spot_img
BerandaSmartphoneHands-on Microsoft Lumia 950

Hands-on Microsoft Lumia 950

-

lumia-950
Jakarta, Selular.ID – Microsoft masuk kembali ke pasar smartphone dengan fokus lebih mendalam ke perangkat lunaknya, Windows 10 Mobile, dan konektivitas handal Continuum. Dengan teknologi PureView dan resolusi 20MP, fitur kamera utama di Lumia 950 boleh dikatakan sebagai cameraphone terbaik saat ini. Lantas bagaimana spesifikasi keseluruhannya, Selular.ID hadirkan hand-on bagi ponsel pintar yang baru saja diluncurkan oleh raksasa teknologi asal Redmond, AS, tersebut.

—–
Kebanyakan smartphone saat ini punya tampilan mirip. Tidak banyak di antaranya yang punya ciri khas. Desain Lumia 950 tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya. Dimensi 145 X 73.2 X 8.2mm dan bobot 150 gram membuatnya terlihat ramping dan ringan. Lumia 950 cukup pas di genggaman tangan, tidak terlalu besar, juga tidak kekecilan. Selain itu, setiap sudut Lumia 950 punya desain melengkung sehingga tidak tajam.

Secara keseluruhan, penerus dari Lumia 930 dan 1520 ini tampil dengan desain kotak khas Lumia series. Bedanya, tak ada lagi back cover warna-warni yang membuat ponsel terlihat elegan dan maskulin, nilai lebih dari Lumia 950 adalah materialnya yang cukup solid.

layar lumia 950

Beralih ke depan, Anda hanya akan menemukan layar 5.2 inchi. Microsoft Device sengaja menghilangkan tombol back, logo Windows home, dan pencarian yang biasanya berjejer di bagian bawah layar dengan penggunaan tombol on-screen. Yang berubah adalah penempatan tombol dan port di sekeliling ponsel. Berbeda dengan seri Lumia lainnya, tombol power dan volume pada Lumia 940 ditempatkan di sisi kiri, sementara bagian kanan dibiarkan kosong. Port Micro-USB di bagian bawah dan headset socket di bagian atas.

Bagian atas Lumia 950
Bagian atas Lumia 950

Bagian Kiri Lumia 950
Bagian Kiri Lumia 950

Bagian kanan Lumia 950
Bagian kanan Lumia 950

Bagian bawah Lumia 950
Bagian bawah Lumia 950

Sebagai smartphone flagship perusahaan tahun ini, tampilan layar Lumia 950 terbilang mengesankan. Layar 5.2 inchi multitouch cukup lebar dan dibekali resolusi 1440 x 2560 pixel, kerapatan pixel 564 ppi serta teknologi AMOLED display yang dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3.

Dibekali prosesor hexa-core 64-bit Snapdragon 808 dan RAM 3GB, kinerja Lumia 950 berjalan mulus dan responsif. Tidak terjadi reboot atau crash selama pengujian. Kinerja grafis Lumia 950 juga cukup meyakinkan berkat dukungan Adreno 418, terutama untuk main game.

Untuk kapasitas ruang penyimpanan, Lumia 950 punya tiga opsi memori internal yang lapang sebesar 32GB, 64GB, dan 128GB. Bila ruang penyimpanan dirasa kurang, bisa ditambah melalui slot microSD hingga 200GB. Teknologi charging Lumia 950 mengikuti tren saat ini, yaitu Qi wireless dan USB Type-C.

Fitur kamera di Lumia 950
Fitur kamera di Lumia 950

Untuk kebutuhan fotografi, Lumia 950 dibekali kamera belakang 20MP PureView dengan tiga LED Flash, aperture 1.9, optical image stabilization, dan lensa Zeiss. Fitur pengaturannya cukup lengkap. Selain untuk menjepret, kamera utama ini juga cukup baik untuk merekam video 4K dan Microsoft Living Images. Didukung berbagai aplikasi khas kamera Lumia, pengguna bisa bebas berkreasi dengan jepretan kamera. Salah satu keistimewaan fitur kamera di smartphone ini adalah saat kita memotret objek bergerak, sensor dapat langsung fokus untuk menghindari blur. Cocok untuk fotografi olahraga atau otomotif.

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna ponsel masa kini yang hobi berfoto selfie, Microsoft membekali Lumia 950 dengan kamera selfie beresolusi cukup besar, yakni 5MP dengan wide angle dan video capture 1080p. Spesifikasi yang seharusnya bagi ponsel flagship.

Aplikasi Lumia 950
Aplikasi Lumia 950

Lumia 950 sudah berbasis Windows Phone 10 Mobile dengan segudang fitur andalan Microsoft di sistem operasi terbaru, Windows 10. Selain Cortana, nilai tambah keasyikan dari Lumia 950 yakni adanya aplikasi bawaan Continuum dan Windows Hello. Continuum pada dasarnya akan mengubah smartphone menjadi sebuah personal computer (PC) melalui sambungan display docking. Bila terhubung, tak perlu kuatir bila baterai ponsel bakal cepat panas dan boros. Pengisian daya akan berjalan selama koneksi terhubung, ditambah ada teknologi cooling pad untuk meredam panasnya. Sementara itu, Windows Hello difungsikan sebagai pengganti fingerprint sensor, di mana Microsoft menggunakan teknologi iris scanning untuk membuka kunci (unlock) pada Lumia 920.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru