Jumat, Oktober 30, 2020
Beranda Apps Opera Perluas Ekosistem Mobile dengan Akusisi Bemobi

Opera Perluas Ekosistem Mobile dengan Akusisi Bemobi

-

IMG_20150811_153620Jakarta, Selular.ID – Opera kian memperkuat posisi dalam penemuan aplikasi mobile. Peramban web ini baru saja mengakusisi Bemobi, layanan yang unik dan serupa dengan Netflix untuk aplikasi di smartphone premium berbasis Android.

Bekerja sama dengan mobile operator, teknologi aplikasi Bemobi memungkinkan para pengguna smartphone untuk memiliki akses unlimited terhadap aplikasi-aplikasi mobile dengan biaya yang terjangkau dan dibayarkan per minggu. Pengguna membayar layanan tersebut melalui sistem tagihan dari operator selular yang digunakan, yang membuat layanan ini sangat efektif untuk pasar berkembang, dimana penetrasi kartu kredit dan debit cukup rendah.

Saat Selular.ID mengkonfirmasi berita akuisisi ini kepada Tim Opera Indonesia, diketahui nilai transaksi termasuk USD 29.5 juta yang dibayarkan tunai saat penutupan, sampai USD 81 juta (termasuk USD 13.5 juta dalam performance based escrow) berdasarkan performa selama tahun 2015 hingga 2019 Revenue and Adjusted EBITDA, dan tambahan USD 29 juta dalam pembayaran untuk pencapaian EBITDA yang disesuaikan. Seluruh pembayaran, yang berkaitan dengan target pencapaian yang agresif, akan dibayarkan dari cash flow yang diperoleh dari layanan dan produk Bemobi, dimana artinya transaksi ini bersifat self-funded. Transaksi ini tidak membutuhkan tambahan dana dari Opera setelah pembayaran awal.

Strategi ke depannya, Opera akan memanfaatkan Bemobi untuk meningkatkan kesuksesan Opera Mobile Store, dengan membawa konten premium dan berbayar untuk pelanggan dengan model yang mudah digunakan.

Melalui akuisisi ini, Opera juga dapat memberikan nilai lebih kepada seluruh pemain di ekosistem mobile, baik pengguna, pengembang aplikasi selular, operator selular, dan pembuat handset.

Latest