spot_img
BerandaKaleidoskopSorotan Berita Sepanjang Agustus 2015

Sorotan Berita Sepanjang Agustus 2015

-

15augBulan ini, kami mempunyai beberapa berita inti seputar industri telekomunikasi nasional. Pada sisi operator, genderang 4G kini ditabuh Smartfren. Lalu pada sektor perangkat, bulan Agustus pasar Indonesia kedatangan Samsung Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+, Huawei P8, Lenovo Vibe Shot, dan penantang baru Obi Mobile.

Operator

TELKOMSEL

Telkomsel Kembali Gelar Indonesia Next Apps

Setelah sukses menyelenggarakan Indonesia Next Apps tahun lalu, Telkomsel melalui program Teman Dev kembali menggelar acara serupa di tahun ini yang dinamakan  “Indonesia Next Apps 2.0”. Tema yang dipilih sebagai fokus utama program ini adalah Internet of Things (IoT)-based Smart Living, Health Services, dan  On-Demand Economy Services.

Kompetisi ini juga didukung berbagai operator selular di negara lainnya yang merupakan bagian dari Singtel Group, yaitu Singtel (Singapura), Optus (Australia), AIS (Thailand), dan Globe Telecom (Filipina). Dengan begitu, start-ups yang terpilih dari kompetisi Indonesia Next Apps 2.0 akan memiliki kesempatan untuk memasarkan aplikasinya di pasar masing-masing negara tersebut bahkan ke tinggal regional Singtel Group.

bts-telkomselMenyusuri Sinyal di Pulau Sebatik

Pertengahan Agustus redaksi Selular.ID mengunjungi pulau Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara, untuk menguji sinyal operator terbesar tanah air. Di sana, sinyal Telkomsel sangat dominan dengan kualitas 3G sementara Indosat hanya terdeteksi berada di jaringan 2G dan XL Axiata tidak terdeteksi sama sekali jaringannya. Sepanjang perjalanan, aktivitas bersosial media yang dilakukan redaksi terbilang lancar. Di daerah Sei Batang pengukuran sempat dilakukan. Dari hasil pengukuran didpatkan sinyal kualitas 3G dengan kecepatan download 8,92Mbps dan upload 1,41Mbps. Sebagai informasi, di Pulau Sebatik ini menurut keterangan yang diberikan oleh Mas’ud Khamid, Direktur Sales Telkomsel, operator yang terkenal paling Indonesia ini memiliki 30 BTS, dimana 10 diantaranya adalah BTS 3G.

480 BTS Kawal Wilayah Perbatasan NKRI

Menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70, Telkomsel juga menghadirkan layanan pita lebar (broadband) di daerah-dearah perbatasan. Hal ini ditandai dengan beroperasinya 128 Base Transceiver Station (BTS) 3G di titik-titik perbatasan dan pulau terdepan. Acara peresmian dipusatkan di Pulau Sebatik, Nunukan – Kalimantan Utara, dimana di lokasi tersebut Telkomsel mengaktifkan 10 BTS 3G tambahan yang mampu melayani kebutuhan akses broadband masyarakat setempat. Saat ini BTS-BTS Telkomsel di daerah terdepan diantaranya berbatasan dengan negara Papua Nugini (Merauke dan Jayapura), Australia (Pulau Rote), Timor Leste (Atambua), Filipina (Sangihe), Malaysia (Sebatik-Nunukan), Singapura (Batam), dan Vietnam (Kepulauan Natuna).

Dukung Kreasi Anak Bangsa dalam Battle of Surabaya

Bertepatan dengan momentum Hari Kemerdekaan RI ke-70, Telkomsel mendukung film Battle of Surabaya yang merupakan kreasi anak bangsa untuk Indonesia. Film ini merupakan film animasi 2D dengan tema sejarah bangsa Indonesia yang tayang di bioskop Tanah Air mulai 20 Agustus 2015. Telkomsel bekerjasama dengan MAV Picture mengadakan roadshow nonton bareng Battle of Surabaya bersama komunitas anak muda di berbagai kota di Indonesia, yaitu di Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya dan Makassar. Film itu sendiri diadaptasi dari peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Musa, seorang remaja penyemir sepatu yang kemudian membawa misi sebagai kurir surat-surat rahasia untuk para tentara dan milisi pejuang Indonesia. Selain surat rahasia Musa juga mengantar surat-surat pribadi para pejuang untuk keluarganya. Bersama sahabatnya Yumna dan Danu, Musa mengalami petualangan hebat hingga banyak kehilangan orang-orang yang dicintainya.

Andalkan Paket TAU untuk Gaet Pelanggan

Sejak diperkenalkan akhir tahun lalu, paket Telkomsel Android United (TAU) dinilai terbukti efektif dalam meningkatkan jumlah smartphone serta data user pada jaringan Telkomsel. Untuk mengembangkan ekosistem digital di Indonesia, operator kini menghadirkan Paket TAU  Mingguan yang melengkapi pilihan paket sebelumnya yang hanya tersedia dalam bentuk paket data bulanan. Paket data TAU mingguan berlaku untuk pelanggan baru maupun existing Telkomsel yang menggunakan kartu prabayar (simPATI, kartuAS, dan Loop) dengan menggunakan smartphone Android (baru) yang terdaftar.

Paket Hemat 3 in 1 Selama Musim Haji

Untuk melayani pelanggan setianya yang sedang melaksanakan ibadah Haji di Tanah Suci, Telkomsel menghadirkan Paket Haji 3 in 1. Bekerjasama dengan seluruh operator di Arab Saudi, pelanggan bisa menikmati tarif spesial tanpa perlu ganti kartu maupun setting handphone dan bisa langsung menghubungi keluarganya di Indonesia dengan mengaktifkan fitur layanan international roaming terlebih dahulu sebelum berangkat ke Arab Saudi.

Untuk melakukan panggilan telepon ke nomor Indonesia, pelanggan dikenakan Rp6.000/menit. Untuk menerima panggilan telepon di Arab Saudi dikenakan Rp3.000/menit. Sementara SMS dikenakan Rp1.000/SMS. Selain itu, pelanggan dapat menikmati akses internetsepuasnya dengan biaya maksimum Rp35.000 per hari.

XL AXIATA

NU Gelar Muktamar, XL Siapkan Jaringan

Dalam gelaran Muktamar Nahdlatul Ulama ke-33 di Jombang, Jatim, XL Axiata menggelar jaringan telekomunikasi selular dan internet untuk ikut mensukseskan hajat khusus warga NU tersebut. XL antara lain telah meningkatkan kapasitas sejumlah BTS (Base Transceiver Station) yang melayani seluruh area Muktamar yang berada di sejumlah titik di kota Jombang. Untuk keperluan ini, XL juga menempatkan mobile BTS di area Pondok Pesantren Tebuireng yang diperkirakan tidak kurang dari 5 ribu orang akan ada di lokasi tersebut. Muktamar NU Ke-33 itu berlangsung dari tanggal 1 Agustus hingga 5 Agustus 2015.

Media update XL Data Center (Foto: Indra/Selular.ID)
Media update XL Data Center (Foto: Indra/Selular.ID)

Incar 23 Ribu Nelayan Pakai mFish

Untuk mendukung program Desa Broadband Terpadu dan secara umum Program Indonesia Broadband Plan dalam mendorong percepatan pembangunan di pelosok daerah, XL telah menyiapkan perluasan implementasi aplikasi untuk nelayan “mFish” ke berbagai daerah. Selain Lombok dan Bali, untuk tahun ini juga XL sudah menyiapkan sejumlah lokasi penerapan baru di beberapa desa nelayan di Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Dengan perluasan wilayah yang diharapkan bisa terealisasi hingga akhir 2015 tersebut, XL berharap akan bisa memberikan manfaat bagi lebih dari 23 ribu nelayan.

XL menyediakan bantuan sekitar 100 ribu paket perangkat keras mFish, seperti antara lain berupa ponsel pintar, serta pengisi batre ponsel tenaga surya. Dukungan lain berupa penyediaan 3.000 tenaga pendamping bagi nelayan, serta dukungan bagi pengembangan infrastruktur jaringan ke lokasi penerapan mFish.

Bersama APJII Bentuk Jaringan Interkoneksi Nasional

XL Axiata dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menjalin kerjasama pengembangan desentralisasi Indonesia Internet Exchange (IIX) dan pemanfaatan infrastruktur Data Center XL beserta jaringan pendukungnya. Data Center XL siap melayani kebutuhan anggota APJII terutama yang berada di daerah. Semua data center XL juga merupakan  data center netral dan gedung yang dimiliki merupakan gedung milik XL. Listrik, UPS, batterei, dan genset juga telah direncanakan dan diintegrasikan secara otomatis melalui sistem kontrol digital yang dinamakan dengan intelligent control system. Dengan demikian, para pengguna Data Center XL terutama di daerah diyakinkan tidak perlu khawatir akan masalah listrik yang hidup mati atau tegangan yang naik turun.

Transformasi Bisnis Melalui Strategi 3R

XL melakukan transformasi bisnis yang dijalankan sejak awal tahun 2015. Yaitu melalui strategi 3R, Revamp, Rise & Reinvent. ‘Revamp’ maksudnya mengubah model bisnis pencapaian jumlah pelanggan, yaitu dari “volume” ke “value” dan strategi bisnis untuk meningkatkan profitabilitas produk. Sedangkan ‘Rise’ berarti meningkatkan nilai merek XL melalui strategi dual-brand dengan AXIS guna menyasar segmen pasar yang berbeda. Di mana posisi XL akan dinaikkan, sedangkan Axis akan mengisi posisi pasar yang ditinggalkan XL. Dan yang terakhir ‘Reinvent’ maksudnya XL akan membangun dan menumbuhkan berbagai inovasi-inovasi bisnis.

Tantang Pelanggan Buktikan Kualitas 4G dengan Layanan Extreme

XL memang belum menggelar layanan 4G LTE di kawasan Jabodetabek secara komersil. Namun walau sinyal 4G XL masih bersifat ujicoba di wilayah Jabodetabek, operator yang identik dengan warna biru tersebut, yakin koneksi generasi ke empat miliknya punya kualitas yang prima. Uji coba dilakukan dengan streaming video High Definition (HD) 360 derajat. Layanan ini dirasa bisa menjadi tolak ukur dalam melihat kualitas jaringan 4G LTE. Agar masyarakat luas dapat menjajal pengalaman menonton video 360, XL menghadirkan bus HotRod 4G LTE yang akan berkeliling di berbagai titik di ibukota. Dimulai dari mal Kelapa Gading dan berlanjut ke Senayan City, Botani Square, Pondok Indah serta Karawaci.

XL Pakai “Power Pack” Untuk Tingkatkan Ekosistem 4G

Dua ratus ribu pengguna yang sudah migrasi ke 4G, belum menjadi modal cukup bagi XL dalam mengkomersilkan layanan LTE di Ibu Kota dan sekitarnya. Sadar akan jumlahnya, operator mengambil langkah strategis. Guna meningkatkan ekosistem pelanggan 4G-nya, XL menyelenggarakan program Power Pack, di mana konsumen akan diberi kemudahan menukar kartu SIM lama menjadi kartu SIM 4G, di 20 lokasi XL center yang tersebar di Jabodetabek tanpa dipungut biaya. Untuk pelanggan di Jakarta, mereka juga bisa perdana XL 4G Ready di HP Center (ITC Fatmawati, ITC Roxy, Mall Ambassador, dll), juga di mini market 7Eleven dan Alfamart.

Channel Beli Pulsa Makin Banyak

Bersama Bank BPD DIY dan PT Finnet Indonesia, XL secara resmi meluncurkan Layanan Produk XL Prepaid dan Postpaid di seluruh Mesin ATM dan teller Bank BPD DIY. Produk XL Prabayar yang ditawarkan ini berupa pembelian Pulsa dengan beragam nominal voucher, serta produk pasca bayar  berupa pembayaran tagihan pemakaian. Melalui layanan ini, nasabah Bank BPD DIY yang juga pelanggan XL akan mudah mendapatkan produk layanan XL melalui jaringan mesin ATM yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Yogyakarta dan melalui petugas teller di seluruh kantor cabang dan kantor kas Bank BPD DIY.

Finnet sendiri telah bekerjasama dengan XL untuk layanan Pembelian Pulsa dan Tagihan Pembayaran melalui Bank sejak Oktober 2012, dan BPD DIY merupakan mitra Bank ke-13 yang menyediakan layanan Pembelian Pulsa dan Tagihan Pembayaran XL.

Cegah Pelanggan Beralih, XL Bagi-Bagi Mobil

Pelanggan yang loyal adalah aset perusahaan. Untuk mengapreasiasi loyalitas pelanggan yang setia menggunakan layanan selama ini, XL Axiata menyelenggarakan program undian berhadiah mobil Mazda2 sebanyak 60 unit. Setiap hari akan ada satu unit mobil yang diundi. Program loyalti ini berlangsung mulai 22 Agustus 2015 sampai dengan 20 Oktober 2015, dan berlaku bagi seluruh pelanggan XL Prabayar di mana saja mereka berada. Cukup mengisi ulang pulsa minimal Rp10 ribu, sudah bisa mendapatkan kesempatan mendapatkan hadiah mobil atau hadiah lainnya. Setiap harinya pemenang yang beruntung mendapatkan Mobil Mazda2 akan diinformasikan di Website XL, Aplikasi MyXL, facebook XL Rame, Twitter @XL123 dan Social Media lainnya.

Chatting di WA Selama Musim Haji Cuma Rp25 ribu

Saat ini bagi pengguna Smartphone, aplikasi WA menjadi salah satu cara berkomunikasi yang banyak digunakan. Untuk memberikan kemudahan kepada jamaah haji dalam berkomunikasi bukan hanya dengan keluarga di tanah air tapi dengan sesama jamaah, XL menyediakan paket unlimited WhatsApp (WA) dan akses internet. XL mengenakan tarif Rp25 ribu per hari, sementara untuk melakukan panggilan telepon ke semua nomor Indonesia, XL mengenakan tarif Rp3.500/menit. Layanan ini juga berlaku bagi pelanggan AXIS.

Bagi 168.800 calon jamaah haji Indonesia tahun 2015, layanan XL roaming tidak perlu melakukan penggantian kartu, cukup menggunakan kartu XL saat roaming di Saudi Arabia, begitu pula saat melakukan ibadah umroh. Selain itu tarif yang diberikan juga sangat terjangkau.

INDOSAT

Bersama DoCoMo Uji Coba Penggunaan eSIM

Indosat dan DoCoMo,  telah menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) untuk melakukan uji coba layanan M2M lintas negara menggunakan perangkat eSIM komersial milik DoCoMo dalam waktu dekat ini. eSIM adalah teknologi terbaru yang memungkinkan operator seluler untuk memberikan solusi yang lebih lengkap namun ringkas dengan koneksi yang skalabel, handal dan aman yang memungkinan provisioning SIM Card dapat dilakukan jarak jauh secara remote oleh operator mana pun sehingga mobilisasi perangkat M2M lintas operator atau lintas negara dapat dilakukan.

Teknologi eSIM memungkinkan pelanggan M2M multinasional meringkas integrasi antara lini produksi peralatan atau mesin dengan SIM Card cukup dengan hanya satu SIM Card tunggal, karena mampu beroperasi dalam koneksi jaringan seluler dimanapun dipenjuru dunia tanpa perlu mengganti SIM Card. Dengan kata lain, eSIM memungkinkan proses bisnis menjadi optimal, efisien dalam penggelaran M2M secara global meningkat dan waktu proses penggelaran perangkat M2M akan semakin cepat.

19.Pembukaan-dan-Presentasi-di-RM-TEMPOE-DOELOE-oleh-Indosat-Tegal5Rayakan Hari Kemerdekaan, Indosat Bagi-Bagi Bonus Pulsa

Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, Indosat memberikan Bonus Pulsa Merdeka hingga 100 persen buat pelanggan yang melakukan isi ulang. Bonus pulsa ini berlaku bagi bagi pelanggan prabayar Indosat yaitu IM3 dan Mentari yang melakukan isi ulang. Untuk mendapatkan Bonus Pulsa Merdeka, pelanggan cukup melakukan 1 kali registrasi (GRATIS) dengan cara ketik GRATIS kirim ke 123 atau dengan tekan *123*1000# lalu pilih Bonus Pulsa Merdeka.

Isi ulang pulsa Rp10.000 akan mendapatkan bonus pulsa sebesar 25 persen, isi ulang Rp25.000 akan mendapatkan bonus pulsa 50 persen dan isi ulang Rp50.000 ke atas akan mendapatkan bonus pulsa 100 persen. Bonus pulsa yang diperoleh pelanggan tersebut dapat digunakan untuk Nelpon dan SMS ke sesama Indosat serta Internetan sampai dengan 7 hari.

Ini Layanan Yang Disediakan Indosat Untuk Musim Haji Tahun Ini

Indosat menghadirkan Program Haji Indosat dengan tema untuk kemudahan berkomunikasi antara keluarga di Tanah Air dan jamaah Haji di Tanah Suci. Berbagai layanan utama di antaranya bebas menerima telpon di Arab Saudi selama 3 menit setiap hari dari nomor Indosat. Selebihnya akan dikenakan biaya Rp3.000/menit. Berkirim SMS Rp700/SMS, terima SMS Gratis, Menelpon ke Indonesia Rp4.000/menit, Menelpon nomor lokal Arab Saudi Rp2.000/menit dan Menelpon International Rp10.000/menit. Sementara jamaah Haji bisa menikmati layanan Internet dan BB seharian sepuasnya dengan tarif Rp25.000/hari. Tarif yang disebutkan di atas sudah termasuk PPN 10%. Program Haji Indosat berlaku mulai 20 Agustus – 31 Oktober 2015.

Baca juga :  Tren Merger Operator Seluler, Mastel: Pemerintah Perlu Bersiap Hadapi Era Industri yang Terkonsolidasi

Sukses Uji Coba eSIM untuk Perangkat M2M Lintas Negara

Bersama DoCoMo, Indosat sukses melakukan uji coba layanan M2M lintas negara menggunakan perangkat eSIM komersial milik DoCoMo. Teknologi eSIM memungkinkan pelanggan manufaktur multinasional seperti produsen otomotif, perusahaan elektronik (consumer electronics) dan produsen perangkat-perangkat industri. Beberapa merek kendaraan built-up sudah dilengkap eSIM sehingga ATPM dapat memberikan layanan nilai tambah bagi pelanggannya dengan fitur seperti nonitifikasi waktu kapan perawat rutin termasuk dimungkinkannya notifikasi perangkat kendaraan yang harus diganti.

Baca juga :  Tren Merger Operator Seluler, Pakar Ingatkan Risiko Duopoli

Dalam penerapannya nanti, eSIM akan ditanamkan ke dalam perangkat M2M pada saat peralatan atau mesin masih dalam proses pabrikasi. Aktivasi eSIM akan dilakukan secara jarak jauh dengan profil berlangganan M2M yang dipilih yang tersedia pada operator lokal yang dipilih di mana perangkat akan digelar dan digunakan.

SMARTFREN

Terus Perluas Coverage dan Kualitas Jaringan, Sebelum Gelar Layanan 4G

Kebutuhan layanan data dipastikan akan semakin meningkat pasca komersialisasi 4G LTE yang mampu menawarkan kecepatan hingga 100 Mbps. Tak mau kalah dengan tiga operator besar (Telkomsel, Xl, Indosat) yang sudah meluncurkan layanan 4G sejak beberapa waktu lalu, Smartfren Telecom juga bersiap menggelar layanan serupa dalam waktu yang tak lama lagi. Berbeda dengan tiga kompetitornya itu, Smarfren lebih memilih menunda waktu peluncuran dengan memperluas coverage, agar layanan 4G bisa dinikmati secara luas oleh masyarakat Indonesia. Operator menargetkan dapat memiliki 10.000 BTS hingga akhir 2015. Pembangunan BTS tak hanya difokuskan pada kota-kota besar namun juga meluas ke kota kabupaten di seluruh Indonesia.

Smartfren dan Haier memperkenalkan smartphone 4G (Foto: Indra/Selular.ID)
Smartfren dan Haier memperkenalkan smartphone 4G (Foto: Indra/Selular.ID)

Agar Unggul di LTE, Smartfren Bersiap Integrasikan Dua Kanal Frekwensi

Jelang komersialisasi layanan 4G LTE, Smartfren terus menyiapkan langkah-langkah strategis agar pelanggan benar-benar menikmati internet cepat hingga 100 Mbps. Setelah meluncurkan tiga varian Andromax 4G dibarengi perluasan coverage ke kota-kota penting di seluruh Indonesia, kini Smartfren bersiap untuk mengintegrasikan dua kanal frekwensi yang dimilikinya. Integrasi kanal (carrier integration) akan dilakukan pada kanal 850 Mhz dan 2.300 Ghz. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan coverage sekaligus memperkuat kualitas layanan. Saat ini Smartfren memiliki 10 mega di 850Mhz dan 30 mega di 2.300Mhz. Dengan kanal sebanyak itu, Smarfren mengungguli Telkomsel, XL Axiata dan Indosat. Hal ini memberikan kesempatan Smartfren untuk berlari lebih kencang dalam menggelar layanan 4G LTE.

Tawarkan Teknologi Terkini, ZTE Perkuat Kerjasama dengan Smartfren

Guna mendorong momentum pertumbuhan 4G LTE, Smartfren berupaya memperkuat kerjasama dengan para vendor yang menjadi mitra bisnisnya. Jika di handset Smartfren menggandeng Hisense dan Haier, di network operator milik grup Sinarmas ini, terus memperluas cakupan kerjasama dengan salah mitranya, yakni ZTE. Vendor jaringan asal China ini punya kelebihan dalam hal solusi end to end, juga paling siap dalam memberikan teknologi terkini yang sangat dibutuhkan Smartfren yang berambisi menjadi operator terbaik di era data. Hal ini sejalan dengan visi ZTE dalam membantu operator menciptakan multi dimensional values, sekaligus meningkatkan efisiensi agar bisa bersaing dan memenangkan pertempuran di era internet cepat.

Smartfren Jadi Operator Pertama di Indonesia yang Terapkan Teknologi LTE Advance

Belajar dari tiga operator GSM yang sudah meluncurkan 4G, namun dengan coverage dan kapasitas terbatas, Smartfren lebih memilih memperkuat jaringan terlebih dahulu, agar tidak memunculkan kekecewaan pelanggan. Salah satu langkah strategis yang ditempuh adalah menerapkan teknologi LTE Advance. LTE Advance adalah teknologi jaringan berbasis TDD (Time Division Duplex) dan FDD (Frequency Division Duplex). Hal ini menjadikan Smartfren operator pertama dan satu-satunya di Indonesia yang yang menggunakan kedua teknologi tersebut dalam satu jaringan. Jaringan ini berbasis ZTE’s core dual mode CDMA LTE platform untuk memenuhi kebutuhan layanan Smartfren, baik baik service (SMS dan voice) maupun data yang terus meningkat. Direncanakan teknologi ini akan beroperasi dalam dua frekuensi sekaligus, yakni 850 Mhz (eksisting) dan 2.300 Mhz yang baru.

Akhirnya 4G LTE Advanced Smartfren Bisa Dirasakan Juga

Setelah ditunggu-tunggu, Smartfren akhirnya menghadirkan layanan 4G LTE-nya. Dengan LTE Advanced yang digunakannya, Smarfren menjanjikan  kecepatan data tinggi untuk akses mobile data, cakupan terluas dan kemampuan yang cukup bisa diandalkan di Indonesia. Jika 4G LTE mampu menghadirkan kecepatan sampai 150 Mbps, maka LTE Advanced diyakini mampu menghasilkan kecepatan hingga 300 Mbps. Dalam menghadirkan layanan internet cepatnya Smartfren menggunakan carrier agregation yang menggabungkan frekuensi 850Mhz dan 2300Mhz sehingga mampu menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi dan cakupan yang lebih luas.

Smartplan Limitless Lengkapi Layanan 4G Smartfren

Untuk melengkapi kehadiran layanan 4G LTE-nya,  Smartfren memperkenalkan Smartplan Limitless yang dapat kebutuhan pelanggannya akan layanan data yang saat ini sangat tinggi. Layanan ini menawarkan tarif data yang bisa disesuaikan dengan isi kantong. Paket Rp60 ribu setiap bulan memberikan pelanggan kouta data sebesar 4GB (2×2GB) 10 menit menelepon ke semua operator, 100 SMS ke seluruh nomor domestik dan 1000 menit menelepon ke sesama Smartfren.

Smartfren Penuhi Janji Hadirkan 4G di 22 Kota

Tidak banyak yang tahu, layanan 4G Smartfren sudah digelar secara komersial di 22 Kota di Indonesia. Itu berarti, masyarakat di kota-kota tersebut sudah bisa menikmati akses data gesit yang ditawarkan. Adapun ke-22 Kota yang sudah dijangkau 4G LTE Advanced Smartfren adalah Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Madiun, serta Jember, untuk yang di pulau Jawa. Sementara Kota di luar pulau Jawa meliputi Bali, Medan, Aceh, Padang, Pekanbaru, Batam, Palembang, Lampung, Banjarmasin, Makassar, dan Manado.

Smartfren Uji Ketangguhan Jaringan 4G di Tiga Kota

Operator CDMA satu-satunya di Indonesia yang melangkah ke generasi empat teknologi telekomunikasi, Smartfren, segera melakukan uji coba jaringan 4G LTE di tiga kota. Mulai dari ibu kota Jawa Tengah Semarang, lanjut ke Yogyakarta, dan berakhir di Solo. Selular.ID berkesempatan ikut pengujian network kali ini. Test drive akan berlangsung mulai sore ini (25/8/2015), sampai dua hari berikutnya. Kami akan melaporkan hasil uji jaringa Smartfren secara lengkap di Majalah Selular edisi Oktober 2015.

Hasil Uji Jaringan 4G Smartfren di Jawa Tengah

Setelah meresmikan layanan 4G di 22 Kota pekan lalu, kemarin, Smarfren menyelenggarakan uji jaringan di Semarang. Selama pengujian, Selular.ID yang turut serta dalam rombongan, menggunakan peralatan berbeda dari tim network Smartfren. Kalau mereka memiliki laptop dengan modem tertancap, kami dibekali smartphone Andromax Qi dengan kartu Smartfren 4G. Dalam menghitung kecepatan akses, kami memanfaatkan aplikasi Speedtest dari Ookla. Guna menguji ketangguhan jaringan, kami menyalakan beberapa aplikasi berbarengan. Mulai dari browsing, gaming, social networking, uploading, downloading, streaming, serta video call.

Hasilnya, dari beberapa kali percobaan, kecepatan unduh tertinggi yang kami dapatkan adalah 43.21 Mbps dan 2.94 Mbps untuk kecepatan unggah.

Hampir Seluruh Yogyakarta Tercover Smartfren 4G

Pembangunan jaringan 4G LTE milik operator Smartfren di Jawa Tengah mendekati finish. Saat ini sudah mencapai 80 persen. Pembangunan jaringan 4G khusus di Yogyakarta saat ini sudah mencapai 89 persen. Bahkan, inner circle Kota Yogya sudah 100 persen. Jadi tinggal 11 persen lagi pembangunan 4G di Yogyakarta akan selesai. Sejumlah wilayah yang memiliki layanan EVDO atau bahkan CDMA Smartfren, dipastikan memiliki jaringan 4G LTE juga. Di seluruh Jawa Tengah, hingga saat ini Smartfren sudah membangun 1112 BTS 4G. Sementara BTS 3G berjumlah 965 unit.

Smartfren Geber Pembangunan BTS 4G

Belum juga tuntas pembangunan BTS 4G untuk region Jawa Tengah, Smartfren tengah bersiap membangun lebih banyak lagi di tahun 2016. Pembangunan BTS 4G tahun ini sebanyak 1200 unit sudah 80 persen rampung. Januari 2016, tim network region Jateng harus start untuk membangun 1200 BTS 4G lagi. Pelipatgandaan jumlah BTS 4G tersebut, bukan hanya akan terjadi di region Jateng, melainkan di seluruh nusantara, termasuk Jawa Barat dan Jawa Timur, dan Jabodetabek, yang menjadi sumber revenue utama perusahaan. Region Jateng sendiri, saat ini menangani 20 persen jumlah pelanggan Smartfren se-nusantara. Itu berarti sekitar 2,4 juta dari total 12 juta pelanggan, di mana pemakai data mencapai 80 persen.

Kartu Smartfren Sekarang Bisa Aktif di iPhone 6, Samsung Galaxy Note 4, LG G4 dan HTC M8

Pelanggan Smartfren kini  memiliki pilihan smartphone yang lebih beragam ketika menggunakan layanan 4G. Kini tidak hanya bisa menggunakan smartphone seri Andromax 4G , tapi juga beberapa smartphone yang lebih canggih. Pilihan smartphone itu di antaranya adalah iPhone 6 dan Samsung Galaxy Note 4, serta dua smartphone lainnya yaitu LG G4, serta HTC M8. Sukaca Purwokardjono, Head of Devices Smartfren menuturkan, keempat ponsel tersebut kini bisa digunakan untuk mengakses layanan 4G Smartfren. “Tapi hanya layanan data saja loh ya. Layanan telepon (voice dan SMS) sementara ini belum bisa. Karena layanan telepon Smartfren menggunakan frekuensi berbeda, yakni 800MHz,” terang Sukaca.

Smartfren Akan Menyediakan Smartphone 4G Yang Bisa Untuk Semua Operator

Smartfren akan meluncurkan smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE miliknya, bahkan juga bisa dipakai di jaringan 4G operator lain. Roberto Saputra, Direktur Smartfren, menjelaskan bahwa 4G merupakan teknologi netral. Operator GSM dan CDMA tidak lagi berbeda ketika menyangkut akses data di jaringan 4G. Karena itu, smartphone 4G bisa digunakan untuk kedua jaringan. Untuk itu, anak usaha Sinarmas itu segera mengeluarkan smartphone 4G netral yang lebih dikenal dengan istilah global phone. Kendati nantinya akan dibundling dengan Smartfren, global phone tersebut juga bisa digunakan untuk kartu 4G dari operator lain.

PERANGKAT

Mendarat di Indonesia, Huawei P8 Andalkan Desain dan Performa

Setelah rilis di London, Inggris, ponsel pintar Huawei seri P8 resmi mendarat di Tanah air. Mengusung konsep desain yang elegan, didukung performa yang diklaim mumpuni, Huawei P8 akan mencoba peruntungannya untuk bersaing di segmen premium. Untuk spesifikasinya sendiri, P8 dibekali prosesor octa core Kirin 930/935 64 bit, baterai 2.600 mAh, dual LTE dan memori eksternal 16 serta 64 GB. Kapasitas memori tersebut dapat ditingkatkan hingga 128 GB dengan microSD. Pada sisi kamera, ponsel memiliki resolusi 13 MP di bagian belakang. Sementara pada bagian depan disematkan kekuatan sebesar 8 MP. Smartphone ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, antara lain, gold, abu-abu, hitam karbon. Terkait harga, Huawei P8 dilego dengan harga Rp6,5 juta.

Lenovo Boyong Vibe Shot ke Indonesia

Pertama kali diperkenalkan di ajang Mobile World Congress 2015 lalu, Lenovo akhirnya memboyong perangkat terbarunya, Vibe Shot, yang mengandalkan fitur kamera profesional ke Indonesia. Fitur kamera di perangkat terbaru Lenovo ini memiliki mode auto ataupun mode pro mode sehingga bagi para pecinta fotografi dapat memaksimalkan kamera 16MP yang menyertainya untuk menghasilkan gambar yang maksimal. Prosesor Qualcomm Snapdragon 615 di dapur pacunya memungkinkan perangkat ini melakukan multitasking dan performa luar biasa tetapi dengan penggunaan daya (baterai) tetap hemat. Seperti kamera pada umumnya, Vibe Shot juga dilengkapi dengan tombol shutter khusus yang dapat digunakan secara cepat untuk mengaktifkan fungsi kamera.

Karthik Rajeshwaran, Global Marketing Obi Mobiles
Karthik Rajeshwaran, Global Marketing Obi Mobiles

Samsung Keluarkan Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+

Samsung baru saja meluncurkan smartphone andalannya, Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+. Meski dibanderol dengan harga cukup tinggi, Samsung yakin keduanya tetap akan laris. Seperti diketahui, Galaxy Note 5 hadir dalam dua pilihan kapasitas memori internal, 32 GB dan 64 GB. Ternyata  Samsung belum mau meluncurkan Galaxy Note 5 versi 64 GB. Ini lantaran dengan kapasitas yang lebih besar, varian tersebut tentu dijual dengan harga lebih mahal. Di mana versi 32 GB saja dijual seharga Rp10 juta. Sementara Galaxy S6 Edge+ dijual dengan harga lebih mahal lagi, yaitu Rp12,5 juta.

Penantang Baru, Obi Mobile Rilis Worldphone SF1 dan SJ1.5

Obi Mobile telah resmi diperkenalkan dua smatphone baru dua Obi Worldphone SF1 dan SJ1.5 di Gallery Autodesk, San Francisco.  Keduanya merupakan smartphone yang didesain secara premium namun dibanderol dengan harga terjangkau.

Obi Worldphone SF1 diklam mengedepankan keunggulan fotografi dan kemampuan audio.Dibekali layar JDI 5 inci dengan resolusi Full HD dan kerapatan piksel 443 ppi, yang dilapisi Corning Gorilla Glass 4. Smartphone yang diperkuat prosesor QualcommMSM8939 Snapdragon 615 dengan 1.5 GHz Octa Core dan GPU dari Adreno 405 ini masih didukung dengan dua pilihan kapasitas RAM dan dua pilihan kapasitas memori internal, yakni 2GB/16Gb dan 3GB/32GB. Dilengkapi dengan kamera utama 13MP dengan sensor Sony IMX214 Exmor yaang dilengkapi pula dengan lampu flash

Sedangkan Obi Worldphone SJ1.5 didukung oleh prosesor Quad-Core MediaTek MT6580 dengan kecepatan 1.3GHz Quad Core dibantu dengan RAM 1 GB. Smartphone ini hanya memiliki satu varian memori internal 16 GB dan slot untuk kartu memori tambahan memori microSD 32GB. SJ1.5 menggunakan layar  LCD IPS 5 inci resolusi HD, dengan teknologi pada laminasi layar untuk akurasi warna  setiap sudut, juga dilapisi Corning Gorilla Glass 3. Smartphone ini dilengkapi kamera utama 8 MP, dengan bukaan lensa f/2.2 dan autofokus  serta flash OV8865. Sedangkan pada Klmamera depan menggunakan reaoluai 5 MP, bukaan lensa f/2.2.

spot_img

Artikel Terbaru