Friday, July 19, 2019
Home News Tri Masih Malu Bicara 4G

Tri Masih Malu Bicara 4G

-

Chandra Aden, Direktur Intercarrier and Government Relation Tri
Chandra Aden, Direktur Intercarrier and Government Relation Tri

Jakarta, Selular.ID – Penataan ulang frekuensi 1800Mhz yang akan digunakan oleh operator untuk menghadirkan layanan 4G LTE tengah dilakukan. Operator pun bersiap menghadirkan layanan internet cepat ini begitu penataan selesai dilakukan.

Tiga operator besar nasional seperti Telkomsel, XL Axiata dan Indosat bahkan meyakini akan segera menghadirkan 4G di wilayah yang sudah selesai ditata tanpa menunggu refarming selesai secara nasional.

Sayangnya antusiasme tersebut tidak terlihat pada operator Hutchinson Tri. Ditemui Selular.ID di ajang ICS 2015, Chandra Aden, Direktur Intercarrier and Government Relation Tri tidak dapat berkomentar banyak soal 4G LTE. “Kita tunggu sajalah nanti,” tukasnya.

Chandra juga mengaku dalam menghadirkan layanan 4G LTE Tri mempunyai kendala keterbatasan spektrum yang dimilikinya. “Kami memang punya keterbatasan frekuensi makanya kami tunggu lelang frekuensi 2100Mhz,” jelasnya. Di frekuensi 1800Mhz ini Hutchinson Tri memang hanya memiliki kapasitas 10 Mhz saja sedangkan Telkomsel dan XL Axiata masing-masing mempunyai lebar pita 22,5Mhz, dan Indosat 20Mhz.

Untuk menghadirkan 4G LTE yang optimal, operator selular harus mengalokasikan lebar pita minimal 10 Mhz agar kecepatan yang dihasilkan mampu mencapai angka di atas 100Mbps.  Jika Tri hanya memanfaatkan 5Mhz saja tentu kecepatannya tidak akan maksimal terlebih masih ada pelanggan 2G di sana.

Namun demikian menurut Chandra, Tri akan melakukan Uji Layak Operasi (ULO) nasional layanan 4G bersama operator lain seperti yang dicanangkan oleh Menkominfo pada bulan Juli mendatang.

Latest