Wednesday, July 15, 2020
       
Home News Google Sediakan Sambungan Internet di 400 Stasiun Kereta Api

Google Sediakan Sambungan Internet di 400 Stasiun Kereta Api

-

374692_620Jakarta, Selular.ID – Ide cemerlang juga ambisius, guna membawa internet ke lebih banyak orang, kerap dilakukan raksasa internet Google. Mulai dari memasang kabel fiber di kota-kota di Amerika Serikat sampai menerbangkan balon udara ke tempat-tempat terpencil di dunia.

Sekarang, perusahaan membawa visi dan ambisi itu ke India, kampung halaman dari CEO Google, Sundar Pichai. Kali ini, Google memilih cara lain untuk menghubungkan 10 juta koneksi berikutnya. yaitu dengan memberi manfaat berbeda dari ratusan stasiun kereta, untuk berperan dalam menyediakan akses internet publik high-speed di seluruh negeri.

Mengalirkan sambungan internet melalui kereta api bukanlah hal yang baru di India. Sebuah perusahaan bernama RailTel telah melakukannya lebih dulu. Itu sebabnya Google akan bekerja dengan ISP bersama-sama dengan perusahaan Kereta Api India, yang mengoperasikan salah satu jaringan kereta api terbesar di dunia.

Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan Wi-Fi publik berkecepatan tinggi di 400 stasiun di seluruh negeri. Tapi sebagai awalan, Google memulainya dengan target 100 stasiun terhubung ke internet, sebelum akhir tahun.

Sebagai pemikat, akses akan dibuka bebas, yang memungkinkan calon penumpang yang sedang menunggu kereta, bisa dihibur atau mendapat informasi melalui kekayaan maya di internet. Tapi kelak, Google akan membuat layanannya “mandiri”, yang berarti akan berbayar. Entah mulai kapan.

Lebih dari sekadar beramal, menghubungkan lebih banyak penduduk India ke internet, sampai melampaui angka 100 juta pengguna, tentu sangat penting untuk bisnis Google. Bagian dari kegagalan Android One di negeri Bollywood itu adalah, meskipun harganya murah tapi ekosistem Google mengharuskan ponsel tersambung ke internet sepanjang waktu.

Dengan demikian, sudah menjadi kepentingan Google untuk membantu meningkatkan infrastruktur dan dukungan internet di India.

Apakah Google akan melakukan hal serupa dengan negara di mana Android One dirilis lainnya seperti Filipina dan Indonesia?

(edk)

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest