spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapReview : Asus Zenfone C - Generasi Baru Harga Lebih Murah

Review : Asus Zenfone C – Generasi Baru Harga Lebih Murah

-

Asus Zenfone CSetelah sukses dnegan varian Zenfone 2, Asus kembali kembali lucurkan versi murah generasi kedua, bernama Zenfone C (ZC 451CG). Smartphone ini bisa dibilang merupakan generasi kedua dari Asus Zenfone 4. Bagaimana dengan performa keseluruhan?

[quote_box_center]Kelebihan
–   Rekaman Video Full HD
–   Ergonomic Arc Design

Kekurangan
–   Android KitKat
–   Kamera Depan hanya VGA
–   Tidak mensupport 4G LTE [/quote_box_center]

 

Desain

Tidak jauh berbeda dengan seri Asus Zenfone 2, Zenfone C juga dibuat dengan bentuk yang diberinama Ergonomic Arc Design. Desain ini membentuk melengkung disisi belakang dan menggelembung pada sisi tengah, sehingga menipis pada bagian sisi sampingnya.

Menghilangkan setiap sudut pada setiap siku sehingga ergonomis dan nyaman saat dipegang. Berbeda dengan Zenfone 2 yang memiliki dimensi agak bongsor, Asus Zenfone C memiliki bentuk yang lebih kecil dan lebih ringan.

Tidak menggunakan sistem semi unibody seperti pada Zenfone 2, Anda masih melepas back covernya. Didalamnya terdapat baterai removable , dan dua lubang slot SIM card serta satu slot memori eksternal.

Untuk tombol fisik, Asus telah menyediakan tombol power/ lock dan pengatur volume pada bagian sisi body. Sedangkan bagian sisi atasnya terdapat jack audio, kemudian,port USB terletak pada bagian bawah. Kemudian pada bagian bawah layar terdapat kapasitif dock yang berfungsi sebagai tombol back, home, dan multitasking.

 

Layar

Untuk tampilan, Asus memasang layar berukuran 4.5 inci beresolusi 480 x 854 pixel dengan kerapatan pixel 218ppi. Selain itu layar tersebut dilindungi oleh lapisan Oleophobic sehingga layar tidak mudah tergores.

Berjalan diatas Android Kitkat, interface Asus Zenfone C masih dilapisi dengan Zen UI. Pada tampilan lockscreen menampilkan icon shortcut kamera, dial, dan sms, beserta informasi mengenai cuaca, waktu, tanggal, dan agenda, secara default Zenfone C menggunakan Swipe screen untuk membuka lock screen tersebut.

Secara default halaman panel Homescreen Asus Zenfone C tersedia 3 halaman, halaman ini akan bisa ditambahkan hingga 7 panel halaman. Pada halaman ini selain shortcut, Anda juga bisa menyisipkan widget, selebihnya masih ada kostumisasi effect yang tersedia dalam beberapa pilihan.

 Screenshot_2015-08-19-10-16-12

Konektivitas

Jika Zenfone 2 memiliki kemampuan untuk dapat terhubung ke jaringan LTE, Zenfone C hanya mampu tersambung pada jaringan data HSPA. Untuk internetan masih ada koneksi Wi-Fi, hotspot A-GPS, GLONASS.

Untuk browsing, Asus menyediakan dua browser untuk Zenfone C yaitu Google Chrome dan browser buatan mereka sendiri. Tampilan Browser buatan Asus ini mirip dengan browser Chrome

Koneksi lainnya tersedia koneksi tanpa kabel atau Wifi dan Bluetooth V4.0. Sedangkan untuk koneksi kabel tersedia MicroUSB v 2.0.

 

 Kamera

Dibanderol dengan harga murah, Zenfone C tidak seperti Zenfone 2 yang memiliki kamera dengan resolusi tinggi,  Zenfone versi murah ini hanya memiliki kamera belakang 5MP dan kamera depan VGA. Untuk membantu pengguna dalam pengambilan gambar, asus menyediakan beberapa scene mode, seperti auto, panorama, night, time rewind, HDR, miniature, beautification dan lainnya. Selain itu masih ada beberapa effect yang dapat digunakan untuk mempercantik foto.

Dari hasil foto pada kamera utamanya, Zenfone C mampu menghasilkan foto yang cukup baik.  Tidak hanya untuk mengambil foto, kemampuan merekam vieo juga tidak kalah bagusnya. Karena mampu merekam dengan kualitas Full HD dengan hasil yang cukup tajam.

Screenshot_2015-08-19-10-16-34

Hiburan

Selain aplikasi default dari Android, Asus Zenfone C juga dibekali dnegan aplikasi pemutar musik dan Video, uru khas dari smartphone Asus Zenfone.

Aplikasi pemutar musiknya memang tidak ada yang istimewa, namun begitu aplikasi ini juga bukn tanpa fitur yang wah. Asus menyediakan fitur Sleep Timer untuk mematikan music player hingga 2 jam. Asus Zenfone C tidak menyediakan aplikasi untuk pemutar video. Sayangnya untuk pemutar video pengguna tidak menampilkan subtitle, karena Zenfone C belum mendung ftiru tetapi pada saat film dengan resolusi 1080 berformat .mkv berjalan dengan lancar tanpa adanya lagging atau tersendat.

 

Kinerja

Namun, tidak seperti Asus Zenfone 2 yang lebih powerfull dari seri hardware, Zenfone versi murah ini menggunakan chipset prosesor Intel Atom Z2520 Dual-core dengan kecepatan 1.2 GHz.ditambah RAM 1GB membuatnya mampu menjalankan aplikasi dengan mudah. Tidak hanya satu aplikasi, bahkan dua atau tiga aplikasi sekaligus dapat dijalankan dengan lancar.

Untuk mendukung kemapua grafis, Zenfone C menggunakan GPU dari Power VR SGX544MP2.  Untuk mengujinya kami menggunakan game 3G, Furious  7 Race. Memainkan game ini, Zenfone C dapat menjalankannya dengan lancar, tanpa ada masala, bahkan kami tidak menemukan masalah lagging saat bermain.

 

Baterai

Asus Zenfone C memiliki baterai berkapasitas 2100 mAh ini dirasa sudah cukup untuk smartphone dengan berspesifkasi yang telah dibahas di atas, pada saat Saya menggunakannya untuk me review Zenfone C ini, seperti mencoba kamera depan dan utamanya untuk mengambil gambar dan video selama kurang lebih 1 jam mengurangi baterai sekitar 8%-10%, untuk mendownload beberapa aplikasi dan browsing selama kurang lebih 2 jam mengurangin baterai sekitar 20% – 25%, kemudian pada saat mencoba performa pada pemutar musik, video dan gaming sekitar kurang lebih 3 jam berkurang sekitar 40% – 50%.(edk)

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru