Sunday, October 25, 2020
Home News E-Commerce Data dan Fakta Selama Harbolnas 2015 Versi Nielsen

Data dan Fakta Selama Harbolnas 2015 Versi Nielsen

-

harbolnas-logo

Jakarta, Selular.ID – Pekan lalu ada satu event yang begitu menyita perhatian para pengguna internet, apa lagi kalau bukan perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2015. Secara umum gelaran ajang Harbolnas 2015 yang diadakan oleh sejumlah toko online bisa dibilang cukup sukses.

Mengacu pada hasil survei yang dilakukan Nielsen selama Harbolnas 2015, disebutkan bahwa 76% pengguna internet mengetahui tentang perayaan Harbolnas. Menurut data yang dikeluarkan Nielsen penjualan per hari pada Harbolnas mencapai 1,8 kali lipat dibanding pada penjualan biasanya. Nilai transaksi selama Harbolnas juga disebut mencapai angka Rp2,1 triliun.

“Selama tiga hari (10, 11, 12 Desember), estimasi kami itu sales-nya sekitar Rp2,1 triliun,” tandas Rusdy Sumantry, selaku Associate Director Consumer Insight Nielsen.

Dari hasil survei ini juga ter-capture bahwa sekitar 50% dari mereka yang pernah belanja online, juga disebut kembali berbelanja pada Harbolnas 2015.

Bicara mengenai komoditi paling dicari selama Harbolnas, produk fashion dan gadget masih merupakan barang yang paling banyak dibeli konsumen saat itu. Menurut Rusdy berdasarkan hasil survei yang dilakukan, ditemukan bahwa sebanyak 65% konsumen berbelanja produk fashion, diikuti kemudian oleh gadget dengan angka 44%, produk elektronik 41%, dan travel 31%.

Berdasarkan hasil survei Nielsen selama Harbolnas juga ditemui bahwa laptop dan smartphone merupakan dua perangkat yang paling banyak digunakan konsumen ketika belanja di Harbolnas 2015 lalu. Sementara jika bicara mengenai di mana kebanyakan konsumen melakukan transaksi, dari hasil survei yang dikeluarkan Nielsen sebanyak 86% konsumen melakukan transaksi di rumah.

Latest