Beranda News Security Pemerintah Harus Sigap Halau Serbuan Cybercrime

Pemerintah Harus Sigap Halau Serbuan Cybercrime

-

trend micro

Jakarta, Selular.ID – Kejahatan dunia maya kini dirasa kian mengkhawatirkan. Penjahat siber kini makin getol dalam melancarkan aksi kejahatan mereka dengan memanfaatkan teknologi canggih. Kejahatan yang melibatkan kegiatan jual beli data kini tidak lagi terbatas pada hal terkait pencurian kartu kredit semata.

Aksi pencurian identitas kini telah berevolusi seiring berkembangnya teknologi. Tanpa disadari, penjahat-penjahat siber yang melancarkan aksinya secara bergerilya di bawah tanah dengan keji memperjualbelikan hasil curian data daring milik pengguna, layaknya pebisnis yang menjajakan produk dan layanan.

Data hasil rampasan yang diperjualbelikan di antaranya, seperti email, data pribadi di media sosial, online gaming, serta informasi akun online banking milik nasabah. Bagi mereka, akun daring milik pengguna bak ladang emas yang siap mereka eksploitasi.

Mengingat data merupakan aset yang begitu berharga, Myla Pilao, Director, TrendLabs Research Trend Micro, mengatakan bahwa peningkatan ancaman-ancaman baru di perpetaan kriminalitas siber patut mendapatkan perhatian serius dari lembaga-lembaga bisnis maupun pemerintahan.

“Lembaga-lembaga bisnis dan pemerintahan dituntut untuk mulai menyadari pentingnya membekali diri dalam rangka menghadapi setiap ancaman dan tantangan terkait keamanan IT” saran Myla dalam perhelatan bertajuk Cybercrime 2015.

Ia menekankan, bahwa segala bentuk korporasi diharapkan akan semakin giat dalam mengasah kemampuan mereka, mempersiapkan peranti serta memperkuat infrastruktur keamanan sehingga mampu memerangi setiap ancaman yang hadir, sekaligus untuk memperkokoh pertahanan siber yang mereka terapkan.(Ind)

Artikel Terbaru