Friday, August 23, 2019
Home News Security Riset: Layanan Hosting Jadi Sarang Tindak Kejahatan Siber

Riset: Layanan Hosting Jadi Sarang Tindak Kejahatan Siber

-

trend-microJakarta, Selular.ID – Ada beberapa aspek krusial terkait operasi kejahatan siber, salah satunya yang sering luput dari perhatian adalah server-server yang melayani hosting yang digunakan sebagai tempat mereka melancarkan serangan-serangan kejahatan tersebut.

Bulletproof Hosting Servers (BPHS) biasa dikenal sebagai layanan server hosting berbasis hardware, software, maupun aplikasi, yang digunakan sebagai tempat menyimpan segala macam konten maupun kode-kode executable, layaknya layanan hosting pada umumnya.

Namun bedanya, server-server BPHS ini seringkali dijadikan host untuk berbagai macam konten berbahaya, seperti situs-situs phishing, sarang pornografi, situs-situs belanja palsu dan yang ditengarai carding, bahkan untuk mendukung infrastruktur command-and-control (C&C). Singkatnya, BPHS menjadi fondasi operasi bagi para penjahat siber dalam melancarkan aksi mereka.

Trend Micro melalui Forward-Looking Threat Research Team (FTR) merilis hasil riset yang bertajuk “Criminal Hideouts for Lease: Bulletproof Hosting Services (BPHS)” yang bertujuan untuk menggugah kewaspadaan publik akan layanan hosting semacam ini, serta mengungkapkan gambaran yang lebih terperinci mengenai kejahatan siber yang memanfaatkan layanan BPHS terselubung tersebut.

Bob McArdle dari FTR merangkum seperti apa tantangan yang dihadapi terkait eksistensi BPHS. Menurutnya, sifat BPHS yang melindungi seluruh aktivitas kejahatan dari upaya hukum, memberikan celah pelarian yang lebar bagi para penjahat untuk dapat meloloskan diri dari sergapan para penegak hukum maupun terendus oleh industri keamanan. Dan sayangnya, celah-celah pelarian tersebut masih mereka buka lebar-lebar hingga kini.

Laporan riset yang dirilis oleh Trend Micro memuat berbagai pandangan dan ulasan mendalam mengenai BPHS serta sistem untuk mengklasifikasikan kejahatan mereka, sehingga bermanfaat bagi para periset di bidang keamanan maupun penegak hukum dalam membantu upaya investigasi yang mereka lakukan.

Berikut tautan untuk mengunduh laporan riset tersebut, “Criminal Hideouts for Lease: Bulletproof Hosting Services.”

Latest