Sunday, September 22, 2019
Home Headline Berapa Pemasukan Telkomsel Dari Tcash?

Berapa Pemasukan Telkomsel Dari Tcash?

-

TCASH_TAPJakarta, Selular.ID – Bersamaan dengan Indosat yang menggelar media update untuk layanan uang elektronik Dompetku, Telkomsel juga menggelar acara serupa bersama sejumlah media di Jakarta. Bedanya, kalau Indosat buka-bukaan soal pendapatan perusahaan dari divisi digital payment, tidak begitu dengan Telkomsel.

Saat ditanya berapa kontribusi revenue Tcash untuk perusahaan? Herman Suharto, GM Digital Payment and Banking Product Development Telkomsel, memilih bungkam.

Meski tidak menyebut total nominal secara terang-terangan, Herman memberi petunjuk jelas bahwa ada sebanyak 300 ribu pelanggan yang aktif bertransaksi dengan Tcash setidaknya dua kali dalam satu bulan.

Sementara Herman menyebut Average Revenue Per User (ARPU) Tcash berada di angka Rp66.000 per bulan saat ini.

Jadi kalau mau dihitung, pemasukan Telkomsel dari layanan Tcash adalah Rp66.000 dikalikan 300.000 = Rp19.8 miliar, per bulan.

Andai angka ARPU tersebut terjadi setiap bulan, maka dalam satu tahun, trafik uang digital yang lalu lalang di layanan Telkomsel mencapai Rp237,6 miliar.

Bila dibandingkan dengan revenue perusahaan yang pada tahun 2014 sendiri mencapai Rp66,25 triliun, itu artinya layanan Tcash belum memberi kontribusi signifikan. Bahkan tidak mencapai 1 persen.

Angka tersebut kontras dengan operator Indosat yang mengaku mendapat pemasukan dari layanan Dompetku sebesar Rp2,5 triliun sepanjang 2015.

Latest