Wednesday, June 19, 2019
Home Devices Smart TV Chromebit, Dongle HDMI Yang Bisa 'Sulap' TV Menjadi Komputer

Chromebit, Dongle HDMI Yang Bisa ‘Sulap’ TV Menjadi Komputer

-

Google-ChromebitJakarta, Selular.ID – Pada bulan Mei awal tahun ini, Google dan Asus mengumumkan kolaborasinya untuk segera menghadirkan dongle HDMI yang disebut Chromebit. Dan sekarang, stick yang mirip dengan flashdisk itu, siap dipasarkan.

Pada dasarnya, Chromebit adalah kumpulan paket software Chromebook yang dijejalkan dalam sebuah dongle HDMI berukuran saku. Dengan cara ditancapkan, stick ini bisa mengubah TV atau monitor yang memiliki port HDMI, menjadi sebuah komputer.

Paket hardware yang menarik ini dihargai $85 atau sekitar Rp1,2 juta. Chromebit ditopang prosesor Rockchip berbasis ARM 3288 yang dipasangkan dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB. Pada pilihan konektivitas, Chromebit mendukung WiFi  802.11ac, Bluetooth 4.0, serta port USB 2.0. Port USB 2.0 di Chromebit bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti mouse atau keyboard, USB pen drive, atau hard disk eksternal.

Seperti yang tersirat dari penamaannya, dongle ini menjalankan Chrome OS, sistem operasi ringan yang berbasis cloud. OS ini cukup ideal untuk tugas-tugas dasar antara lain seperti web browsing, mendengarkan musik dan menonton video. Pengguna juga dapat membuat dokumen Word, Excel spreadsheet dan presentasi PowerPoint.

Sebagai permulaan, Chromebit akan tersedia di Amerika Serikat di pengecer seperti Amazon dan lain-lain. Dalam beberapa bulan mendatang, dongle juga akan tersedia di negara-negara seperti Finlandia, Jepang, Australia, Kanada, Selandia Baru, Denmark, Spanyol, Taiwan, Swedia, Norwegia dan Inggris.

Namun, rincian harga dan jadwal ketersediaan untuk pasar Indonesia belum diketahui.

Latest