Monday, June 17, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review : Samsung Galaxy J7 - Akses 4G Puas Berkat Layar Luas

Review : Samsung Galaxy J7 – Akses 4G Puas Berkat Layar Luas

-

samsung galaxy j7Samsung kembali membuat varian baru dijajaran seri J, selain J5 dan J7. Nah kali ini kami akan mereview salah satunya yang memiliki layar yang lebih besar, yakni Samsung Galaxy J7. Bagaimana kemampuannya?

[quote_box_center]Kelebihan
•    Kamera 13 Mpix
•    Support 4G LTE
•    Layar Super Amoled
•    Dual Simcard

Kekurangan
•    RAM 1,5 GHz[/quote_box_center]

Desain

Galaxy J7 merupakan versi besar dari J5. Memiliki desain yang tidak jauh berbeda dengan smartphone Samsung lainnya. J7 memiliki bodi yang agak lebar dengan bumper yang nampak gemuk sisinya. Backcovernya menggunakan lapisan soft plastic membuat nyaman ditangan dan membantu ganggaman supaya lebih kesat saat digenggam. Tidak menggunakan konsep unibody, pengguna dapat melepaskan backcover dan mencopot-pasang baterai. Didalamnya bisa anda temukan dua slots SIM card dan slot microSD.

Dibagian depan Samsung masih mengandalkan tombol fisik oval pada bagian tengah bawah layar lalu diapit dengan dua tombol sentih kapasitif back dan recent apps. Sayangnya tombol ini tidak dibekali dengan backlight, sehingga pengguna akan kesulitan saat mengaksesnya diruang gelap. Diatas layar terdapat earpiece dan kamera depan yang ditami dengan lampu LED dan sensor proximity.

Di bagian bawah smartphone anda akan menemukan port microUSB, headphone jack, dan microphone. Disebelah kiri terdapat tombol volume, sedangkan tombol powet berada disebelah kanan. Dibagian belakang tersedia sensor kamera dibagian tengan dengan LED dan loudspeaker  disisi berlawanan.

screenshoot samsung j7

Kamera 13 MPix

Sama seperti J5, Samsung Galaxy J7 juga menggunakan kamera utama berukuran 13 MP yang dilengkapi dengan LED flash. Didalamnya menawarkan berbagai fitur dan fasilitas, antara lain Auto, Pro, Panorama, Continuous Shot, Beauty Face, Sound & Shot, Sports dan HDR. Tidak hanya itu pengguna juga dapat memanfaatkan fasilitas efek warna seperti Negative, Sepia, dan Grayscale. Sedangkan untuk pengaturannya pengguna dapat mengatur Picture size, Video size, Grid lines, Location Tags, dan lain sebagainya.

Cukup mengakomodasi kegiatan selfie, Samsung Galaxy J7 ditanamkan kamera berukuran 5 MP. Mode yang disediakan tentu saja Selfie, Wide Selfie, Interval Shot, dan Sound & Shot. Efek warna dan pengaturan yang diberikan juga sama seperti kamera utama. Foto yang dihasilnya cukup baik pada kondisi rungan yang terang maupuni low light. Namun pada koneksi low light kami masih menemukan beberapa noise pada gambar.

 

Layar Super AMOLED

Tidak memiliki desain yang istimewa, Samsung tetap memberikan layar yang terbaik pada Galaxy J7. Menggunakan layar jenis Super AMOLED displays membawa smartphone ini sangat nyaman dimata. Apalagi resolusi yang dimilikinya mampu menampilkan tampilan dengan kualitas HD, sehingga membuat tampilan nampak tajam.

Tidak hanya tajam, kontras warna yang ditampilkan juga pas dimata, yakni mampu menampilan warna hitam yang pekat plus viewing angle yang luas. Untuk memberikan kenyamanan pengguna, Samsung menambahkan pilihan auto-brightness, selaun pilihan tersebut pengguna masih dapat mengatur brightness secara manual.

 

User Interface

Berjalan diatas Android OS, v5.1 (Lollipop) Samsung Galaxy J7 masih dilapisi dengan interface Touchwiz. Tampilan ini tidak jauh berbeda dengan tampilan Samsung pada umumnya. Tisak seperti tampilan android standart yang memasanng ikon appddrawer dibagian tengah, di Touchwiz.

Pada area lockscreen, Galaxy J5 terlihat minimalis. Area ini menampilkan waktu dan tanggal, notifikasi yang masuk, ikon pintas dialer dan juga camera. Jika Anda tidak mengenakan kunci pada area lockscreen, maka ketika menarik layar dari atas kebawah, Anda akan langsung terhubung ke jendela notifikasi.

Pada halaman homescreen Jika ingin menambahkan halaman, maka Anda hanya perlu menahan layar sebentar atau mencubit layar. Setelah itu, Anda akan ditampilkan pengaturan Wallpapers, Widgets, Themes, dan menambahkan halaman pada area homescreen. Pada area ini juga, hanya tersedia dengan 4 x 4 kolom aplikasi yang dapat dipajang setiap halamannya.

Beralih pada menu utama, Samsung Galaxy J5 menampilkan seluruh aplikasi yang tersedia. Disini pun Anda dapat langsung menghapus aplikasi yang tidak diinginkan. Sehingga, Anda tidak perlu lagi masuk ke menu Settings untuk mengahapus aplikasi.

Masuk ke area notifikasi. Anda akan melihat tampilan beragam ikon pintas dalam satu baris. Dibawahnya, terdapat pintas untuk mengatur keterangan cahaya. Jika pada umumnya ada opsi untuk mode Auto Brightness, maka Samsung Galaxy J5 menyediakan mode Outdoors. Sehingga, layar akan masuk ke mode yang paling terang.

 

Prosesor Snapdragon 615

Samsung Galaxy J7 hadir dengan spesifikasi yang cukup baik dan mumpuni untuk menjalankan aktivitas sehari-hari maupun memainkan game berat. Sebab, smartphone ini bertenaga chipset Qualcomm Snapdragon 615 Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 dan quad-core 1.0 GHz Cortex-A53. Selain itu untuk grafisnya, J7 memiliki GPU Adreno 405 lengkap dengan RAM 1.5 GB.

Dengan spesifikasi ini dirasa cukup untuk menjalankan game berat. Kami mencoba memainkan game Asphalt 8 : Airborne, smartphone ini mampu berjalan dengan mulus, tanpa masalah. Selain melalui game, kami juga mencobanya dnegan aplikasi ANtutu benchmark, dengan aplikasi ini, Samsung Galaxy J7 mampu mendapatkan skor sekitar 38  ribu-an.

 

Suport 4G/ LTE

Memiliki kemampuan Dual SIM (Micro SIM), Samsung galacy J7 memiliki kemampuan untuk dapat terkoneksi di jalur 4G LTE. Dengan koneksi ini pengguna dapat dengan cepat mengakses internet. Koneksi internet lainnya dapat dilakukan melalui  Wi-Fi yang juga bisa dimanfaatkan sebagai Wifi Hotspot

Untuk mentransfer data secara nirkabel tersedia Bluetooth 4.0 dengan dukungan A2DP, AVRCP, DI, HFP, HID, HOGP, HSP, MAP, OPP, PAN dan PBAP sedangkan untuk dukungan kabel tersedia port USB 2.0 yang mendujung USB OTG Support dan Jack 3.5mm

 

Hiburan

Untuk mengakomodasi pengguna dalam memutar file audio, Samsung telah menyediakan aplikasi pemutar musik bawaan android. Pemutar musik ini hadir dengan fungsi dasar yang akan dikelompokkan berdasarkan Genres, Artist, Albums, dan Songs. Format yang dapat diputar pada pemutar musik handset ini antara lain : MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA.

Selain memutar musik J7 juga memiliki pemutar video. Untuk memutar video pengguna dapat melakukannya melalui Gallery. Tidak hanya itu, Samsung juga membekali perangkat Galaxy J7 dengan aplikasi Video. Saat memutar salah satu video HD, smartphone ini mampu memutar video dengan beragam format file, meliputi MP4, M4V, 3GP, 3G2, MKV, WEB. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menampilkan Subtitles jika anda menyediakan vile, SRT.

 

Baterai

Galaxy J7 membenamkan baterai berkapasitas berkapasitas yang cukup besar, yakni 3000 mAh. Dengan kapasitas baterai ini terbilang lebih dari cukup. Dalam penggunaan normal konektivitas data yang aktif, dan menerima telpon daya tahan baterai smartphone tidak dapat bertahan lebih dari satu hari. Saat diuji untuk menonton video HD 720p, dalam waktu 2 jam, baterai berkurang dari 15% dari keadaan sebelumnya. (edk)

Latest