Jakarta, Selular.ID – Indonesia adalah wilayah yang berpotensi besar untuk bisnis logistic dan supply chain. Namun amat disayangkan layanan transportasi di kawasan ini masih tertinggal dan tidak efektif sehingga menyebabkan lambat dan tidak menentukan masa pengiriman barang. Untuk memberikan solusi pada permasalahan tersebut Lazada memperkenalkan Lazada Express (LEX) yang mengoptimalkan kemampuan dalam kecepatan pengiriman barang.
Lazada LEX merupakan bisnis logistic dan rantai suplai bagian dari Lazada Indonesia yang mengoptimalkan kemampuan dan kecepatan pengiriman barang.
Perusahaan yang menjajakan bisnis di laman lazada.co.id itu menargetkan memiliki 40 hub atau jaringan penghubung bisnis pada 2015, dari 20 hub yang sudah dibangun pada 2014.
“Wilayah Indonesia bagian timur, seperti Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara adalah target kami untuk membangun hub yang baru,” kata Anand Kumar, CEO Lazada Express (LEX) Indonesia di Jakarta.
Dari 20 hub yang sudah ada, Lazada menargetkan untuk meningkatkan kenaikkan sampai 100 persen, menjadi 40 hub sampai akhir tahun. Menurut Anand, jumlah hub yang mencapai 40 sampai dengan akhir tahun nanti, ditaergetkan akan terus meningkatkan kapasitas pengiriman mulai dari 300%-500%.
Saat ini, dengan 20 hub yang sudah ada tersebut, Lazada Express baru berperan menangani pengiriman barang Lazada sekitar 20%–25% dari total semua pengiriman barang. Dengan penambahan hub, serta peningkatan kapasitas pengriman, Lazada menargetkan bisa mengcover semua pengriman dengan menggunakan Lazada Express di Indonesia sebesar 80%.
“Dengan adanya penambahan hub, serta peningkatan kapasitas pengiriman, kami targetkan pengiriman lewat Lazada Express bisa mengcover sekitar 80% dari total pengiriman,” ujar Anand.
Anand mengungkapkan, tujuan adanya LEX adalah untuk melayani pengiriman seluruh produk langsung ke tujuan akhir yang juga dikenal dengan nama last mile delivery.
Kapasitas layanan untuk distribusi saat ini, terdiri dari 100 sepeda motor yang tersebar di berbagai titik layanan, 70 kendaraan roda empat, serta truk, dan dukungan tenaga kerja lebih dari 200 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.
“Kelebihan dari LEX, proses pengirimannya lebih cepat, kemanannya terjamin, serta barang dikirim sampai ke tujuan masing-masing. Jadi, kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik buat masyarakat Indonesia,” terang Anand.
Saat ini, selain Lazada Express, Lazada juga menggandeng beberapa mitra logostik di antaranya adalah JNE Logistik, Tiki Logistik, RPX Logistik, Pandu Logistik dan First Logistik.