spot_img
BerandaNewsE-CommercePentingnya Sertifikat SSL Pada Situs E-commerce

Pentingnya Sertifikat SSL Pada Situs E-commerce

-

SSL-CertificateJakarta, Selular.ID – Di tengah booming belanja online, masih terselip rasa bertanya-tanya para calon pembeli ‘apakah situs ini aman?’ atau ‘ini asli atau penipuan?’
Salah satu tantangan terbesar bagi pelaku bisnis perdagangan daring (e-commerce) di Indonesia adalah meyakinkan para pengguna bahwa toko mereka adalah toko yang terpercaya dan aman. Data A.T Kearney menunjukkan bahwa konsumen di ASEAN sulit untuk percaya bahwa transaksi yang mereka lakukan secara daring terjamin aman. Bahkan, 60 persen dari konsumen di Tanah Air tidak mempercayai pembelanjaan online menggunakan data kartu kredit. Takut bila data pribadinya bocor dan diretas oleh hacker.
Untuk meredam kekhawatiran konsumen, di sinilah SSL (Secure Sockets Layer) berperan sebagai sistem keamanan terenkripsi yang akan melindungi transaksi pembelanjaan daring dari konsumen.
SSL sendiri merupakan standar internet untuk mengamankan koneksi antara server suatu situs perdagangan daring dengan browser client seperti Mozilla, Chrome, Safari, dan sebagainya. SSL akan membantu menyembunyikan informasi dari pihak ketiga yang mungkin mencoba untuk mencuri informasi pribadi yang sedang ditransmisikan di dunia maya dengan cara mengacak data tersebut. Edy Budiman, Founder & CEO PT Dewaweb menekankan pentingnya sertifikasi SSL pada sebuah situs e-commerce untuk mengamankan data.
“Bila kita sedang menggunakan Free WiFi di cafe misalnya, dan memasukkan biodata atau login ke sebuah situs. SSL akan mengacak password pengguna,” kata Edy, kepada Selular.ID
Ia melanjutkan, bila pengguna masuk ke website tanpa SSL, hacker bisa menyusup ke sistem situs karena segala informasi bakal muncul sebagai plain text. Buntutnya, kita bisa terkena phising site alias pencurian informasi pribadi seperti username, password, hingga rincian kartu kredit dengan menyamar sebagai entitas terpercaya.
Dengan sertifikat SSL, sistem ini akan membantu sebuah situs e-commerce dalam mengamankan transmisi data seperti kartu kredit, username, dan kata sandi melalui proses enkripsi yang sangat solid.

Artikel Terbaru