Tampilan homepage CodeSaya
Tampilan homepage CodeSaya
Tampilan homepage CodeSaya

Jakarta, Selular.ID – Dunia sudah semakin digital, sehingga bangsa Indonesia harus melahirkan banyak sumber daya manusia yang ahli coding agar tidak semakin ketinggalan. Potensi dari masyarakat Indonesia dianggap tidak kalah cerdas dengan orang-orang di negara lain khususnya di negara maju. Kendalanya, hanya karena minim sumber informasi dan pembelajaran tentang programming atau coding.

Peduli akan perkembangan industri digital Indonesia, Ganis dan tim memutuskan untuk mendirikan CodeSaya pada 22 Juli 2013. Ini adalah sebuah platform berbasis web, agar pengunjung bisa belajar coding secara gratis dan interaktif langsung di browser. Pengunjung juga bisa membagi ilmunya di CodeSaya dengan membuat sebuah artikel atau tutorial.

Di CodeSaya yang di pelajari adalah teori dan praktek. Pembelajarannya dibagi per bab lalu per sub bab dan setelahnya per unit. Setiap unitnya, CodeSaya akan memberikan materi singkat. Setelah materi diberikan, pengguna akan diminta untuk mengerjakan instruksi untuk memeriksa pemahamannya.

“Sehingga dalam pembelajaran praktek di CodeSaya akan selalu terkontrol dan akan diperiksa oleh sistem jika pengguna benar-benar mengerti atau tidak,” ujar Ganis, founder CodeSaya, kepada Selular.ID

Pengguna bisa belajar coding untuk bahasa PHP, JavaScript, dan Git. Materi lainnya seperti Python dan Laravel sedang dalam pengembangan.

Target dari CodeSaya adalah orang yang tertarik untuk belajar dan mengajar segala hal tentang coding baik itu pemula maupun yang sudah mahir.

Saat awal peluncuran, dalam sehari hanya satu atau dua yg bergabung, tetapi setelah satu tahun bisa sampai lebih dari 50 orang yang mendaftar dalam sehari. Pengguna CodeSaya saat ini hampir mencapai 8.000 pengguna. Dan tercatat sudah lebih dari 550.000 kode yang disimpan di sistem. Secara rata-rata setiap pengguna mengirimkan sebanyak sekitar 70 kode.

“Kode yang dikirimkan oleh pengguna sebenarnya lebih besar dari angka tersebut, tetapi CodeSaya hanya menyimpan kode dari pengguna terdaftar saja,” terangnya.