spot_img
BerandaNewsE-commerce Asal Tiongkok, Ramaikan Pasar Belanja Online di Indonesia

E-commerce Asal Tiongkok, Ramaikan Pasar Belanja Online di Indonesia

-

JDJakarta, Selular.ID – Pasar belanja online di Indonesia semakin ramai. Tidak hanya ditandai dengan bermunculannya beberapa toko online lokal, juga karena masuknya beberapa pemain asal luar. Salah satunya JD, ecommerce asal Tiongkok yang kini resmi beroperasi di Indonesia dengan alamat website www.jd.id.

Menggunakan domain .ID menjadi salah satu strategi JD untuk bisa menembus ketatnya persaingan ecommerce di Tanah Air. “Kami hadir di Indonesia untuk memberikan pengalaman belanja online yang lain bagi konsumen di Indonesia. Produk yang kami jual asli 100%, kualitas terjamin, harga kompetitif, layanan purna jual resmi, dan pengiriman satu hari sampai khusus untuk Jabodetabek” ujar Li Zhang Country Manager JD Indonesia, mencoba meyakinkan.Lebih lanjut dia menjelaskan, pelanggan juga mendapatkan kemudahan cara pembayaran, baik dengan kartu kredit, transfer bank, maupun COD (bayar tunai di tempat saat barang sampai di tujuan).

Berbeda dengan beberapa toko online lainnya, JD memfokuskan pada penjualan barang-barang elektronik saja. Di websitenya disediakan 7 kategori jenis barang elektronik, Smartphone & Tablet, Laptop & Komputer, Peralatan Kantor & Jaringan, Perangkat Keras & Komputer, Kamera & Audio, Smart & Gaming, dan lantai terakhir adalah TV Layar Datar.

Meskipun baru memulai operasi, JD mengaku telah mendapat dukungan penuh dari brand-brand terkemuka, salah satunya Lenovo Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kerjasama penjualan eksklusif launching Lenovo A2010. Yaitu smartphone 4G LTE dengan fitur dual kamera 5MP & 2MP, Memori 8GB, Dual SIM, Prosesor Quad Core, dan sistem operasi Android 5.1 Lollipop. Smartphone ini dijual seharaga Rp1.299.000. JD juga melakukan strategi harga promo untuk smartphone Lenovo A2010 ini, yaitu khusus tanggal 30 Oktober 2015, harga promo dengan stok terbatas menjadi Rp999.000.

Baca juga :  Faktor Kelangkaan Komponen, Perilisan Galaxy S21 FE Diundur
Baca juga :  Telkomsel Pamer Use Case 5G di PON XX Papua

Di Tiongkok sendiri, JD mengaku sebagai salah satu raksasa ecommerce dengan lebih dari 100 juta pelanggan aktif dan menguasai 49% penjualan online ritel di China. JD telah melayani lebih dari 700 juta order per tahun, nilai GMV (Gross Merchandising Volume) JD pada kuartal kedua 2015 yang disetahunkan adalah US$ 74 milyar. Pada tahun 2015, JD mencatat revenue senilai US$ 29.6 milyar.

spot_img

Artikel Terbaru