Prosesornya Dituding Bikin Panas, Intel: Coba Saja Dulu

Harry K NugrohoJakarta, Selular.ID – Overheat atau panas berlebih pada perangkat komputasi bisa terjadi lantaran banyak sebab. Pun begitu, tak jarang salah satu komponen yang kerap menjadi kambing hitam di kala terjadinya overheat adalah prosesor. Kerap mendapat sorotan lantaran dianggap bikin panas, Intel selaku produsen prosesor angkat bicara untuk menepis hal tersebut.

Adalah Country Manager Intel di Indonesia, Harry K. Nugraha, yang baru-baru ini mengeluarkan pernyataan untuk menepis tudingan bahwa perangkat yang menggunakan prosesornya pasti panas. Secara singkat, untuk menepis apakah perangkat yang menggunakan Intel jadi panas pengguna perlu mencoba dulu. “Yang paling bagus sih coba dulu aja,” kata Harry ketika ditemui Redaksi Selular.ID di acara peluncuran Evercoss Tab S3.

Lebih lanjut soal prosesornya yang sering dituding bikin panas, Harry mengatakan bahwa pihaknya menerima masukan soal itu. “Feed back itu, tentu kita akan selalu monitor,” tandasnya.

Harry mengklaim pihaknya telah melakukan prosedur testing yang panjang, di mana masalah overheating menjadi salah satu unsur yang diperhatikan. Pihak Intel justru mempertanyakan jika isu prosesornya bikin panas kembali mencuat.

“Saya dengarnya tuh sudah lama sekali. Jadi, sebetulnya saya heran saja kalau sampai sekarang masih di bilang panas. Kalau memang panas, orang sudah berhenti jualan harusnya, bukan,” sergahnya.

Menurut Harry semua tablet, smartphone atau apa pun itu ada kecenderungan jadi panas yang dan itu tidak hanya disebabkan oleh prosesor semata. “Semua tablet, smartphone, atau apa pun itu producing panas. Penyebabnya itu banyak, mulai dari sisi prosesornya sendiri, bisa jadi dari sisi pemilihan optimisasi komponen, atau bahkan dari jaringan,” pungkasnya.