spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapReview : Coolpad SKY Mini - Versi Mini Kemampuan Tetap Maksi

Review : Coolpad SKY Mini – Versi Mini Kemampuan Tetap Maksi

-

coolpadBelum lama meluncurkan seri Sky, vendor asal Tiongkok yang baru saja masuk ke Indonesia ini sudah luncurkan smartphone versi mininya, yakni Coolpad Sky Mini. Dikatakan mini karena Coolpad SKY Mini menggunakan layar yang lebih kecil dengan 4.7 inc, dibandingkan Coolpad SKY yang menggunakan layar 5.5 inci.

 

[quote_box_center]Kelebihan
–   Fitur Smart Control
–   Kamera Depan 8 Mpix
–   Mensupport 4G LTE

Kekurangan
  Memori Berkapasitas kecil
–   Kapasitas baterai kecil
–   RAM 1 GB[/quote_box_center]

 

Desain

Memiliki layar yang lebih kecil otomatis dimensinya juga lebih kecil, sehingga Coolpad SKY Mini memiliki desain yang ergonomis, simple dan nyaman baik saat digenggam maupun saat digunakan. Dibalut dengan bahhan material plastik yang berkualitas, Coolpad melapisinya dengan Baby Skin pada bagian belakang. Dengan lapisan ini membuat ponsel mudah dibersihkan jika terkena noda.

Memiliki konsep unibodi, Sky Mini menggunakan baterai 1800 mAh yang, tidak dapat dilepas –pasang. Smartphone ini memiliki bentuk yang menebal pada bagaian tengah dan menipis dibagian sisi-sisinya. Menghilangkan siku setiap sudutnya, menambahkan kenyamanan saat mengunakan. Uniknya dibagian depan Coolpad menggunakan panel layar yang seakan sampai ketepi ponsel, padahal sebenarnya disisi ponsel masih terdapat frame tipis sebagai pembatas.

Bagian depannya, terdapat ear-piece, sensor proximity, serta kamera depan berukuran 5 MP dibagian atas layar. Bagian bawah layarnya, terdapat tiga buah soft key (back, home, dan recent apps). Bagian bawah Ski Mini memiliki lubang kecil yang berfungsi sebagai mikrofon dan port USB.

Pada bagian kanannya menyediakan tombol fisik volume up and down dan diatasnya terdapat tombol lock/power. Disebelah kiri terdapat slot SIM tray untuk memasukan kartu SIM card, sedangkan disisi atasnya memiliki infra red dan lubang jack audio 3.5 mm. Dibagian belakang terdapat kamera utama yang telah dilengkapi dengan LED flash. Dibawah  terdapat grill lubang speaker tepat diatas logo Coolpad.

 

Layar

Coolpad SKY Mini menggunakan layar jenis IPS display dengan ukuran 4.7 beresolusi 960 x 540 pixel. Dengan layar yang dimilikinya, pengguna dapat menggunaan baik didalam dan luar ruang dengannyaman. Sayangnya layar Sky Mini tidak menggunakan lapisan khusus, sehingga membuat smartphone ini tidah tahan terhadap goresan.

SKY Mini memiliki fitur Wake-up gesture. Fitur ini merupakan cara mudah untuk mengakses fitur tertentu hanya dengan menggambar huruf tertentu pada layar. Contohnya menggambar huruf c , maka Anda akan langsung menuju aplikasi Dialer, menggambar huruf e untuk membuka browser, dan hurud m untuk langsung memainkan musik. Selebihnya Sky mini juga memiliki Double-tap to Wake, Sliding up to unlock, Sliding down to take photos, dan Horizontally slide to switch songs.

User Interface

Coolpad SKY Mini telah menjalankan sistem operasi Android 5.1 dengan lapisan interface Cool UI diatasnya. Pada bagian lockscreen pengguna dapat mengetahui waktu, shortcut dialer, dan kamera. Secara default Homescreen Coolpad SKY Mini hanya membawa dua panel halaman saja, namun jumlah ini akan bertambah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tidak menggunakan appdrawer, menjadikan homescreen pada Sky Mini berfungsi sebagai menu utama.

Melihat tampilan notifikasi, Coolpad tidak merubah banyak dari tampilan Android Lollipop. Semua notifikasi yang masuk akan ditampilkan bersamaan dengan pengaturan tingkat kecerahan, WiFi, Bluetooth, dan lain sebagainya.

 

Smart Control

Ada juga fitur Smart Control, didalamya terdapat fitur End Call yang mana berfungsi untuk mematikan panggilan masuk melalui tombol lock/power. Lalu tiga pilihan yang berkaitan dengan home button. Pilihan pertama yakni Long press action, ini dapat berfungsi untuk beragam opsi seperti Open/close menu, Recent apps switcher, Search assistant, Voice search, In-app search, Launch camera, dan Turn screen off. Kemudian, kedua ada Double tap action yang mana fungsinya sama dengan Long press action. Terakhir, Answer Call, dimana akan menjawab panggilan masuk hanya dengan menyentuh tombol home.

Baca juga :  Pertarungan Spesifikasi : Xiaomi Pad 5 VS Huawei Matepad 10

Yang unik adalah fitur Coolpad Remote. Fitur ini memungkinkan anda mengontrol beragam alat elektronik rumah seperti TV, Settop Box, DVD Player, Bluray Player, Audio System, Streaming Box, Projector, DSLR Camera, Air Conditioner, Fan, Light, dan User Defined. Sehingga, Anda dapat mengatur beberapa alat sekaligus hanya dengan smartphone ini. Fitur ini memanfaatkan koneksi Infrared yang berada disisi atas.

Baca juga :  Pertarungan Spesifikasi : Xiaomi Pad 5 VS Huawei Matepad 10

 

Kamera

Coolpad SKY Mini dibekali kamera belakang 8MP dengan kemampuan auto-focus dengan sensor BSI f/2.2 didalamnya. Didalamnya tersedia beberapa modus yang dapat Anda pakai, yakni Normal, Beauty, HDR, Nightshot, dan Capture smiles. Ada juga filter warna Standard, Monochrome, Negative, Sepia, dan Posterize. Pada modus Pro pengguna dapat mengatur beragam setting White Balance, Exposure, ISO, dan Focus.

Sedangkan untuk kamera depan memiliki ukuran 5 MP f/2.0. Seperti pada kamera utama, pada kamera ini juga disediakan modus Normal, Beauty, HDR, Nightshot, dan Capture Smiles. Namun tidak seperti kamera utama, kamera depan hanya menampilkan White Balance, Exposure, dan Iso saja pada tampilan Pro.

Hasil kamera cukup memuaskan pada kondisi pencahayaan yang cukup, artinya warna yang dihasilkan bisa keluar seperti warna aslinya dan tidak pudar.  Hasil yang bagus juga ditunjukan pada saat mengambil video. Selain mampu menghasilkan video 720p HD, hasilnya juga bagus.

 

Hiburan

Untuk fitur multimedia, Sky Mini hanya membawa aplikasi Play Music bawaan Android. Seperti biasa, layout yang ada pada Google Play Music ini memiliki warna orange dan putih. Secara default, Play Music maka memiliki empat kategori (Genres, Artist, Albums, dan Songs). Selain pemutar musik, SKY Mini juga menyediakan pemutar video bawaan Android. Untuk memutar video pengguna bisa langsung dapat memutar video melalui File Manager.

 

4G

Mendukung koneksi terbaik untuk internetan, SKY Mini didukung dengan koneksi 4G/LTE, yang mampu mendukung kecepatan hingga 150 MBps untuk download dan 50 MBps untuk upload. Selebihnya koneksi internet juga dapat di tangani dengan koneksi WiFi. Dengan browser Google Chrome, Coolpad SKY Mini dapat diajak internetan dengan mudah dan lancar tanpa masalah. Untuk koneksi lainnya masih ada Bluetooth 4.0 dan dukungan GPS

 

Kinerja

Datang membawa prosesor quadcore  dnegan chipset Qualcomm Snapdragon 410 1.2 GHz, GPU Adreno 306 dan memori RAM 1 GB. Kinerja yang dimiliki Sky mini terbilang cukup baik untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna baik untuk bekerja maupun hiburan.   Sayangnya untuk memori internalnya masih terbilang kecil yakni hanya 8 GB, namun begitu pengguna masih dapat menambahkannya dengan memori eksternal microSD hingga 32 GB.

Kemampuan ini nampak pada saat kami memainkan game Asphalt 8: Airborne yang dapat dijalankan dengan lancar tanpa tersendat. Pengujian juga kami lakukan dengan menggunakan AnTuTu Benchmark. Dnegan aplikasi ini Sky Mini mampu mendapatkan poin hingga 14 ribu-an. (edk)

 

 

spot_img

Artikel Terbaru