Sunday, May 26, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Smartfren Andromax R (4G LTE): Android Tercepat Dijalur CDMA

Smartfren Andromax R (4G LTE): Android Tercepat Dijalur CDMA

-

Andromax-R-(1)Jakarta, Selular.ID – Setelah Hands-On yang sudah kami lakukan sebelumnya, kini , Selular.ID akan menyajikan secara lengkap Review dari smartphone Smartfren Andromax R yang berjalan pada koneksi tercepat dijalur CDMA.

[quote_box_center]Kelebihan
– Koneksi 4G/LTE
– Kamera 13 MP
– Dibekali Dolby Digital Plus

Kekurangan
– 4G /LTE hanya untuk Jalur CDMA[/quote_box_center]

Desain
Andromax R merupakan yang diproduksi oleh produsen asal Tiongkok, Hisense. Dibentuk dengan desain yang cukup tipis dan ringan, sehingga tetap nyaman saat dibawa kemana-mana. Setiap sudutnya dibuat membulat, sehingga tidak heran jika Andromax R punya desain yang ergonomis dan nyaman untuk dipergunakan. Disekelilingnya dibalut dengan frame list berwarna emas, membuat penggunanya nampak lebih elegan dan membantu penampilan.

Andromax-R-(6)Dibagian depan Andromax R didominasi dengan layar 5 inci. Diatas layar tersedia kamera 5MP bersama dengan lampu LED flash. Semantara disamping kanan tersedia tombol kontrol volume yang berjejeran dengan tombol power atau unlock. Pada sisis sebaliknya (kiri) Anda tidak akan menemukan komponen apapun.

Andromax-R-(4)Di bagian belakang tersedia kamera 8 MP bersama dengan lampu Dual LED. Dibawahnya nampak terdapat logo 4G LTE dan dibawah logo terdapat speakerphone.  Dibawah smartphone nampak port MicroUSB yang dapat digunakan pengguna untuk mentransfer data, maupun mengisi data baterai dengan menggunakan kabel data, dan adapter charger. Dan dibagian atas tersedia port audio 3,5mm untuk koneksi kabel audio. Port ini dapat digunakan untuk mendengarkan musik melalui earphone yang juga tersedia pada paket penjualan.

Android Lollipop
Smartfren Andromax R menggunakan layar 5 inci dengan resolusi HD (1080x720piksel ) berjenis IPS yang lengkap dengan lapisan kaca anti gores dari Asahi Dragontrail. Dengan lapisan ini tidak hanya memberikan proteksi yang lebih karena lebih kuat terhadap goresan, tapi juga kualitas tampilannya lebih jelas dan terang.

Interfacenya nampak segar, secara default ponsel ini memilki satu widget yang sudah pasti masih dapat ditambahkan sesuai keinginan. Untuk mengkostumisasi tampilan homescreen, pengguna dapat men-tap layar yang agak lama hingga muncul pengaturan. Pada Notification bar, Andromax R akan menampilkan Informasi notifikasi pada sapuan pertama, sedangkan pada sapuan berikutnya batu terdapat status koneksi.

inyerfaceMenjalankan sistem operasi Android Lollipop 5.0, Andromax R tanpa ada antarmuka tambahan. Dengan menggunakan sistem operasi terbaru dari Android ini maka membuat penggunaan smartphone terasa simple dan ringan.

Kinerja
Bergeser di sektor dapur pacu, Andromax R diperkuat dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 410 prosesor Quad Core ARM Cortex A53 64 bit kecepatan 1,4 GHz. Dengan prosesor ini dan ditopang dengan GPU Adreno 306, Smartfren mengklaim Andromax R sangat powerfull baik untuk bekerja maupun untuk memainkan game sekelas GT Racing 2. Tidak hanya itu, RAM 1 GB membuat smartphone dapat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan alias multitasking.

hardwarePada memori internal pengguna disediakan kapasitas sebesar 8GB. Dengan kapasitas ini Andromax R menyisakan sisa sekitar 4-5 GB untuk menyimpan file atau menginstall aplikasi tambahan. Jumlah ini memang tidah besar, namun dengan adanya slot memori eksternal, pengguna dapat dengan leluasa untuk menambahkan memori hingga 32 GB dengan kartu memori microSD.

Saat dicoba menggunakan mobile gaming, Andromax R terasa lancar dan mulus. Pada saat dilakukan pengujian dengan menggunakan Antutu Benchmark, Andromax R mampu mendapatkan skor hingga 20 ribuan.

Untuk daya tahan baterai, karena Smartfren membekalinya Andromax R dengan baterai kenis Li-Ion dengan kapasitas sebesar 2200 mah. Kemampuan baterai ini terbilang cukup awet, karena smartphone ini dapat menemani aktivitas seharian penuh, dengan penggunaan standart browsing internet dan memainkan game sesekali..

Kamera
Menilik sektor kamera, Smartfren Andromax R sidah dilengkapi dengan lensa kamera berkekuatan 8 Megapixel dibagian belakang. Kamera ini sudah dibekali fitur Autofocus, LED Flash, dan kemampuan untuk merekam video beresolusi HD. Sementara untuk kebutuhan berfoto selfie, Smartfren menyediakan lensa kamera depan 5 Megapixel yang juga sudah dibekali fitur LED Flash. Dengan kehadiran LED Flash pada kamera depan
Didalamnya juga tersedia beberapa fitur. Beberapa diantaranya adalah modus panorama, HDR, smile detection, geo tagging dan lainnya. Selebihnya pengguna juga masih dapat menggunakan pengaturan ISO, anti banding, brightness, contrast dan masih banyak lainnya.

Pada kameranya sendiri terbilang bagus baik saat memotret, ataupun merekam video. Hasil foto pada kondisi pencahayaan yang terang, hasilnya cukup terang dan dapat menangkap objek dengan baik. Begitu juga pada pencahayaan yang agak gelap.

Multimedia
Untuk fitur multimedia, AndromaxR telah menyediakan fasilitas pemutar video khusus selain pemutar video bawaan Android, yakni aplikasi Videos. Aplikasi ini mampu memutar banyak format file video yang popular saat ini.

Tidak hanya pemutar video, pengguna juga disediakan pemutar musik bawaan dari Android dan aplikasi pemutar musik tambahan. Selain itu, masih tersedia layanan aplikasi Gudang Musik. Layanan Aplikasi dari smartfren dan melon ini mampu memutar musik yang perdengarkan langsung secara streaming atau pun download dari Gudang musik.

gameTidak ketinggalan, masih ada teknologi Dolby Digital Plus. Teknologi tersebut mampu meningkatkan kualitas suara, agar terdengar lebih jernih, dan terasa lebih hidup saat digunakan menikmati musik, bermain game, dan menonton film.

4G/LTE
Tidak memiliki sistem unibodi pada desain, backcover Andromax R dapat dilepas, begitu juga baterainya. Didalamnya ditersedia dua slot SIM card, dimana pada port pertama yang lebih dioptimalkan untuk mengakses internet, Port 4G LTE yang langsung dapat dipergunakan dengan kartu SIM card Smartfren yang termasuk pada paket bundling. Kartu CDMA-nya sudah dilengkapi teknolog TDD-LTE pada spektrum 2300Mhz, dan dapat mengakses jaringan Evdo Rev.A dengan kecepatan 3.1 mbps.

koneksiSedangkan pada slot kedua adalah slot untuk kartu GSM yang hanya mampu tersambung pada jaringan maksimal EDGE. Untuk slot 1 Andromax R menggunakan slot microSIM, sedangkan pada slot kedua menggunakan SIM standart alias Mini SIM. Selain itu dengan jaringan 4G LTE untuk berinternet Smartfren Andromax R juga memiliki fitur koneksi lainnya seperti Wi-Fi dan Wi-fi hotspot untuk tethering .

fiturUntuk kemampuan koneksi internet tidak perlu digarukan lagi. Memiliki jalur sendiri pada CDMA, jaringan 4G/LTE Smartfren terbilang lancar dan cepat. Tidak hanya untuk browsing saja, koneksi internet juga dapat mengakomodasi pengguna yang suka youtube dengan baik dan tanpa buffering.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest