Wednesday, October 21, 2020
Home News Adopsi Android Lollipop Mulai Meroket, Tembus 20%

Adopsi Android Lollipop Mulai Meroket, Tembus 20%

-

Asus Zenfone 2_Lollipop

Jakarta, Selular.ID – Google mengungkap riset terbaru mengenai adopsi OS Android di perangkat mobile. Lollipop atau versi Android 5.0 meraih pertumbuhan pesat di perangkat mobile.

Raksasa mesin pencari itu mengungkap statistik adopsi Android yang tersedia di halaman developernya. Hingga tanggal 7 September, Lollipop menempati porsi mencapai 21 persen dari seluruh perangkat Android, yang merupakan gabungan dari versi 5.0 (15,9 persen) dan versi 5.1 (5,1 persen).

Di bulan Juni lalu, pergerakan adopsi Lollipop masih sangat lamban. Berkisar 10 persen saja. Kenaikan adopsi ini kemungkinan didorong oleh handset baru Android dari OEM seperti Sony, Samsung, Xiaomi, dan LG yang memiliki andil telah menyebarkan update OS baru.

Sementara itu, KitKat kini menjadi versi Android yang paling banyak dipakai. Versi Android 4.4 ini melampaui Jelly bean dengan porsi 39,2 persen. Padahal, ada tiga versi Jelly Bean yang beredar di pasar (4.1 sampai 4.3), namun hanya memperoleh kalkulasi 31,8 persen saja.

Sedangkan Gingerbread menempati urutan ketiga dengan mengambil porsi 4,1 persen, dan diikuti oleh Ice Cream Sandwich 3,7 persen

Untuk versi Android yang lebih jadul, Froyo, masih digunakan sebanyak 0,2 persen dari perangkat mobile berbasis Android. Detik-detik ‘kematian’ Froyo disinyalir tidak akan lama lagi bila mengingat Google juga sudah mengenalkan update versi yang baru lagi, yakni Marshmallow.

Latest