Beranda News Guvera Ungkap Tren Music Streaming di Indonesia Selama Tahun Ini

Guvera Ungkap Tren Music Streaming di Indonesia Selama Tahun Ini

-

Guvera

Jakarta, Selular.ID – Layanan streaming musik, Guvera, mengeluarkan laporan hasil studinya mengenai musik yang menjadi tren di masyarakat Indonesia sepanjang 2015.

Secara keseluruhan, studi ini menemukan adanya lanskap musik yang kompetitif, yaitu musisi lokal dan musisi internasional bersaing ketat merebut puncak tangga lagu.

Di Indonesia sendiri, 2015 merupakan tahun penting bagi industri musik, yang ditandai dengan pergeseran cara mendapatkan dan menikmati lagu dari yang tadinya diperoleh dari hasil mengunduh secara ilegal kini beralih ke layanan lagu streaming yang dapat dinikmati secara cuma-cuma.

Pada Desember 2015, total pengguna yang teregistrasi di Guvera Indonesia melampaui 1.150.000 pengguna. Mayoritas pengguna Guvera Indonesia berusia di bawah 24 tahun, yaitu sebesar 57 persen. Dilihat dari jenis kelamin, 66 persen pendengar Guvera adalah laki-laki dan 34 persen adalah perempuan.

Sebagai komunitas pencinta peranti mobile, pengguna Guvera memiliki kecenderungan untuk mendengarkan musik dalam perjalanan, dengan puncak penggunaan selama Senin sampai Jumat pukul 09.00 hingga 18.00. Masyarakat Indonesia senang ditemani Guvera saat melakukan kegiatan sehari-hari di tempat kerja dan sekolah, dengan rata – rata waktu penggunaan adalah 53:50

Sementara itu, Musik dengan hashtag #Hapy dan #Love kian populer di Indonesia. Hal ini membuat penyanyi wanita Raisa memenangkan penghargaan Top Female Artist dan Tulus dianugerahi penghargaan Top Male Artist. Bicara penyanyi luar negeri, Maroon 5 menjadi band internasional yang sangat digemari di Indonesia. Band yang sudah malang melintang di industri musik selama 20 tahun ini terus saja menghipnotis pendengar dengan album terbarunya V and classics.

Menurut Darren Herft, CEO Guvera, tren 2015 menunjukkan pendengar Guvera memiliki akses yang tinggi terhadap perkembangan musik. “Pendengar kami menikmati lagu yang dibawakan oleh musisi lokal pendatang baru maupun musisi internasional yang sudah sangat terkenal. Mereka menggunakan musik untuk mengekspresikan suasana hati dan memaknai peristiwa dalam hidup mereka. Tren 2015 yang kami lihat merupakan cerminan dari perilaku masyarakat Indonesia terhadap musik dan menjadi gambaran yang baik untuk tahun sebelumnya”

Dengan pendekatan ‘programmed globally, tuned locally’, Guvera memastikan bahwa jutaan pelanggannya dapat mengakses kumpulan musik lokal dan internasional terbaik, menggunakan fitur inovatif seperti #Play, dan kurasi tangga lagu.

Artikel Terbaru