Friday, August 23, 2019
Home Apps UC Browser Salip Safari Sebagai Browser Mobile Terpopuler

UC Browser Salip Safari Sebagai Browser Mobile Terpopuler

-

Stat CounterJakarta, Selular.ID – Laporan Statcounter, sebuah layanan analisa independen untuk lalu lintas web, yang diterbitkan awal November 2015, menunjukkan UC Browser, sebagai browser mobile kedua terpopuler di dunia, di bawah Chrome yang menjadi jawara, dan di atas Safari yang berada di posisi ketiga, berdasarkan jumlah pageviews selama bulan September 2015.

Bukan hal yang aneh melihat Chrome (34,38%) dan Safari (16,78%) berada di daftar Top 3, karena peramban tersebut sudah terpatri sebagai default browser di setiap ponsel Android dan iOS. Yang menarik adalah UC Browser, yang notabene tidak terafiliasi dengan sistem operasi tertentu, berhasil merangkak di daftar tiga besar, dan malah menduduki posisi kedua, yang biasanya diduduki Safari. Tentu saja ini sebuah pencapaian baru.

Browser mobile andalan dari UCWeb, salah satu perusahaan Alibaba Group, itu telah meraih pangsa pasar 16,82% menurut StatCounter. Berbeda tipis dari pesaing terdekatnya.

Pencapaian terbaru ini diraih bersamaan dengan peningkatan yang konsisten di pasar-pasar luar negeri, misalnya dengan lebih dari setengah pangsa pasar browser mobile (51,9%, StatCounter) untuk bulan September di India dan pangsa pasar 42,1% (StatCounter) untuk bulan yang sama di Indonesia.

India dan Indonesia telah menjadi garis batas baru untuk Internet mobile, didorong sebagian besar oleh pertumbuhan yang cepat dari populasi yang terhubung ke Internet.

Mengomentari pencapaian ini, dalam siaran media (2/11/2015), YU Yongfu, President, Alibaba Mobile Business Goup, mengatakan bahwa selain pencapaian posisi tinggi di pasar lokal di China, pertumbuhan di luar negeri secara signifikan telah menyumbang pencapaian UC Browser untuk menjadi browser mobile nomor dua di dunia.

UCWeb telah meraih keberhasilan yang menarik di negara-negara berkembang, dengan dominasi jangka panjang di pasar browser mobile di China, India, dan Indonesia, tiga negara berkembang dengan populasi terbesar di seluruh dunia. Ketiga negara ini memiliki total penduduk sebesar 2,8 miliar, atau lebih dari sepertiga penduduk dunia. UCWeb juga mencapai posisi nomor satu di Pakistan (31,7%, September 2015, StatCounter) dan juga meraih kinerja yang baik di negara-negara lain.

Kekuatan UC Browser terletak pada teknologi unik browsing yang diperkuat cloud, yang memampatkan data hingga 60%, mampu memampatkan halaman untuk memuat halaman lebih cepat dan menghemat data, juga dengan konten lokal yang disesuaikan dengan tiap-tiap negara. Lokalisasi yang mendalam dan kemitraan kuat dengan para penyedia konten telah mendorong unduhan dan penggunaan browser ini.

Di awal bulan ini, UCWeb telah meluncurkan UC Browser 10.7 untuk Android, memberikan pengguna kebebasan sepenuhnya untuk mengatur cara mereka menemukan dan mengakses konten web.

Latest