spot_img
BerandaFokusModernisasi Jaringan Mendorong Laju 4G-LTE

Modernisasi Jaringan Mendorong Laju 4G-LTE

-

Ilustrasi teknisi jaringan Indosat
Ilustrasi teknisi jaringan Indosat

Jakarta, Selular.ID – Sebelum era 4G-LTE resmi dimulai, sebenarnya kecepatan akses internet super cepat sudah bisa dirasakan.

Indonesia resmi menabuh genderang 4G LTE pada Desember 2014. Pelaku industri telekomunikasi memahami betul bahwa teknologi 3G lambat laun akan beralih ke 4G. Hanya saja, waktu itu belum ada yang tahu kapan pemerintah memberikan lisensinya. Maka dari itu operator mulai menginvestasikan dana dengan membangun infrastruktur penunjang 4G sejak setahun lalu. Namun agak berbeda dengan Indosat. Kalau operator lain “baru” membangun BTS (base transceiver station) 4G yang dikenal dengan istilah E NODE B, pada tahun 2014, Indosat sudah menyiapkannya satu tahun lebih awal. Yakni pada tahun 2013, operator terbesar kedua itu mulai melakukan modernisasi jaringan agar siap menghadapi persaingan di era layanan data. Dengan dilakukannya modernisasi, seluruh jaringan yang dimiliki Indosat akan siap untuk mendukung layanan 4G LTE.

Jaringan 4G atau LTE (Long Term Evolution) merupakan teknologi jaringan telekomunikasi terbaru yang dikategorikan sebagai teknologi generasi keempat. 4G-LTE memiliki keunggulan pada kecepatan dan efisiensi jaringan, sehingga pelanggan dapat menikmati layanan data dengan lebih nyaman. Pelanggan akan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti browsing, chatting, berkomunikasi, unduh / unggah data dan foto, content streaming dan bermain game dengan lebih cepat dan efisien.

Jaringan 4G Paling Siap
Seluruh operator selular menggelar secara bersama layanan 4G LTE tahap kedua di frekuensi 1800Mhz secara komersial pada Juli 2015. Dan seluruh operator menyatakan siap untuk mempercepat penggelaran jaringan 4G-LTE (Long Term Evolution) di seluruh Indonesia. Komitmen ini diwujudkan Indosat melalui program modernisasi jaringan Indosat secara nasional. Menjadikan seluruh jaringannya 4G-LTE ready, atau siap mengaktifkan layanan telekomunikasi berbasis teknologi 4G-LTE.

Program ini telah dimulai sejak 2 tahun lalu yang mampu memberikan kecepatan download hingga 185 Mbps dan upload data hingga 41 Mbps, tercepat di Indonesia saat ini. Berkat modernisasi jaringan juga, coverage Indosat semakin luas, selain kecepatan yang tinggi dan stabil untuk akses data, serta kualitas panggilan suara lebih jernih dengan fitur HD voice (high definition voice). Sampai akhir tahun 2014 saja, operator selular yang identik dengan warna kuning ini telah berhasil menyelesaikan modernisasi jaringannya di 42 kota besar beserta area sekitarnya (setara hampir 200 kabupaten/kotamadya) di seluruh Indonesia.

Sesuai jadwal, modernisasi jaringan Indosat di pulau Jawa sudah selesai seluruhnya pada bulan September 2015. Pengaktifan jaringan 4G-LTE di kota-kota besar di seluruh Indonesia akan dilanjutkan sampai akhir tahun dan diikuti dengan penggelaran di kota-kota lainnya pada tahun 2016.

Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat, mengatakan bahwa pihaknya telah menghadirkan teknologi 4G-LTE ini melalui layanan Indosat Super 4G-LTE sejak bulan April 2015 di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali. Kemudian hadir di Balikpapan dan segera menyusul kota-kota lainnya di seluruh Indonesia dalam beberapa waktu ke depan di pita frekuensi 900Mhz dan 1800Mhz yang mendukung teknologi Carrier Aggregation.

Indosat optimis akan segera dapat mempercepat penggelaran 4G-LTE ini di seluruh Indonesia karena didukung program modernisasi jaringan yang masih terus berlangsung dan dipercepat penyelesaiannya. “Bukan lagi pembangunan infrastruktur yang masif, hanya menunggu lisensi dan menyuntikkan software baru, kami siap menambah layanan 4G di kota-kota besar,” tutur Alex.

Dalam melakukan modernisasi, Indosat menggunakan teknologi U900 dan DC-HSPA+ yang dinilai mampu menghasilkan akses data yang lebih kencang. Dengan teknologi U900 coverage yang dijangkau bisa lebih luas dengan jumlah cell yang lebih sedikit. Sedangkan DC-HSPA+ membuat kapasitas jaringan lebih besar.Teknologi ini sangat efisien dalam memperluas jangkauan dan memperbesar kapasitas.

spot_img

Artikel Terbaru