
Jakarta, Selular.ID – Bulan Ramadhan tinggal hitungan hari. Perusahaan pengembang aplikasi Badr Interactive meluncurkan empat aplikasi terbarunya untuk meramaikan ekosistem digital dengan konten-konten bernilai Islami. Tiga diantara aplikasi tersebut dikembangkan untuk platform Android, yaitu aplikasi “Masjeed”, “Dua in Quran”, dan “Learn Quran”. Sementara satu aplikasi lainnya yang dinamakan “Quran Prize” dikembangkan untuk platform web.
Andreas Senjaya, CEO Badr Interactive, menjelaskan satu per satu mengenai latar belakang dan ide dari aplikasi-aplikasinya. “Masjeed adalah social media yang berbasis aktivitas dan lokasi masjid. Setiap pengguna bisa mem-posting status, gambar, maupun diskusi di setiap akun masjid yang ada. Ide besarnya adalah untuk menghidupkan komunitas-komunitas yang berpusat dan bertumbuh dari masjid.”
“Dua in Quran adalah aplikasi yang berisi kumpulan doa-doa di dalam Al-Quran. Kami berpikir, pasti ada alasan mengapa Allah menempatkan doa-doa tersebut di Al-Quran. Maka kami satukan dalam sebuah aplikasi agar mudah diakses, dan bisa kita jadikan doa yang kita baca secara rutin”, tambah Jay, sapaan akrab Andreas Senjaya.
Mengenai aplikasi “Learn Quran”, Jay menjelaskan bahwa aplikasi ini ditujukan bagi pengguna yang ingin belajar membaca Al-Quran dengan fasih menurut kaidah bahasa Arab dan tajwid yang benar. “Learn Quran bisa menjadi sarana belajar membaca Al-Quran bagi orang-orang yang kesulitan dalam mengakses pengajar Al-Quran, atau juga bisa menjadi sarana untuk memeriksa dan memperbaiki bacaan bagi mereka yang sudah baik bacaan Al-Quran-nya.”
Sementara itu, aplikasi “Quran Prize” ditujukan untuk para penghafal Quran. “Dengan Quran Prize, para penghafal Quran bisa menguji kekuatan penguasaan mereka terhadap Al-Quran melalui berbagai challenge yang diberikan di web Quran Prize”, jelas Jay. Dalam Quran Prize, kemampuan hafalan pengguna dihitung ke dalam skor Quran Prize Score, atau QPS. Ibaratnya, ini semacam skor TOEFL atau IELTS dalam mengukur kemampuan Bahasa Inggris.
Lebih jauh lagi, Jay menjelaskan, “Dengan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, maka tepat rasanya untuk segera meluncurkan aplikasi-aplikasi tersebut. Tiga diantara aplikasi tersebut adalah tentang Al-Quran, yang mana Ramadhan juga dikenal sebagai bulan turunnya Al-Quran. Sementara satu aplikasi adalah tentang masjid, yang di bulan Ramadhan nanti akan makin semarak dengan berbagai kegiatan”.