Beranda Review Smartphone & Gadget Terlengkap Microsoft Lumia 640 LTE: Koneksi Cepat, Kamera Lebih Akurat

Microsoft Lumia 640 LTE: Koneksi Cepat, Kamera Lebih Akurat

-

Microsoft Lumia-640-LTEJakarta, Selular.ID – Selain Lumia 640 XL yang masuk dikelas phablet, Microsoft juga luncurkan seri Lumia 640 LTE dengan tubuh yang lebih kecil. Mskikecil Lumia 640 LTE memiliki kemampuan koneksi data yang lebih cepat ketimbang saudara besarnya. Bagaimana fitur lainnya? Beikut adalah testnya.

Desain
Sepintas, Microsoft Lumia 640 hampir tidak bisa dibedakan dari produk sebelumnya yakni Nokia Lumia 630/635. Menyesuaikan tren pengguna yang banyak menyukai layar luas, maka Microsoft membuatnya dengan layar yang luas dengan 5 inci dari sebelumnya padad Lumia 630.635 yang hanya 4,5 inci. Denngan tambahan luas layar ini mengakibatkan 640 sedikit lebih tinggi dan lebih lebar. Meski bertambah panjang dan lebar, namundimensi yang dimilikiya masih tetap nyaman saat dipegang

Smartphone terbaru dari secara keseluruhan desain 630 LTE masih memiliki ciri khas Lumia dengan bodi yang lebih ramping, dengan ketebalan yang 8.8mm. Lumia 640 memiliki lapisan backcover ang terbuat dari plastik. Penutup belakang ini bisa dilepas, memungkinkan Anda untuk membuka baterai 2500mAh dan menggonta-ganti SIM dan memori card melalui slot micro-SIM dan slot microSD.

Jika pada warna lain dilapisi dengan glossy, namun pada produk yang kami review memiliki warna hitam dilapisi dengan lapisan doff. Lapisan sangat membantu pengguna supaya tidak mudah kotor dan selip saat digenggan.

Melihat sisi perangkat, Anda akan melihat tombol volume dan tombol power yang tersusun rapih di sebelah kanan. Sedangkan disebelah kiri Microsoft tidak menempatkan tombol apapun. Dibagian bawah terdapat port microUSB sedangkan di bagian atas tersedia port audio 3.5mm.

640Pada bagian belakang Lumia 640, terdapat kamera utama 8MP yang didampingi lampu LED flash serta tampilan logo Microsoft dibawahnya. Yang unik adalah lubang speakerphone yang tersedia bagian bawah kanan dimana lubang ini dibuat bulat tidak seperti ponsel lain yang biasana dibuat segaris kecil

Beralih pada bagian depan layarnya Microsoft melapisinya dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3. Diatasnya tersedia lensa kamera dengan resolusi 1 MP, speaker panggilan telpon dan mikrofon.

Layar
Seperi yang diungkapka sebelumnya Lumia 640 LTE dibekali dengan layar 5 inci. Untukresolusinya sendiri sudah berkaulitas HD 1280×720 pixel, mendukung kerapatan piksel 294 ppi membuat tampilan sangat jelas dan terang. Hal ini berkat teknologi ClearBlack yang sudah tersedia didalamnya yang membuat warna hitam menjadi lebih pekat, sehingga tampilan warna lain lebih terlihat terang. Menggunakan jenis IPS pada layar juga membuat viewing angel lebih luas sehingga dapat dilihat dari sudut kemiringan tertentu.

interfase640 LTE menjalankan OS Windows Phone 8.1, yang memiliki codename Denim. Seperti pada beberapa smartphone Lumia lainya, tampilan homescreen masih mengandalkan live tile dengan menampilkan informasi hidup didalamnya. Tampilan Live tile ini masih dapat dirubah ukuranya sesuai keinginan. Versi terbaru dari OS ini membawa banyak perubahan pada panel pull-down yang dapat menunjukan notifikasi masuk serta pengaturan seperti brightness layar dan Wi-Fi.

Office 365

Sejak Satya Nadella menjadi CEO pada tahun 2014, Microsoft telah menjadi pemain yang kuat kuat untuk layanan cloud. Salah satunya penguatnya adalah berkat akusisisi terhadap NokiaDevice. Melalui pengguna Lumia yang mengakses ke Office dan onedrive maka pengguna secara tidak lengsung telah menggunakan layana cloud dari Microsoft.

ImetTerlebih lagi pengguna Lumia Lumia 640 LTE juga digtariskan satu tahun untuk berlangganan Office365 dan penyimpanan gratis onedrive 30GB. Selain dapat memudahkan penggua dalam bekerja, pengguna juga tidak perlu direpotkan dalam menyimpan data yang besar.

Ada juga langganan Office 365, yang memudahkan para pebisnis dapat bekerja dan diman saja,karena langsung bisa mengakses dan mengedit file Word, Excel dan Powerpoint.

Kamera
Tidak seperti saudaranya Lumia 640 XL yang menggunakan lensa kamera cari Carl Zeiss. Seri yang satu ini tidak menggunakan lensa khusus. Menggunakan resousi 8 megapiksel, Lumia 640 LTE menggunakan aplikasi Kamera Lumia bawaan Windows Phone 8.1 Denim. Aplikasi memiliki fitur seperti Rich Capture yang menggabungkan multiple shots untuk membuat create gambar lebih dinamis yang dapat disesuaikan setelah anda mengambil gambar tersebut. Aplikasi ini memuat beberapa kontrol manual seperti ISO, Exposure, Shutter Speed dan pengaturan White Balance.

kamereHasilnya cukup bagus pada kondisi lowlight, asalkan Anda mengambil gambar dengan tangan yang stabil. Foto yang dihasilkan cukup jelas dan terang dengan asupan cahaya yang pas. Tidak hanya itu foto uga dapat menterjemahkan onjek dengan warna yang natural.

Hasil Kamera:

Microsoft Lumia 640 LTEMicrosoft Lumia 640 LTE

Kinerja
Didukung dengan kekuatan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 400 kecepatan 1,2 GHz. Lumia 640 dapat menjalankan OS-nya dengan lancar dan responsif. Diuji menggunakan aplikasi Antutu bechmark smartphone ini mampu mendapatkan skor diangka 11 ribuan.

Meskipun memiliki memori yang tidak sehebat smartphone android, Lumia 640 terbukti masih mumpuni baik untuk berbavigasi ataupun gaming. Games seperti Subway Surfers, smartphone ini dapat menjalankannya tanpa hambatan. Tidak hanya dari sisi kinerja hardware, Lumia 640 juga memiliki kekuatan baterai yang cukup bagus. Menggunakan baterai 2500mAh, mampu menamin pengguna untuk dapat aktif seharian.

HarddwareUntuk membantu ponsel dapat hidup sepanjang hari, Lumia 640 dilengkapi dengan fitur baterai saver, yang datang dengan pilihan hemat daya kuat. Ketika diaktifkan, memungkinkan proses background akan tertutup, kecuali untuk aplikasi apa pun yang sedang digunakan. Selain itu dapat membatasi konektivitas secara signifikan.

Konektivitas
Seperti pada pada embel-embel namanya, Lumia 640 LTE sudah mendukung koneksi 4G/LTE dengan koneksi ini smartphone dapat dipacu dengan kecepatan internet yang cukup signifikan. Untuk browsing Lumia 640 sudah dilengkapi browser dari Internet Eksplorer.

KonektifitasSelebihanya pengguna masih dapat menggunakan koneksi Wifi untuk berselancar, chating atau akses ke sosial media.

Artikel Terbaru