BerandaNewsSmartfren Incar Layanan Home Solution

Smartfren Incar Layanan Home Solution

-

Roberto-SaputraSeoul, Selular.ID – Smartfren baru saja mengeluarkan tiga perangkat mobile wifi (Andromax M2S, M2P dan M2Y). Ini menjadi salah satu startegi operator ini untuk mempercepat adopsi 4G. Selanjutnya Smartfren berniat menghadirkan layanan Home Solution sebagai upaya pemanfaatan teknologi 4G.

” Perangkat seperti mobile wifi sebenarnya hanya sebagai enabler saja, ke depannya kami lebih menyasar pada layanan solusi. Salah satunya Home Solution yang berbasis layanan Internet of Things” ujar Roberto Saputra, Direktur Smartfren saat berada di Korea dalam acara Smartfren Media Visit LG Innotek Korea (5-8/10/2015).

Roberto mencontohkan yang dimaksud layanan Home Solution, misalnya pintu yang dilengkapi kamera dan sensor. Jadi ketika ada tamu atau orang yang datang ke rumah, pemilik rumah akan dikirimkan foto tamu tersebut, sehingga bisa diketahui dari mana pun dan kapan pun. Atau misalnya sedang asyik menonton film di TV rumah, ternyata harus pergi. Maka layanan film yang sedang ditonton bisa ‘dipindahkan’ ke layar smartphone secara seamless, sehingga tidak perlu khawatir akan tertinggal jalannya film.

Smartfren sendiri sedang mencoba bekerjasama dengan LG Innotek untuk menyediakan perangkat home gateway untuk layanan Home Solution. “LG sudah menawarkan perangkat dan solusi Home Solution” kata Roberto. Meski ada niat untuk mengembangkan layanan ini, tapi menurut Roberto Smartfren juga tidak ingin terburu-buru. Dia juga menegaskan masih perlu riset pasar apakah banyak yang berminat pada layanan ini. Juga perlu waktu untuk adaptasi layanan ini. “Namun tidak bisa dipungkiri, Internet of Things nanti akan menjadi salah satu masa depan bagi layanan 4G” ungkap Roberto.

Artikel Terbaru