Sunday, June 16, 2019
Home News Wiko HighWay 4G: Gaming Lancar Koneksi Cepat

Wiko HighWay 4G: Gaming Lancar Koneksi Cepat

-

Wiko-Highway-4GJakarta, Selular.ID – Selain seri Gateway, Perusahaan asal Perancis, Wiko juga merilis produk smartphone Wiko Highway 4G. Menawarkan koneksi 4G LTE, Highway gunakan chipset buatan Nvidia yang terkenal mumpuni untuk diajang bermain game. Ponsel yang ditargetkan untuk segmen kelas menengah keatas ini dibanderol dengan harga Rp4,5 juta-an. Bagaimana kemampuanya? Berikut adalah reviewnya.

[quote_box_center]Kelebihan:
• Koneksi 4G LTE
• Desain mewah
• Kamera 16 MP
• mendukung USB OTG

Kekurangan:
• tidak memiliki slot memori eksternal[/quote_box_center]

Desain
Dibalut dengan material bahan plastic dengan sedikit lapisan aluminium pada sisi frame membuat bobot Wiko Highway 4G menjadi ringan. Dibentuk dengan desain yang slim dan simple, ponsel unibody ini dilapisi dengan lapisan kaca yang glossy disekujur tubuhnya, sehingga memberikan kesan premium bagi konsumen yang melihatnya.

interface  Highway 4G nyaman digunakan, karena dimensinya yang  tidak terlalu besar dan bobotnya yang ringan. Oleh karenanya nyaman bila ditaruh dalam saku celana atau digenggam. Terlabih lagi pada paket penjualannya ponsel ini masih dilengkapi case transparan dan mudah untuk dipasang atau dilepas case ini dapat membuat handling lebih nyaman karena dibuat agak kasar dibagian belakang.

Disisi depan selain didominasi layar, terdapat tombol back, home, dan recent apps. Diatas layar terdapat kamera depan yang ditemani oleh sensor cahaya. Pojok kiri atas, terdapat logo Wiko. Sisi kanannya, tersedia slot SIMcard. Lalu, pada sisi kiri, terdapat tombol lock/power yang dibawahnya disediakan tombol volume. Kemudian sisi atas hanya terdapat slot jack audio 3.5 mm. Sedangkan dibawah Wiko menyediakan slot untuk port USB, microphone dan loudspeaker.

Beralih ke bagian belakang, Highway 4G menyediakan kamera utama yang dilengkapi dengan LED flash. Dibawah kamera, terdapat logo Wiko. Nah, pada sisi in wiko juga melapisinya dengan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 2 yang membuatnya anti gores.

Layar
Wiko Highway 4G menggunakan ukuran layar 5 inci dengan resolusi FHD. memiliki kerapatan 441 ppi. Ditambah teknologi IPS, membuat tampilan layar jadi terlihat jernih dan tajam. Memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels, ponsel ini mampu menghadirkan kualitas warna dan gambar jernih. Apalagi didalamnya tersedia pengaturan Preset Koreksi Warna yang tersedia 2 pilihan yaitu sRGB dan Native. Sedangkan untuk kecerahan tersedia auto dan manual.

Tidak hanya tampilan yang berkualitas, layar Wiko Highway 4G juga tergolong responsif. Karena layarnya sudah mendukung 10 multitouch.

Seperti pada seri Getaway, berjalan diatas sistem operasi Android 4.4.2 KitKat Wiko Highway 4G tidak menggunakan antarmuka tambahan standar Android. Pada halaman homescreen hanya disediakan dua buah halaman yang dapat bertambah seiring aplikasi yang terinstall. Secara default halaman ini tersedia shortcut aplikasi 4 x 4 kolom. Untuk mengatur homescreen, Anda cukup tahan layar sebentar pada area homescreen lalu akan muncul pilihan pada bagian bawah layar.

Halaman app drawer, Wiko Highway 4G akan menampilkan seluruh aplikasi yang terinstall. Aplikasi yang tersusun hanya tersedia dengan 4 x 5 kolom. Pada bagian  Notification Center, handset ini menampilkan semua notifikasi yang masuk. Lalu tersedia pada pojok kanan atas untuk pengaturan cepat cahaya, settings, Wi-Fi, Emergency Calls Only, Auto Rotate, status baterai, dan lainnya.

Kinerja
Dibekali chipset racikan NVIDIA, Wiko Highway 4G memiliki performa yang terbilang mumpuni, prosesor NVIDIA® Tegra® 4i dengan kemampuan Quad Core 2 GHz terbuksi handal saat digunakan untuk bermain game. Apalagi didukung pula dengan performa grafis dari ULP GeForce dan RAM 2 GB.  Dnegan kemampuan ini membuat proses multitasking dapat dilakukan dengan sempurna.

HardwarePada pengujian menggunakan Antutu benchmark, Wiko Highway 4G mendapatkan skor diangka 30 ribuan. Dan pada saat dicoba menggunakan game Overkill 3, yang kami temukan Nvidia TegraZone, dan didownload via Google Play,  smartphone ini dapat menjalankannya dengan lancar, tanpa ada masalah.

Untuk daya baterai, Wiko Highway 4G sudah dibekali baterai Li-Po 2350 mAh. Dnegan kapasitas ini, Highway 4G diklaim mampu bertahan 17 jam 30 menit pada waktu bicara dan hingga 140 Jam pada waktu standby. Pada saat kami menggunakan smartphone ini untuk bermain game selama kurang lebih 3 jam, dari kapasitas baterai yang penuh, ponsel ini masih menyisakan daya baterai sekitar 50%, Tanpa terkonski pada jaringan internet.

Multimedia
Untuk urusan multimedia, ponsel ini hanya mengandalkan aplikasi multimedia bawaan Android. Untuk memutar musik, tersedia aplikasi Music bawaan dan Play Music. Pemutar musik ini hadir dapar mengkategorikan lagu berdasarkan Artist, Albums, Songs, dan Playlist. Sedangkan untuk format musik yang dapat diputar cukup luas, yakni meliputi Mp3, Midi, WAV, AAC, AMR, Ogg Vorbis.

Begitu pula untuk pemutar video, pengguna dapat menonton video dengan mengaksesnya melalui Gallery. Format video yang dapat diputar ponsel ini antara lain 3GP, Mp4, AVI.

Kamera
Wiko Highway 4G, menyediakan kamera utama  16 MP resolusi 3456 x 4608 pixels, plus autofocus dan LED flash. Pada kamera ini disediakan pula beberapa fasilitas seperti mode auto, panorama dan HDR. Selebihnya masih ada pengaturan standar seperti exposure, scene mode, countdown timer dan lainnya.

Sedangkan untuk kamera bagian depan, Wiko memberikan kamera yang cukup besar dengan 8 MP kamera ini juga mengemban fitur dan fasilitas yang sama seperti pada kamera belakang kecuali pada LED flash. Dnegan fitur ini mampu sudah bisa dipastikan dapat mengakomodasikegiatan selfie Anda.
Hasilnya, pada saat mengambil foto pada ruangan objek dapat ditangkap dnegan bagus, asalkan memiliki cukup cahaya. Oleh karenanya pada hasil foto outdoor sangat bagus dan tidak mengecewakan.

Untuk merekam video, smartphone ini masih tergolong cukup baik. Highway selain mampu merekam dengan resolusi Full HD @30 fps, hasilnya juga tajam.

Konektivitas
Seperti pada namanya Wiko Highway 4G hadir dengan koneksi internet terccepat saat ini di Indonesia yakni 4G FDD-LTE Cat.4. kemamppua ini mampu dipacu hingga kecepatan download 150 Mbps dan upload 50 Mbps. Namun diponsel ini anda tidak akan menemukan slot kedua, karena ponsel ini hanya memiliki satu slot SIM carn saja.

KOnektvfitasSelain itu untuk dapat terkoneksi ke internet, Wiko masih menyediakan WI-FI. Dengan fitur koneksi ini maka Wiko Highway 4G masih dapat memiliki kemampuan sebagai Hotspot. Fitur koneksi lainnya masih ada Bluetooth 4.0, USB OTG dan GPS + A-GPS. Sedangkan koneksi kabel tersedia kabel data microUSB.

Fitur Tambahan
Sebagai ponsel yang dibekali chipset NVIDIA, ponsel ini memiliki aplikasi Tegra Zone yang menyediakan informasi tentang Spotlight, Games dan News. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengetahui game yang tentunya sudah kompatibel, yang langsung bisa didownload game via Google Play.

NVIDIA

Latest