Thursday, April 25, 2019
Home News Lima Tahun Lagi, Smartphone Akan Berevolusi Menjadi Superphone

Lima Tahun Lagi, Smartphone Akan Berevolusi Menjadi Superphone

-

  1. shao yang huawei

Singapura, Selular.ID – Kemajuan teknologi mobile membuat kehadiran smartphone semakin populer. Vendor ponsel terus berlomba-lomba untuk menggenjot perkembangan dan produksi perangkat smartphonenya hingga tahun mendatang. Dalam ajang Innovation Day 2015 di Singapura, Huawei menyebut akan adanya evolusi baru dari smartphone, yang disebut superphone.

Maksud ‘superphone’, yaitu sebuah smartphone dengan hardware yang memiliki kemampuan sempurna. Generasi superphone akan mengintegrasikan teknologi nyata dengan digital, di mana segala sesuatu yang dapat dihubungkan bakal terhubung.

Huawei meramalkan bahwa evolusi smartphone ke superphone akan berlangsung dalam siklus 12 tahun, sama seperti siklus Motorola menciptakan telepon fitur pertama pada tahun 1995 dan Apple mengakhiri siklus tersebut dengan menciptakan smartphone pertama di tahun 2007.

“Terinspirasi oleh evolusi biologis, ponsel saat ini kami tahu akan datang sebagai superphone,” kata Shao Yang, President of Strategy Marketing, Consumer Business Group Huawei, saat event Huawei Innovation Day Asia 2015, di Raffles Hotel, Singapura.

Menurutnya, kekuatan superphone akan terus berkembang hingga menjadi intelijen digital. Melalui evolusi dan adaptasi, superphone akan lebih cerdas, meningkatkan dan mengubah persepsi kita, serta memungkinkan manusia untuk pergi lebih jauh dari sebelumnya.

Masa keemasan superphone didasari oleh kemajuan dalam big data, cloud computing, dan digital intelligence, yang menjadi komponen dari Internet of Things (IOT).

Untuk membangun ekosistem serba digital, perusahaan teknologi asal Tiongkok tersebut sudah bekerja pada sistem IOT dengan mengembangkan teknologi intelligence seperti analisis big data, software-defined networking (SDN), digital intelligence, 3D scanning, dan teknologi interaktif seperti augmented reality dan virtual reality.

Huawei juga fokus ke sektor connected car, dengan membentuk kemitraan dengan Mercedes-Benz, Audi, dan Volkswagen, dua diantara produsen mobil mewah itu bakal mengintegrasikan modul 4G Huawei dalam kendaraan mereka.

“Dari smartphone, connected car, fashion, smart cities, inovasi teknologi mobile terus berkembang, sangat mengubah hubungan antara manusia dan dunia,” ujar Shao. (edk)

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest