Thursday, September 19, 2019
Home News Kaspersky: Mobile Banking Target Utama Para Hacker

Kaspersky: Mobile Banking Target Utama Para Hacker

-

IMG_20150811_151637Jakarta, Selular.ID – Ancaman serangan malware di dunia maya pada kuartal 2 tahun 2015 sangat mengkhawatirkan. Mengacu pada data Kaspersky Security Network (KSN) bulan Juli lalu, insiden keamanan bukan hanya berbahaya namun juga berdampak luas. Dalam 3 bulan tersebut, rata-rata 23,9 persen komputer pengguna Internet di berbagai belahan dunia, diserang oleh malware yang dibawa oleh situs online setidaknya sekali.

Sementara itu, pada perangkat ponsel, sebanyak 291.800 program malware baru muncul di kuartal ini.

“Malware tidak pernah berkurang, tetapi terus bertambah,” kata Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager Kaspersky Lab SEA Indonesia, saat media roundtable hari ini (11/8/2015), di Jakarta.

Dibandingkan Q4 2014 dan Q1 2015, ada peningkatan jumlah malware secara drastis di kuartal lalu.

Selama kuartal dua tahun ini, setidaknya ada lebih dari 379 juta serangan berbahaya via online di seluruh dunia, dan 26 juta diantaranya merupakan serangan yang disebar melalui website dalam bentuk script, exploit, exe file, dan sebagainya.

Target utama para pelaku adalah mobile banking. Data Kaspersky Lab menunjukkan versi terbaru Trojan yang muncul di kuartal 2 dapat menyerang setidaknya 114 bank dan aplikasi finansial.

“Para hacker paling banyak menyerang institusi banking dan transaksi online. Karena bicaranya ada uang di sana,” kata Dony.(Ind)

Latest