Tuesday, November 19, 2019
Home Smartphone HTC One A9 Resmi Diumumkan, iPhone Rasa Android

HTC One A9 Resmi Diumumkan, iPhone Rasa Android

-

htc-one-a9Jakarta, Selular.ID – HTC sudah meluncurkan ponsel andalannya tahun ini. Tapi penjualan One M9 dirasa kurang memuaskan sang produsen. Mungkin karena itu, pada semester kedua, vendor asal Taiwan itu kembali mengumumkan perangkat signifikan baru, One A9.

Sekilas, desainnya sangat familiar. Bila logo HTC di belakang ditutup, mungkin Anda bisa meyakinkan orang bahwa One A9 adalah handset iPhone 7 versi awal, yang siap meluncur tahun depan. Tapi banderolnya jauh lebih terjangkau, yakni US $400, atau setara dengan Rp4,4 juta dengan nilai konversi saat ini.

Penempatan garis antena yang identik adalah petunjuk pertama. Tapi ini bukan hal baru, karena HTC pernah memperkenalkan garis serupa pada One M7 pada tahun 2013. Namun Apple menjadikannya ciri khasnya dengan merilis iPhone 6 di tahun berikutnya.

Sementara material aluminium anodisa berbentuk wafer dengan sudut membulat yang lembut dan corong mesin speaker di bagian bawah sangat mirip dengan desain kompetitor.

Tentu tidak semua penjuru sama, ada juga perbedaan desain antara keduanya. Slot tambahan untuk penyimpanan micro SD tentu tidak tersedia di iPhone. Tombol home yang juga pembaca sidik jari di A9 berbentuk lonjong, bukan lingkaran. Bentuknya sangat mirip dengan tombol sensor sidik jari yang juga tombol home pada Samsung Galaxy S6.

Menilik lembar spesifikasinya, HTC One A9 memberikan penawaran yang cukup fantastis. Berbekal chip anyar Snapdragon 617 dengan prosesor Octa-core 1,5GHz, yang secara teori A9 akan berlari lebih kencang dari iPhone 6 yang menggunakan Chip A8 1.4-GHz.

Mengusung AMOLED Full HD, layar A9 terlihat sangat mencolok. Mengadopsi Android 6.0 Marshmallow, icon akan pop-up perlahan dan teks muncul lebih tepat.

Kamera 13MP di belakang menyajikan fitur optical image stabilization dan alat editing Hyperlapse yang memungkinkan pengguna mempercepat video.

Pada segmen audio, HTC BoomSound menjanjikan suara di headset “lebih baik dari kualitas CD”, tapi perusahaan mengorbankan speaker ganda yang biasa menghadap ke depan.

Mengenai daya tahan, vendor mengklaim telah meningkatkan hidup baterai hingga 12 jam pemutaran video HD pada satu kali pengisian baterai.

Di sisi perangkat lunak, HTC menyesuaikan Sense UI agar lebih sejalan dengan Android. Artinya, mengurangi aplikasi dengan fungsi sama, misalnya HTC Music dan Google Play Music.

Spesifikasi HTC One A9

OS: Android 6.0 (Marshmallow) w/ HTC Sense UI
CPU: Snapdragon 617, 1.5GHz 64-bit octa-core
Screen: 5-inch 1080p AMOLED
RAM: 3GB
Storage: 32GB + 2TB of storage
Camera: 13 megapixel rear camera / 4 UltraPixel front camera
Battery: 2,150 mAh
Colors: Opal Silver and Carbon Grey
Price: $400 unlocked

Latest