Hands On Review: Sony Xperia Z5 Compact dan Premium

Xperia-Z5_1Jakarta, Selular.ID – Sebelum resmi diluncurkan Selular.ID memang sudah melakukan Hands On pada produk Sony Xperia Z5. Dan setelah kemarin Sony secara resmi meluncurkan tiga varian Xperia Z5 (Xperia Z5 Compact, Xperia Z5 dan Xperia Z5 Premium), akhirnya Selular.ID juga berkesempatan untuk melakukan pengalaman pertama menggunakan dua varian lainnya yakni Xperia Z5 Compact dan Z5 Premium.

Nah, kali ini kami akan sajikan bagaimana pengalaman pertama menggunakan varian terkecil dari Xperia Z5, Yakni Xperia Z5 Compact dan Xperia Z5 Premium. Bagaimana rasanya? berikut adalah Hands On-nya

Desain
Salah satu yang berbeda dari dari Xperia Z5 Compact adalah tombol power yang dibuat oval, sehingga lebih lebar dari Xperia lainnya yang biasa dibuat melingkar. Pada tombol ini juga dibenamkan sensor fingerprint, sehingga pegguna dapat membuka.

Xperia-Z5_compact2Seperti produk Sony Xperia Z5, Z5 Compact terasa mudah dipegang dan digunakan, karena dibuat lebih kecil, simpel dan sederhana. Melihat bagian depan desainnya masih tidak jauh berbeda dengan produk Xperia lainnya.

Xperia-Z5_6Tidak hanya dengan satu tangan, dipegang dengan dua tangan juga masih nyaman untuk digenggam. Bumper dan panel belakang dibangun dengan material plastik matte yang halus, yang dibuat seperti sebuah kaca sehingga terasa sangat lembut ketika jari anda memegangnya.

Berbeda dengan seri Premium yang menggunakan single alumunium frame membuat smartphone kokoh dan rigid. Dibalut material metal yang sama dengan seri Z5, membuat smartphone sangat elegan. Apalagi pilihan warna juga lebih mewah (Chrome, Black, Gold)sangat ccok untuk mereka yang mapan. Seri yang satu ini memang lebih besar, karena layar yang lebih luas 0,3 inci.

Xperia-Z5_compact1Perbedaan yang cukup mencolok adalah pada resolusi dan ukuran layar. Disesuaikan dengan ukuran layar 5.5 inci. Xperia Z5 Premium memiliki resolusi yang besar 4K dengan 3840 x 2160 piksel. Tidak hanya itu, kerapatan pikselnya juga lebiih baik dengan 806 PPI.

Xperia-Z5_3Untuk Z5 Compact mengikuti filosofi pendahulunya, namun varian yang satu ini membawa spesifikasi mumpuni di smartphone yang lebih mungil. Perbedaan yang mendasar dalan resolusi yang lebih kecil 720p, di layar berukuran 4.6 inci. Namun, berkat ukurannya yang lebih kecil resolusi yang lebih rendah, jadi tidak terlalu terasa.

Seperti Xperia Z5, Xperia Z5 Compact dan Xperia Z5 Premium masih memiliki sertifikasi IP68, yang berarti smarthone ini masih mampu diajak menyelam didalam air tawar hingga 1,5 meter.

Xperia-Z5_5Spesifikasi

Seperti pada varian  lainnya, Xperia Z5 Compact juga dibekali prosesor chipset Qualcomm Snapdragon 810. Selain itu pengguna juga diberikan keleluasaan untuk menambahkan memori eksternal via kartu microSD. Namun bedanya varian dengan ukuran yang lebih kecil ini didukung dengan RAM yang hanya 2GB.  Z5 Compact akan berjalan diatas Android 5.1.1. Lollipop dengan interface Xperia UI diatasnya.

Xperia Z5 Compact diperkuat oleh baterai non-removable 2700 mAh yang berarti 200 mAh lebih renda dari Xperia Z5. namun berbeda dengan Xperia Z5 dan Z5 Compact, Xperia Z5 Premium memiliki kapasitas baterai yang lebih besar yakni 3430 mAh. Namun begitu, Sony mengklaim bahwa ketiga varian ini memiliki daya tahan hingga 2 hari.

Xperia-Z5_compac3Kamera

Salah satu pengembangan yang ditambahkan pada seri Xperia Z5 (Compact dan Premium) adalah pada fitur kamera, sama seperti varian Xperia Z5 lainnya, Sony Xperia Z5 Compact dan Premium juga datang dengan sensor kamera Exmor-RS dan menawarkan resolusi 23MP,  yang merupakan resolusi tertinggi saat ini untuk sebuah smartphone. Kamera menawarkan aperture f/2.0 yang mampu menghasilkan kualitas yang bagus  pada kondisi pencahayaan rendah dan tingkat stabilisasi yang baik. Sensor Exmor-RS juga mampu membawa kemampuan autofocus yang cukup cepat, hanya dengan 0.3 detik smarphone ini mampu menangkap fokus pada kamera.

Xperia-Z5_4Didalam kameranya Sony juga masih membawa beberapa fitur yang ada pada seri sebelumnya seperti including AR, panorama modes, slow motion, face in picture, dan masih banyak lainnya.

Dengan kamera ini bisa dipastikan pengguna akan dimanjakan dengan kemampuan fotografi dan selfie. Namun bagaimana kemampuan secara detailnya? simak terus review lengkapnya di Selular.ID.

Xperia-Z5_2