Sabtu, 22 Juni 2024
Selular.ID -

Seperti Manusia, Bisnis Online Juga Punya ‘Jantung & Hati’

BACA JUGA

Ilustrasi bisnis online
Ilustrasi bisnis online

Jakarta, Selular.ID – Kelangsungan bisnis online bila diibaratkan sama seperti manusia, adalah harus mempunyai jantung dan hati untuk tetap hidup. Bila jantung dan hati pada manusia adalah organ tubuh yang sebenarnya, maka dalam bisnis online, yang dimaksud jantung adalah teknologi, dan yang diartikan hati adalah finance. Hal ini diutarakan langsung oleh Gaery Undarsa, Managing Director Ticket.com.

Bagi Gaery, baik teknologi maupun modal, merupakan dua hal yang selalu harus dijaga untuk membangun bisnis online. Tanpa teknologi, layanan yang ditawarkan tidak bisa diakses sehingga bakal merugikan si pelaku industri sendiri. Menurut pengalamannya, bila situs tidak bisa diakses antara lima sampai sepuluh menit, perusahaan bisa menanggung kerugian hingga 100-200 juta.

“Kerugian bisa bertambah bila gangguan terjadi pada jam-jam padat (peak hours),” ujar mantan pegawai IBM Kanada tersebut. “Apalagi kalau sampai seharian.”

Sementara di sisi finance, modal dan invetasi bisa menentukan seberapa jauh perusahaan berlari karena akan mengontrol perputaran uang. Di Tiket.com sendiri, startup ini rutin mengeluarkan uang puluhan miliar untuk perputaran. Bila mogok sebentar saja, rugi ratusan juta siap menghantui.

“Kita kan juga harus bayar tiket pesawat, hotel, dan sebagainya. Gak boleh telat,” ungkap Gaery.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU

Realme GT 6 Ada Versi Murahnya!