Friday, July 19, 2019
Home Apps 4G LTE Bikin Industri Game Lokal Lebih Bergairah

4G LTE Bikin Industri Game Lokal Lebih Bergairah

-

game-qualcomm-smartfrenJakarta, Selular.ID – Komersialisasi teknologi jaringan 4G LTE sudah mulai dilakukan oleh sejumlah operator mobile. Dengan digelarnya teknologi jaringan generasi keempat itu, diharapkan bakal ikut mendongkrak industri lain, salah satunya mobile gaming.

Seperti diutarakan oleh Rokimas Suharyo, Co-founder & COO developer game lokal Touchten, dengan adanya 4G game bisa disajikan secara real-time tanpa putus-putus. “Komunitas game developer merupakan salah satu industri yang mendapatkan hal positif dari 4G,” tandas Rokimas.

Lebih lanjut, menurut Rokimas, dengan koneksi internet yang lebih stabil, pengguna smartphone akan lebih senang bermain game mobile online dan tak ada gangguan lagi ketika mereka ingin melakukan pembelian game.

Adapun dari sisi operator, Smartfren misalnya, pihaknya yakin jika jaringan 4G LTE dan handsetnya yang didukung chipset buatan Qualcomm bisa diandalkan untuk memainkan game secara online. “Dengan 4G kita mau download game apa pun rasanya sangat mudah dan cepat. Kalau dulu mungkin download game bisa sambil masak Indomie. Kalau sekarang jika download sambil masak Indomie mungkin sudah banyak sekali yang bisa didownload,” kata Hartadi Novianto, selaku Bundling Product Department Head PT Smartfren Telecom Tbk.

Seiring dengan cepatnya kemampuan download dari 4G LTE, Hartadi, optimis jika ARPU setiap pelanggan juga akan meningkat.

Dari sisi Qualcomm, dengan teknologi GPU yang kini telah tertanam pada chipset besutannya, secara experience bermain gaming mobile menjadi lebih baik. Qualcomm mengklaim, bahwa teknologi GPU Adreno yang dirilis saat ini, jauh lebih cepat dari Adreno ketika diperkenalkan pertama kali di tahun 2007.

“Adreno 330 jika kita bandingkan dengan first generation Adreno teknologi yang dirilis pada 2007 kita hampir 43 kali lebih cepat Adreno capability yang kita lakukan. Semakin mobile computing punya capability GPU yang bagus, GPU yang faster, dan power efisien maka otomatis experience dari mobile game itu akan lebih bagus,” kata Salim Ezer, Head of Technology Qualcomm International, di sela-sela acara Ngabuburit4Gue yang dilaksanakan di Galery Smartfren pada Senin (06/07).(Ind)

Latest