Beranda News Awalnya Tidak Kenal, Kini Smartfren Puas Bekerjasama dengan LG Innotek

Awalnya Tidak Kenal, Kini Smartfren Puas Bekerjasama dengan LG Innotek

Reportase Jurnalis Selular.ID dari Korea Selatan

-

Arya Mada Prasaja, Data & IoT Devices Section Head Smartfren
Arya Mada Prasaja, Data & IoT Devices Section Head Smartfren

Seoul, Selular.ID – Setelah sebelumnya lebih sering bekerjasama dengan vendor asal Tiongkok, Smartfren mulai memperluas kerjasamanya dengan menggandeng vendor asal Korea. Adalah LG Innotek yang dipilih menjadi partner perdana asal Korea oleh Smartfren.

Selama ini orang lebih mengenal LG Electronic. Begitu juga ketika Smartfren menerima penawaran untuk pembuatan perangkat mobile wifi. “Kami menyangka LG Innotek bagian dari LG Electronic. Namun ternyata berbeda” ungkap Arya Mada Prasaja, Data and IOT Devices Section Head Smartfren saat berbincang dengan wartawan pada saat acara Smartfren Media Visit LG Innotek di Korea (5-8/10/2015).

LG Innotek selama ini lebih fokus pada bisnis komponen. Berbeda dengan LG Electronic yang lebih kepada consumer product. Namun ketika ada kebutuhan Smartfren untuk penyediaan perangkat mobile wifi 4G, LG Innotek menjadi salah satu vendor yang mengajukan diri.

Baru kali ini LG Innotek menyediakan produk jadi selain komponen, salah satunya produk mobile wi-fi. Tertarik dengan penawaran dari LG Innotek, akhirnya Smartfren memilih LG Innotek menjadi salah satu vendor rekanannya.

Mada menuturkan kerjasama dengan LG Innotek bisa dibilang yang paling brilian. “Awalnya Smartfren tertarik pada produk mobile wifi yang ditawarkan LG Innotek, ternyata mereka sudah menyediakan layanan manufakturing  end to end” kata Mada. LG Innotek sudah memiliki pabrik sendiri di daerah Cikarang. Ditambah beberapa komponen juga sudah dibuat sendiri di pabrik itu. Berarti persyaratan TKDN tidak menjadi masalah bagi mereka. “Itu yang membuat Smartfren semakin tertarik” ujar Mada

Lanjut Mada menjelaskan, apalagi pabrik LG Innotek di Indonesia memiliki kapasitas produksi yang besar. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan kuantitas produk yang besar juga dari Smartfren. Ditambah lokasi pabriknya yang di Indonesia, memudahkan dan mempercepat proses pengiriman. “Hanya dalam tempo 1,5 bulan LG Innotek sudah bisa mengirimkan 200 ribu unit mobile wifi 4G. Dan sudah siap diluncurkan pada bulan Oktober ini” kata Mada.

Selain juga ditambahkan, dari sisi produk, mobile wi-fi produksi LG Innotek juga berkualitas. “Quality control-nya yang terbilang bagus” ungkap Mada. Selain itu penggunaan prosesor Qualcomm juga menjadi kelebihan. Yang meski membuat harganya agak lebih tinggi, tapi dari sisi performa juga jauh lebih bagus. “Intinya Smartfren puas bekerjasama dengan LG Innotek” ujar Mada.

Artikel Terbaru