Smartfren Siapkan Layanan 4G LTE di 22 Kota

Munir Syahda Prabowo, VP Network Smartfren Telecom
Munir Syahda Prabowo, VP Network Smartfren Telecom
Munir Syahda Prabowo, VP Network Smartfren Telecom

Jakarta, Selular.ID – Belum lama ini Smartfren Telecom ikut berpartisipasi dalam gelaran nasional LTE tahap kedua dengan menghadirkan layanan internet cepat pertamanya secara komersial di Batam.

Dalam presentasi tentang kesiapan jaringan Smartfren menyambut 4G,  Munir Syahda Prabowo, VP Network Smartfren Telecom, mengatakan bahwa Smartfren akan mempersiapkan hadirnya layanan 4G LTE di 22 kota besar di Indonesia. “Semester 2 tahun ini kami aan hadirkan 4G LTE di 22 kota,” ungkapnya.

Untuk menghadirkan layanan internet cepat ini Smartfren menggunakan teknologi dual carrier dengan memanfaatkan frekuensi 850Mhz dan 2300Mhz yang dimilikinya. Penggunaan dua spektrum ini merupakan langkah tepat dalam menghadirkan layanan data dengan coverage luas dan kapasitas yang cukup.

Spektrum 850Mhz digunakan Smartfren untuk memberikan coverage jaringan yang lebih luas mengingat karakter frekuensi rendah mempunyai kemampuan coverage yang cukup tinggi. Sedangkan frekuensi 2300Mhz digunakan untuk menghasilkan kapasitas jaringan yang lebih besar.

Di frekuensi 850Mhz ini Smartfren mempunyai kapasitas sebesar 10Mhz sedangkan di frekuensi 2300Mhz alokasi yang tersedia cukup besar hingga 30Mhz.