Wednesday, September 18, 2019
Home News Kenapa Tcash Belum Bisa Dipakai di Kereta Commuter?

Kenapa Tcash Belum Bisa Dipakai di Kereta Commuter?

-

IMG-20160204-WA0001Jakarta, Selular.ID – Layanan uang elektronik Telkomsel, Tcash, sudah sesuai standard industri untuk payment gateway, sama seperti layanan e-money dari perbankan. Tapi kenapa Tcash belum juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran untuk Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ), seperti halnya Flazz, e-money, atau Brizzi?

Menanggapi hal itu, Herman Suharto, GM Digital Payment and Banking Product Development Telkomsel, menjawab bahwa dalam waktu dekat layanan Tcash akan mampu digunakan sebagai alat pembayaran untuk moda transportasi seperti Commuter Line dan TransJakarta. Tapi saat ini memang belum, semua masih dalam proses.

Herman berkilah bahwa Telkomsel tidak ingin sporadis dalam meluncurkan layanannya. Percuma bila bisa dipakai untuk bayar apa saja, tapi experience pelanggan terganggu. Maka dari itu dibutuhkan lebih banyak waktu untuk memastikan tingkat keberhasilan transaksi pelanggan di atas 90 persen.

Dikatakan, dengan peluncuran kembali Tcash yang berteknologi NFC, Oktober silam, menandakan bahwa layanan sudah sesuai dengan standard payment gateway di industri. Teknologi NFC yang digunakan telah mendapat lisensi dari Bank Indonesia.

Di merchant McDonald misalnya, terminal EDC yang digunakan untuk Tcash, sama dengan yang dipakai oleh bank, dengan frekuensi yang juga sama. Prinsipnya adalah, kalau layanan bank bisa terima, berarti Tcash juga bisa.

Herman tidak menampik kalau ada beberapa penyedia layanan e-money lain yang tidak sesuai standard, sehingga mereka harus deploy terminal EDC sendiri, yang memakan banyak biaya.

Khusus masalah kereta Jabodetabek, Herman mengaku ada kendala di sisi teknis yang masih harus diatasi. Di dalam kit terminal offline KCJ, secure access module-nya sudah penuh, jadi timnya masih harus meng-enlarge kapasitas. “Hanya butuh waktu,” ringkasnya.

Ke depannya, Herman memprediksi layanan yang berbasis NFC akan terus booming. Apalagi, mayoritas ponsel keluaran terbaru akan support NFC.

Selain sektor transportasi massal, pengembangan Tcash juga akan menyasar layanan parking, pembayaran tol, dan taksi.

Latest