spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapReview Infinix Note 2: Mengusung Fitur Fast Charging

Review Infinix Note 2: Mengusung Fitur Fast Charging

-

Infinix-Note2

Jakarta, Selular.ID – Resmi diumumkan awal Desember 2015, konsumen Indonesia sudah bisa memiliki Infinix Note 2 sebelum tahun berganti. Sebagai suksesor dari Infinix Hot Note, ponsel ini mengusung baterai kapasitas besar dan berkemampuan mengisi daya lebih cepat berkat teknologi fast charging X Charge yang dimilikinya serta memiliki ketahanan baterai hingga 2 hari.

[quote_box_center]

Kelebihan 

  • Baterai besar
  • Fungsi Power bank
  • Fast charging

Kekurangan

  • Kamera selfie cuma 2MP
  • Kemampuan baca slot microSD terbatas sampai 32GB
  • Kabel USB OTG harus beli terpisah
  • Harga kemahalan

[/quote_box_center]

Desain
Mengusung desain smartphone standar, tidak ada yang istimewa dengan konstruksi Note 2. Terasa bongsor dan berat (194gr), padahal materialnya dari plastik. Permukaan belakang bermotif matrix yang tidak terlalu kentara, tapi cukup memberi rasa kesat di tangan. Panel belakang bisa dilepas untuk akses dua SIM card dan kartu microSD, tapi baterai tidak bisa dicopot.

Tanpa tombol touchpad yang biasa ada di ponsel Android, Infinix menggunakan tombol virtual di dalam layar. Namun tombol hanya akan muncul ketika pengguna menyeretnya dari area dasar body ke atas (ke area layar) saat ponsel dalam keadaan hidup.

INterface

Bagian atas layar terpahat earpiece dan kamera serta sensor kedekatan untuk keperluan telefoni, tanpa ditemani flash untuk membantu pencahayaan saat selfie. Persis di sebelah earpiece juga ada titik LED light untuk notifikasi yang warnanya bisa diatur untuk notif tertentu. Sementara bagian dasar layar polos, tanpa ornamen touchpad.

Volume rocker dan tombol power terpatri di sayap kiri, sementara sayap sebrang polos, tanpa hiasan. Bagian kepala hanya terdapat jack audio tanpa ditemani mikrofon. Satu-satunya lubang mic terdapat di samping port micro USB untuk keperluan charging di bagian bawah bodi.

Fitur5

Di bagian belakang, lensa kamera agak menjorok dari bidang panel, yang ditemani LED flash di samping dan logo Infinix di bawah. Sementara corong speaker berada di sudut bawah, linier dengan lambang Note yang terpahat di tengah.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Dual SIM + MicroSD”]

 

Dual SIM + MicroSD
Panel belakang bisa dibuka untuk mengakses dua slot SIM card berukuran micro, serta satu slot microSD (maksimal 32GB) untuk menambah ruang memori ponsel. Saat membuka panel, Anda bisa langsung menemukan baterai, dan tiga slot di bagian atasnya. Kendati baterai terlihat seperti bisa diangkat, namun ternyata tidak bisa.

simcard

Internetan di Note 2 cukup cepat berkat dukungan jaringan 4G LTE di slot SIM 1. Tangkapan sinyalnya pun cukup baik. Ketika kami ajak browsing dan upload foto di Facebook, tergolong cepat. Hanya saja, slot SIM 2 hanya sebatas 2G, cukup untuk telpon dan SMS saja.

Layar
Bentang layar 5.98 inci resolusi HD sudah berbekal proteksi Dragontrail Glass. Produsen menggaungkan bahwa Note 2 memiliki rasio screen-to-body paling tinggi, yakni 86% (sebelumnya dipegang Huawei Mate 7 rasio 83%). Konstruksi samping layar hampir tak ada bezel, bentang layar full mentok sampai ke tepi. Namun bila diperhatikan, terdapat area gelap yang cukup besar di keempat sisi layar. Ketika ponsel menyala, layar terlihat lebih sempit dari area yang tersedia. Anehnya, di situs Lazada, tercantum rasio layar ke body hanya 75%.

Fitur2

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Octa Core”]

 

Octa Core
Untuk menjalankan berbagai aplikasi, ponsel disokong prosesor Octa Core dengan kecepatan maksimal 1,3GHz, menggunakan chipset besutan Mediatek 6753 64-bit. Dipadu RAM 2GB dan diperkuat grafis dari GPU Mali-T720 MP3. Untuk penyimpanan internal tersedia ruang 16GB yang dapat diekspansi hingga 32GB dengan penyimpanan eksternal.

Power Bank
Seperti yang digaungkan sang produsen, Note 2 bisa berfungsi sebagai power bank untuk mengisi daya ponsel lain mengandalkan kabel USB On-the-Go. Sayangnya, Infinix tidak membenamkan kabel tersebut dalam paket penjualannya. Konsumen harus membelinya sendiri secara terpisah.

Fitur

Baterai 4040 mAh Lithium polymer diklaim perusahaan bisa bertahan hingga 2 hari dalam keadaan siaga. Setelah kami uji selama lima hari, baterai memang bertahan lebih dari satu hari, tapi tidak mencapai 2×24 jam, padahal dengan penggunaan standar.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”X ChargeFast”]

 

X ChargeFast
Ponsel ini sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat X ChargeFast charging. Dengan begitu, pengguna akan 4.5 kali lebih cepat dalam mengisi baterai berkat optimasi pengisian daya 4.5 Ampere. Baterai akan mampu terisi hingga 97% hanya dalam waktu 60 menit, dan 15 menit charging untuk penggunaan selama 8 jam.

Fitur3

Kamera
Kamera belakang 13MP dengan teknologi Samsung S5K3M2 ISOCELL CMOS sensor, lensa 5P danPhase Detection Autofocus (PDAF) yang memungkinkan kemampuan fokus cepat 0.25 detik dan mengoptimalkan pengambilan foto dalam kondisi kurang cahaya. Tapi ketika kami uji, kamera kepayahan mencari fokus di tempat redup. Bahkan dibutuhkan lebih dari dua detik untuk menghasilkan “lampu hijau” memotret. Sayangnya, kamera depan cuma 2MP.

kamera

Selanjutnya>>

[nextpage title=”XUI”]

 

XUI
Note 2 menjadi smartphone Infinix pertama yang mengusung Interface XUI khas perusahaan. Berbasis Android Lolipop 5.1 Lollipop, perusahaan mengklaim XUI menawarkan desain flat, responsif dan hemat daya. Konsumen dapat mengakses berbagai tema dan font yang dapat dikustomisasi. Selain itu, Infinix akan menerima pembaharuan secara berkala melalui OTA (Over The Air).

XUI menawarkan tampilan sederhana dengan warna polos yang lembut. Ikon aplikasi tampak besar dan mudah ditemukan. Pengguna bisa menambahkan font lain ke dalam ponsel secara online, begitu juga dengan wallpaper.

Fitur4

Beberapa fitur yang biasa diunduh, sudah tersedia di XUI. Contohnya adalah theme, forum, transfer contact, app lock, block number, serta pembersih cache. Juga ada fitur Ultra Power untuk menghemat konsumsi daya serta bandwidth. Bila diaktifkan, fitur yang menyala hanya phone, message, note, calculator, sound recorder, dan clock, sementara semua aplikasi lainnya akan stop.

Uniknya, XUI menyediakan fitur Magazine Lockscreen, yakni kata-kata inspiratif (motivasi) yang akan muncul ketika layar terkunci. Saat acara peluncuran di Jakarta, tim Infinix membocorkan update berikutnya adalah “Single hand operation”. Kendati layar 6 inci idealnya dioperasikan dengan dua tangan, tapi nanti bisa untuk satu tangan tanpa sulit.

App
Selain aplikasi yang tergabung dalam XUI, Note 2 juga mengandung aplikasi standar Android OS 5.1 Lollipop. Pengguna akan mudah menemukan Photos, Play Music, Maps, Gmail, dan Youtube. Perusahaan juga sudah menanamkan beberapa aplikasi popular yang cukup penting untuk pengguna smartphone saat ini. salah satunya adalah aplikasi untuk membuka dokumen kantor, WPS Office.

Fitur5

Saat pengujian kami mencoba membuat dokumen berupa word dan excel, dan mencoba menyunting lampiran dokumen dari email. Semua itu bisa dilakukan dari ponsel ini. Pengguna juga bisa membuat baru dan mengedit dokumen berformat powerpoint.

Tools lain yang berguna adalah peramban Opera Mini. Padahal sudah ada browser bawaan OS, tapi tetap Infinix memberi opsi lain untuk pengguna bisa berselancar dengan lebih mulus karena Opera Mini lebih ringan (hemat data). Benar saja, ketika kami mencoba membuka situs Selular.ID, homepage terbuka dalam hitungan kurang dari lima detik.

Tidak kalah penting, aplikasi bersosialisasi juga sudah preloaded di handset. Mereka adalah BBM, WhatsApp, dan Line. Lalu ada Facebook, Twitter, dan Google+.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru