Wednesday, July 17, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review: Sony Xperia M4 Aqua - Android Lollipop yang Tahan Air

Review: Sony Xperia M4 Aqua – Android Lollipop yang Tahan Air

-

Xperia_M4_AquaJakarta, Selular.ID – Setelah Xperia Z3+ Sony juga memiliki varian baru untuk flagship yang memiliki kemampuan bertahan didalam air. Dibekali sertifikasi IP68,M4 Aqua mampu bertahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1.5 meter selama 30 menit. Bagaimana fitur lainnya?

OmniBalance
Melihat desain Xperia M4 Aqua memangsudah tidak asing, karena seperti smartphone flagship lainnya Sony membuatnya engandesain yang mereka sebut sebagai desain OmniBalance. Persis seperti Xpeia Z3, Xperia M4 Aqua nampak elegan dan terasa sangat kompak dan nyaman bagaimanapun pengguna memegangnya. Memiliki embel-embel nama “Aqua” bukalah tanpa tujuan, karena smartphone ini memang memiliki kemampuan tahan terhadap air, seperti Xperia Z3.

Tidak hanya secara bentukan, dimensi M4 Aqua juga persis sama dengan Xperia Z3. Perbedaannya hanyalah pada bobot,dengan 16 gram lebih ringan dibandingkan Z3. Mungkin karena Body M4 yang terbuat dari bahan material polikarbonat, sehingga bobot lebih ringan dibandingkan Z3 yang menggunakan material metal.

MusicMemiliki bobotnya yang lebih ringan memang terasa lebih ringkih,namun hal ini justru memberikan kenyamanan saat menggunakan dalam jangka waktu lama pada genggaman satu tangan.  Pada bagian depan, M4 Aqua dibekali sensor camera depan, microphone untuk menelpon lampu LED notifikasi speaker dan logo Sony yang berada tepat diatas layar. Sedangkan dibawah layar tesedia microphone yang lubang yang cukup besar.

Tombol power tersedia disebelah kanan dibagian tengah antara tombol volume dan tombol shutter kamera dibagian bawah dan slot nanoSIM dibagian atas yang ditutup panel pelindung.  Pelindung ini diberikan guna melindungi port dari cipratan air.

Layar
Menggunakan layar seluas 5 inci, sayang tampilannya tidak seperti Xperia Z3 dan Z3 + yang menggunakan teknologi layar Triluminos dan X-Reality Engine, M4 Aqua hanya dibekali layar IPS 16 Juta warna dengan ukuran 5 inci resolusi HD 720 x 1280 pixels. Beruntung smartphone ini masih memiliki kerapatan pixel hingga 294 ppi, sehingga tampilan lebih tajam dan jernih.

interfaceBerjalan diatas Android 5.0 Lollipop, Sony masih menambahkannya dengan interface Xperia UI. Sama seperti Xperia X3+ pada halaman Lockscreen Sony menempatkan widget jam dan notifikasi jika ada pemberitahuan SMS, email atau lainnya.
Pada bagian homescreens, secara default memiliki hingga tujuh panel, dimana Anda dapat memilih salah satu dari mereka sebagai Home. Pada halaman menu utama, Sony menampilkan layout aplikasi grid 4×5 aplikasi. Aplikasi ini dapa anda susun menurut abjad, aplikasi yang sering digunakan, atau sesuai keinginan pengguna. Untuk mengubahnya, Anda perlu memunculkan menu dari samping kiri.

Snapdragon 615
Untuk jeroan, Sony menyiapkan Chipset terbaru Snapdragon 615 dari Qualcomm sebagai pengganti chipset lama yang tertanam pada Z3 yang menggunakan Snapdragon 810. Masih memiliki kemampuan proseros octa-core 64-bit, kecepatan CPU ini mampu dipacu hingga dari 1.5Ghz dengan dukungan 2GB RAM.

Sayangnya memori internal yang dimilikinya tidak begitu besar. Berkapasitas 8GB, pengguna diperkenankan menggunakan sekitar 2,5 GB untuk menambah aplikasi atau menyimpan data. Beruntung sony masih menyematkan Slot MicroSD, sehingga pegguna dapat menambahkannya melalui kartu memori eksternal hingga 128GB.

KinerjaDengan spesifikasi hardware yang dimilikinya Sony Xperia M4 Aqua mampu menjalankan semua aktivitas dengan lancar tanpa ada masalah. Tidak hanya menjalankan satu aplikasi bahkan banyak aplikasi sekaligus pada saat yang bersamaan. Dengan menggunakan aplikasi Antutu Benchmark smartphone ini mampu mendapatkan skor hingga 33 ribuan. Tidak hanya itu, kami juga mengujinya dengan memainkan game3D, RE-VOLT 2. Gameini dapat dimainkan dengan semmpurna tanpa ditemukan lag sedikitpun.

Sony mengklaim Xperia M4 Aqua mampu bertahan seharian, hal ini berkat fitur energy saving.  Xperia M4 Aqua juga memiliki Mode Ultra Stamina, yang dapat mampu menghemat daya M4 Aqua. Dengan fitur ini bahkan smartphone ini mampu memutar video HD hingga 7 jam dan memutar musik hingga dan 64 jam .

Saat kami buktikan,nampaknya sony tidak main–main dengan pernyataannya, karena satu hari menggunakan M4 Aqua untuk panggilan telepon, SMS dan memeriksa email secara teratur, smartphone dapat mempertahankan baterai hingga 60%. Jadi bisa dikatakan bahwa smartphone ini mudah mampu dua hari dengan penggunaan standart. Berbeda  saat kamimenggunakannya untuk browsing melalui WiFi dan jaringan selular. Baterai lebih cepat habis hingga hanya menyisakan 20% setelah 15 menit untuk browsing.

Kamera
Untuk fitur kamera, Sony memang masing mengunggulkan fitur ini. Dibekali dengan sensor kamera belakang 13MP Exmor RS yang dilengkapi LED Flash dan kamera depan 5MP. Aplikasi kamera dapat diakses baik melalui menu,tombol shutter kamera maupun melali shortcut melalui dari halaman lockscreen.

kameraSeperti pada seri Xperia lainnya, Xperia M4 Aqua juga memiliki mode Superior auto,  Panorama, multi camera dan augmented reality. Selebihnya pengguna bahkan dapat mendownload fitur lainnya via OTA.

Hasilnya foto dari kamera utama sangat baik baik dalam kondisi indoor maupun outdoor. Foto mampu menghasilkan reproduksi warna alami. Selain jernih dan mampu menampilkan gambar yang detail baik.

Selain untuk mengambil foto, kamera ini juga mampu menghaslkan video. Meski belum mampu menghasilkan video dengan resolusi 4K, namun dengan hasil resolusi 1080p pada 30fps, nampaknya cukup untuk mengakomodasi pengguna yang ingin megabadikan memen penting.

Konektivitas
Dai segi koneksi Sony telah menyiapkan M4 Aqua dengan teknologi 4G (LTE) dengan kecepatan maksimal 150 mbps.Jika daerah anda belum adad koneksi ini,maka anda masih dapat mengakses 3G dengan kecepatan 42 mbps. Selain itu pengguna juga dapat memanfaatkan koneksi Wifi berteknologi Dual Band untuk dapat terkoneksi ke Internet.

SketchFitur koneksi lainnya, Sony juga telah menyiapkan NFC yang bisa terhubung keperangkat yang mendukung seperti Speaker Portable ataupun Headset. Selebihnya masih tersedia koneksi Bluetooth V4.1, dan microUSB v2.0. Kemampuan ponsel ini semakin maksimal setelah disediakan GPS dengan teknologi A-GPS dan Glonass. Namun sayangnya M4 Aqua ini tidak dibekali dengan kemampua Dual SIM.

Latest