Tuesday, October 15, 2019
Home Headline Review Asus Zenfone Selfie: Kamera Depan Makin Mumpuni

Review Asus Zenfone Selfie: Kamera Depan Makin Mumpuni

-

Asus-ZenfoneSelfieJakarta, Selular.ID –Meleset dari jadwal semula, yang seharusnya harusnya rilis pada kuartal ketiga, akhirnya Asus Zenfone Selfie rilis di Indonesia bersama 4 produk Zenfone lainya. Unggulkan kamera dengan lensa wide angle, Zenfone selfie siap mengakomodasi pengguna yang suka berselfie ria. Bagaimana kinerja dan fitur lainnya? Berikut adalah review lengkapnya.

[quote_box_center]

Kelebihan:

  • kamera Mumpuni
  • Kinerja cepat
  • Harga relatif terjangkau

Kekurangan:

  • Penempatan kamera depan agak aneh
  • Bodi lebih panjang

[/quote_box_center]

Circle concentric

Tidak jauh berbeda dengan Asus ZenFone 2, Zenfone Selfie memiliki desain yang sama persis. Yang membedakan antara keduanya hanyalah pada dimensi, dimana Asus ZenFone Selfie lebih panjang dibandingkan dengan Zenfone 2. Dengan desain yang sama, otomatis kenyamanan juga dapat dirasakan pada Zenfone Selfie. Hanya saja mengkin buat pengguna yang memiliki ukuran tangan yang lebih kecil mungkin akan merasa kesulitan dalam menggunakannya.

Zenfone selfie masih memiliki bentuk dengan pola lingkaran concentric pada bagian dagu dibawah layar. Begitu juga tombol volume rocker yang disediakan dibagian belakang. Selfie datang dengan pilihan warna yang berbeda dari Zenfone 2, dibagian depan terdapat kamera depan yang nampak memiliki lensa yang besar, dibagian tengah yang ditemani lampu flash dan earpiece.

Seperti Zenfone 2, Asus ZenFone Selfie juga menggunakan layar berukuran 5.5 inci dengan resolusi Full HD 1080×1920 pixel. Dengan resolusi ini tampilan Zenfone 2 selfie tajam, terang dan mampu menampilkan gambar dengan detail. Tidak hanya itu, smartphone ini juga memiliki viewing angle yang cukup luas, hal ini terbukti saat kami masih mampu melihat tampilan layar meski pada sudut yang tertentu.

Layarnya yang terang bahkan mampu membantu pengguna untuk tetap dapat menggunakannya dengan nyaman saat dibawah sinar terik matahari. Hal ini dapat dilakukan berkat reproduksi warna serta kecerahan yang dihasilkan sangat baik. Kenyamanan didapatkan tidak hanya kami rasakan dari kenyamanan menggunakan, tapi pengguna juga dapat merasakan kenyamanan karena layarnya memiliki ketahanan yang baik, berkat Corning Gorilla Glass 4.

[nextpage title=”ZenUI”]
ZenUI

Menggunakan interface ZenUI, Asus Zenfone Selfie memiliki basis OS Android 5.0 Lollipop. Tampilan ini membuat pengguna lebih mudah dalam menggunakannya. Karena selain simple, fiturnya juga lebih banyak. ASUS telah menambahkan lebih dari 1000 fitur baru pada ZenUI termasuk include ZenMotion, ZenUI launcher, Themes dan SnapView.

InterfaceYang terbaru adalah One-Handled, seperti pada beberapa phablet yang tersedia dipasaran, One Hand Mode merupakan interface yang diperkecil sehingga memudahkan pengguna menggunakan smartphone hanya dengan satu tangan saja. Tidak hanya memungkinkan pengguna untuk memperkecil ukuran interface, tetapi juga memindahkannya baik itu ke tengah, kanan atas, atau kanan bawah layar display.

Pengguna masih dapat menggunakan ketukan untuk mengaktifkan layar yang sedang non-aktif. Pada tampilan lockscreen akan tampil tanggal, cuaca, lokasi, status jaringan, dan tiga shortcut yang data diubah sesuai keinginan. Pada halaman ini pengguna juga akan diperlihatkan beberapa notifikasi masuk, tanpa harus membuka kunci layar.

FiturPada halaman homescreen secara default Asus Zenfone akan menampilkan tiga panel halaman, halaman ini dapat ditambahkan sesuai keinginan, dengan menekan pada ruang kosong di layar homescreen untuk memunculkan menu Manage Home. Secara default Zenfone Selfie tersedia dua tema bawaan, pengguna juga masih dapat menambahkan dengan mendownloadnya langsung dari ponsel.

Pada bagian bar notifikasi, Asus zenfone Selfie nampak lebih bersih. Sekali usap, ponsel akan menampilkan area notifikasi, sedangkan pada usapan berikutnya atau usapan dua jari akan menampilkan cepat pengaturan. Lalu masuk ke halaman app drawer. Sama seperti ponsel lain, yakni ada aplikasi & widget. Pada halaman ini pengguna bahkan dapat bisa menyembunyikan/mengunci aplikasi tertentu, membuat folder pintar, dan lainnya.

[nextpage title=”Kinerja “]
Kinerja

Asus ZenFone Selfie menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 615 SoC, dengan dukungan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Namun begitu Asus juga menyediakan varian lain yang diperkuat dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB. Jika kurang masih ada slot memori eksternal MicroSd yang mampu menampung memori eksternal hingga 128GB. Memiliki spesifikasi yang terbilang tinggi, smartphone Asus Zenfone Selfie memiliki kemampuan yang terbilang mumpuni.

KinerjaMenjalankan spesifikasi tinggi membuat Zenfone Selfie membutuhkan kapasitas baterai yang juga besar. Kapasitas sebesar 3000mAh disiapkan, agar pengguna dapat menggunakannya dengan lama. Didalamnya Asus juga menyediakan Smart Switch yang dapat digunakan untuk menghemat penggunaan baterai di smartphone. Sistem secara otomatis akan menswitch mode Super saving ketika tingkat level baterai (<10, 15, 20, 25, 30%) atau dengan penjadwalan.

Saat dilakukan pengukuran dengan menggunakan Antutu Bechmark smartphone ini mampu mendapatkan skor 30ribu-an. Tidak hanya itu, pengguna juga tidak perlu khawatir untuk memainkan game berat karena game berat seperti Asphalt8: Airborne dapat dijalankan dengan lancar, bahkan membuat kami ketagihan dalam memainkan game ini di smartphone.

[nextpage title=”Selfie”]
Selfie

Fitur unggulan dari Asus Zenfone selfie adalah pada kamera depan 13MP. Menawarkan lensa dengan aperture f / 2.2 dan bidang wide-angle hingga 88 derajat, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengambil foto wide angle. Dengan kamera ini mampu memberikan hasil yang sempurna untuk mereka yang suka selfie atau groupfie (group selfie). Tidak hanya kamera depan, tentunya Asus juga menyiapkan Kamera belakang yang tidak kalah apik. Dengan sensor yang sama 13 megapixel dan aperture f / 2.0 serta sistem autofocus laser. Pastinya akan memberikan hasil yang tajam dan terang.

Didalamnya telah dibenamkan fitur seperti standard automatic mode, manual mode, HDR, panorama, smart remove, slow motion, GIF animation dan time lapse. Kamera depan juga dapat menggunakan semua mode ini.

KameraHasil kamera yang diambil baik di dalam maupun di luar ruangan cukup baik. Kami melihat kualitas kamera sangat baik melihat sedikit noise pada hasil kamera pada ruangan yang minim cahaya. Kemampuan Laser autofocus terbilang cepat dan akurat. Tidak hanya itu, kemampuan fokus makro juga mampu memastikan tembakan dalam ruangan menjadi lebih baik.

Sedangkan pada kamera depan saat digunakan untuk selfie terbilang tajam, rinci dan terang. Memiliki reproduksi warna yang akurat dan memiliki kinerja yang baik pada kondisi cahaya rendah.

[nextpage title=”Multimedia”]
Multimedia

Untuk fitur multimedia, Asus tidak banyak berubah dari seri sebelumnya. Pemutar musik bawaan Zenfone 2 dapat dikelompokkan berdasarkan albums, artist, songs, genres, composer dan folder. Didalamnya Pengguna masih dapat mengatur equalizer, sehingga dapat disesuaikan dengan kualitas suaranya seperti yang diinginkan.

MusicUntuk memutar file video pengguna hanya dapat melakukannya melalui Galery. Dengan fitur ini Asus Zenfone 2 dapat memutar file video format populer, seperti mp4 dan mkv. Namun sayang pemutar video Zenfone ini masih tidak dapat menampilkan subtitle.

[nextpage title=”Konektivitas”]
Konektivitas

Smartphone ini menggunakan slot SIM hybrid, yang berarti salah satu slot SIM juga dapat digunakan sebagai slot untuk microSD, sehingga anda harus memilih untuk menggunakan dua kartu SIM atau menggunakan satu SIM karena satu slot lainnya diperuntukkan sebagai slot memori MicroSD.

Mendukung dua slot SIM, Asus Zenfone 2 memiliki kemampuan koneksi data 4G pada slot pertama, sedangkan slot SIM 2 hanya dapat digunakan untuk jaringan 2G saja. Asus Zenfone 2 mendukung Dual SIM Dual Active. Dimana kedua SIM Card akan aktif secara bersamaan.

KonektivitasSelebihnya Asus Zenfone 2 masih menyediakan Wifi, GPS, NFC dan Bluetooth untuk fitur koneksi nirkabel. Sedangkan untuk koneksi dengan kabel menyediakan kabel data MicroUSB.

 

Latest