Senin, 20 Mei 2024
Selular.ID -

Pelanggaran Keamanan TI Bikin Perusahaan Tanggung Kerugian Besar

BACA JUGA

cyber security

Jakarta, Selular.ID – Pelanggaran serius terhadap sistem keamanan TI akan menyebabkan banyak masalah bagi perusahaan. Dengan kerusakan yang begitu beragam, sulit bagi perusahaan untuk memperkirakan total biaya akibat pelanggaran. Biasanya perusahaan akan mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk layanan profesional (seperti ahli IT eksternal, pengacara, konsultan, dll), dan pemasukan juga akan berkurang dikarenakan peluang bisnis yang hilang dan downtime.

Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk pulih dari pelanggaran keamanan adalah USD551.000 untuk perusahaan dan USD38.000 untuk usaha kecil dan menengah.

Menurut laporan dari Kaspersky Lab bekerja sama dengan B2B International pada 2015, jenis pelanggaran keamanan yang paling mahal yaitu penipuan terhadap karyawan, spionase cyber, intrusi jaringan dan kegagalan oleh pemasok pihak ketiga.

“Kami memiliki daftar ancaman terhadap perusahaan yang menyebabkan kerusakan paling signifikan – yang kami percaya perusahaan harus memberikan perhatian sepenuhnya untuk hal tersebut,” komentar Brian Burke, Head of Market Intelligence Team, Kaspersky Lab.

Paling sering pelanggaran keamanan yang serius adalah hasil dari serangan malware, phishing, kebocoran data oleh karyawan dan eksploitasi kerentanan software. Sementara itu, jenis pelanggaran keamanan mahal yang lain termasuk penipuan oleh karyawan, spionase cyber dan intrusi jaringan. (edk)

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU