Tuesday, August 20, 2019
Home News Serunya Ngobral 'Start Your Business with Social Media' di Gunadarma (Bag. 2)

Serunya Ngobral ‘Start Your Business with Social Media’ di Gunadarma (Bag. 2)

-

bayu-bukalapakJakarta, Selular.ID – Mengusung tema ‘Start Your Business with Social Media’ acara Ngobral yang digelar Jumat (15/01) di Kampus Gunadarma, Kalimalang, juga menghadirkan pembicara dari Bukalapak.com. Adalah Bayu Syerli Rachmat, yang diketahui sebagai Head of Marketing di PT Bukalapak.com.

Pada sesi ini, Bayu, begitu panggilan pria yang berpostur tinggi ini, lebih membahas bagaimana cara mendapatkan uang dari internet. Bayu tak menampik bahwasanya internet di Indonesia kebanyakan digunakan untuk mengakses sosial media. Selain menggunakan internet untuk bersosial media, menurut Bayu saat ini banyak pengguna yang memanfaatkan internet untuk mensejahterakan dirinya.

“Bersosial media, ber-whatsApp-an, ber-periskop, atau apa pun, itu sah-sah aja, dan itu positif serta mewakili karakter orang Indonesia. Tapi, sebenarnya ada bentuk aktivitas lain di internet yang bisa memperkaya kita,” kata Bayu.

Menurut Bayu, ada satu permasalahan yang paling umum yang biasanya dirasakan oleh orang yang ingin memulai usaha, yaitu ide. Umumnya, kata Bayu, masih banyak ternyata orang-orang yang berpikir ketika ingin berjualan online memiliki ide yang mirip-mirip.

“Sebenarnya ada beberapa alternatif ide, untuk kita bisa dapatkan uang di internet,” tandasnya.

Secara garis besar, Bayu mengungkap empat macam kategori bisnis yang bisa digarap bagi mereka yang tertarik memulai bisnis online, di antaranya fisik, digital, konten, dan jasa. Dari kategori fisik, produk yang biasanya paling laku di pasar online adalah fashion, clothing, gadget, produk elektronik, kosmetik, computer, dan peralatan rumah tangga.

Seperti disebutkan tadi, selain dalam bentuk fisik, Bayu juga mengungkap alternatif bisnis lainnya, yaitu barang digital. Masuk dalam kategori ini adalah majalah digital, aplikasi mobile, kumpulan resep dalam bentuk digital, dan lain-lain.

Dari sektor jasa, juga ada beberapa alternatif ide yang bisa dijadikan bisnis lewat social media. “Jasa juga terdapat beberapa alternatif, misalkan bisnis menjadi penerjemah, jasa bikin web. Banyak banget di internet tempat bagi teman-teman untuk jualan jasa,” ungkap Bayu.

Selanjutnya adalah konten, menurut Bayu bisnis di sektor ini terbuka bagi mereka yang memiliki keterampilan membuat konten, baik dalam bentuk teks maupun video. “Konten yang dimaksud di sini adalah, teman-teman bisa bisa meng-create konten, mau itu bentuknya teks, video, atau image yang kita bisa jual itu sebagai konten dan menarik pengunjung banyak dan mendatangkan iklan,” tandasnya.

Selain mengungkap sejumlah ide yang bisa di-create menjadi uang via internet, Bayu juga memberikan beberapa alternatif apa bisa dilakukan seseorang untuk dapat berbisnis secara online. “Gimana cara menjualnya, kalau produk fisik itu ada tiga alternatif, yaitu membuat website (jualan online), kita jualan lewat pasar online (seperti bukalapak.com), dan yang ketiga adalah melalui media sosial,” ungkapnya.

Khusus media sosial, Bayu tak menampik bahwa di Indonesia ternyata aktivitas jual beli online itu kebanyakan masih dilakukan via media sosial.

Latest