadi isu utama pada smartphone ini. Saat kami menggunakannya untuk mengambil kamera dan merekam video beberapa saat, ponsel terasa cukup panas.

Tidak hanya performa hardware, kinerja baterai dengan kapasitas yang cukup besar, yakni sebesar 3430 mAh. Sony mengklaim baterai ini mampu bertahan hingga 2-3 hari dengan menggunakan Stamina mode. Saat kami gunakan Sony Z5 Premium mampu bertahan seharian penuh dengan pemakaian standart sehari-hari, yakni browsing, chatting, streaming upload gambar dan text, dan beberapa kali untuk menelpon.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU